Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Kearifan Lokal Berbantuan Media Ular Tangga untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi

Authors

  • Eliana Rosita
  • Agus Prasetyo Utomo Universitas Muhammadiyah Jember
  • Siti Alfiyana Azizah Universitas Muhammadiyah Jember
  • Sukoco Sukoco Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.47134/biology.v1i3.1973

Keywords:

Observasi, Tes, Peningkatan, Refleksi, Aktif

Abstract

Penelitian penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis kearifan lokal berbantuan media permainan ular tangga ini memiliki tujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar peserta didik melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis kearifan lokal dengan berbatuan media ular tangga pada mata pelajaran biologi bab sistem perahanan tubuh di kelas XI MIPA 3 pada SMA Negeri 1 Muncar tahun pelajaran 2022/2023. Model penelitian tindakan kelas kolaboratif (PTKK) yang digunakan adalah model Kurt Lewin dengan pengulangan sebanyak 2 siklus, setiap siklusnya dilakukan melalui empat tahapan yaitu: 1) Tahapan perencanaan, 2) Tahapan pelaksanaan, 3) Tahapan observasi, dan 4) tahapan refleksi. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik observasi dengan in-strumen berupa lembar observasi serta tes secara objektif menggunakan jenis instrumen soal pilihan ganda. Hasil yang diperoleh berdasarkan penelitian ini adalah terjadinya peningkatan aktivitas peserta didik dari kategori kurang aktif menjadi kategori sangat aktif selama proses pembelajaran berbantuan media ular tangga, sedangkan untuk hasil belajarnya juga terjadi peningkatan sebesar 56%. Atas hasil penelitian yang telah dilakukan maka diperoleh kesimpulan bahwasanya aktivitas serta hasil belajar peserta didik bisa ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis kearifan lokal berbantuan media per-mainan ular tangga biologi pada materi sistem pertahanan tubuh.

References

Afifah, N., & Hartatik, S. (2019). Pengaruh Media Permainan Ular Tangga terhadap Motivasi Belajar pada Pelajaran Matematika Kelas II SD Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 4(2), 209–216. DOI: https://doi.org/10.30651/must.v4i2.3035

AL-Hawawreh, M. (2018). Identification of malicious activities in industrial internet of things based on deep learning models. Journal of Information Security and Applications, 41, 1–11. https://doi.org/10.1016/j.jisa.2018.05.002 DOI: https://doi.org/10.1016/j.jisa.2018.05.002

Andaresta, P. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Games Ular Tangga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Kelas XI IPA 2 SMAN Sentajo Raya Kabupaten Kuantan Singigi Tahun Ajaran 2018/19. Universitas Islam Riau.

Bianchi, V. (2019). IoT Wearable Sensor and Deep Learning: An Integrated Approach for Personalized Human Activity Recognition in a Smart Home Environment. IEEE Internet of Things Journal, 6(5), 8553–8562. https://doi.org/10.1109/JIOT.2019.2920283 DOI: https://doi.org/10.1109/JIOT.2019.2920283

Budiarti, R. S., Harlis, D. N., & Natalia, D. (2020). High Order Thinking Skills for Biology Education: Applied Microbiology Learning Videos Based on Jambi Local Wisdom. Univers.J. Educ. Res, 8(2), 689–694. DOI: https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080242

Chen, K. (2021). Deep learning for sensor-based human activity recognition: Overview, challenges, and opportunities. ACM Computing Surveys, 54(4). https://doi.org/10.1145/3447744 DOI: https://doi.org/10.1145/3447744

Efendi, F. N., & Cahyadin, A. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga dalam Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Kelas XII. Bioed: Jurnal Pendidikan Biologi, 11(1), 75–82. DOI: https://doi.org/10.25157/jpb.v11i1.10175

Hadi, K., & Dazrullisa, D. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Biologi Berbasis Kearifan Lokal. Prosiding Seminar Nasional Biotik, 6(1).

Hassan, M. M. (2018). A robust human activity recognition system using smartphone sensors and deep learning. Future Generation Computer Systems, 81, 307–313. https://doi.org/10.1016/j.future.2017.11.029 DOI: https://doi.org/10.1016/j.future.2017.11.029

Jannah, A. I. (2019). Efektivitas Problem Based Learning Berbantuan Ular Tangga terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Trigonometri Kelas XI MAN 1 Kota Semarang. Muhammadiyah University, Semarang.

Kim, H. K. (2018). Deep learning improves prediction of CRISPR-Cpf1 guide RNA activity. Nature Biotechnology, 36(3), 239–241. https://doi.org/10.1038/nbt.4061 DOI: https://doi.org/10.1038/nbt.4061

Li, F. (2018). Comparison of feature learning methods for human activity recognition using wearable sensors. Sensors (Switzerland), 18(2). https://doi.org/10.3390/s18020679 DOI: https://doi.org/10.3390/s18020679

Martini, H. (2019). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Konsep Mol. Chemistry Education Practice, 2(2), 21–28. DOI: https://doi.org/10.29303/cep.v2i2.1322

Nweke, H. F. (2018). Deep learning algorithms for human activity recognition using mobile and wearable sensor networks: State of the art and research challenges. Expert Systems with Applications, 105, 233–261. https://doi.org/10.1016/j.eswa.2018.03.056 DOI: https://doi.org/10.1016/j.eswa.2018.03.056

Priandoko, H. W. (2017). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Menumbuhkan Sikap Cermat Dan Mandiri Serta Meningkatkan Nilai Hasil Belajar. Universitas Pasundan.

Putri, S., & Darussyamsu, R. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Biologi Berbasis Kearifan Lokal Effectiveness Biology Learning Model Based on Local Wisdom. Prosiding Seminar Nasional Biologi, 1(1), 958–967.

Qiu, S. (2022). Multi-sensor information fusion based on machine learning for real applications in human activity recognition: State-of-the-art and research challenges. Information Fusion, 80, 241–265. https://doi.org/10.1016/j.inffus.2021.11.006 DOI: https://doi.org/10.1016/j.inffus.2021.11.006

Rahayu, P. S., Pranandari, E., Jukia, F., & Rosdianti, V. (2021). Penerapan Permainan Ular Tangga dalam Peningkatan Hasil Belajar Geometri Bangun Ruang di Kelas v SD 006 Rambah Samo. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 46–56. DOI: https://doi.org/10.30742/tpd.v3i1.1445

Rahman, T. (2018). Aplikasi Model-Model Pembelajaran dalam PenelitianTindakan Kelas. CV. Pilar Nusantara.

Ramamurthy, S. R. (2018). Recent trends in machine learning for human activity recognition—A survey. Wiley Interdisciplinary Reviews: Data Mining and Knowledge Discovery, 8(4). https://doi.org/10.1002/widm.1254 DOI: https://doi.org/10.1002/widm.1254

Rapanta, C. (2020). Online University Teaching During and After the Covid-19 Crisis: Refocusing Teacher Presence and Learning Activity. Postdigital Science and Education, 2(3), 923–945. https://doi.org/10.1007/s42438-020-00155-y DOI: https://doi.org/10.1007/s42438-020-00155-y

Rashid, K. M. (2019). Times-series data augmentation and deep learning for construction equipment activity recognition. Advanced Engineering Informatics, 42. https://doi.org/10.1016/j.aei.2019.100944 DOI: https://doi.org/10.1016/j.aei.2019.100944

Subiyanto. (2019). Globalisasi dan Pendidikan Global. Jurnal Transformasi, 15(2), 115–122.

Suginem, S. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Metaedukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(1), 32–36. DOI: https://doi.org/10.52217/pedagogia.v3i2.23

Torro, S. (2021). Implementasi model problem based learning berbasis kearifan lokal dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah menengah atas. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 7(2), 197–202. DOI: https://doi.org/10.29210/020211137

Wan, S. (2020). Deep Learning Models for Real-time Human Activity Recognition with Smartphones. Mobile Networks and Applications, 25(2), 743–755. https://doi.org/10.1007/s11036-019-01445-x DOI: https://doi.org/10.1007/s11036-019-01445-x

Wang, J. (2019). Deep learning for sensor-based activity recognition: A survey. Pattern Recognition Letters, 119, 3–11. https://doi.org/10.1016/j.patrec.2018.02.010 DOI: https://doi.org/10.1016/j.patrec.2018.02.010

Widowati, F., & others. (2014). Penggunaan media ular tangga untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema hiburan. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1–10.

Xing, Y. (2019). Driver activity recognition for intelligent vehicles: A deep learning approach. IEEE Transactions on Vehicular Technology, 68(6), 5379–5390. https://doi.org/10.1109/TVT.2019.2908425 DOI: https://doi.org/10.1109/TVT.2019.2908425

Zhou, X. (2020). Deep-Learning-Enhanced Human Activity Recognition for Internet of Healthcare Things. IEEE Internet of Things Journal, 7(7), 6429–6438. https://doi.org/10.1109/JIOT.2020.2985082 DOI: https://doi.org/10.1109/JIOT.2020.2985082

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

Rosita, E. ., Utomo, A. P., Azizah, S. A., & Sukoco, S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Kearifan Lokal Berbantuan Media Ular Tangga untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi. Jurnal Biologi, 1(3), 1–13. https://doi.org/10.47134/biology.v1i3.1973

Issue

Section

Articles

Categories

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.