Penerapan Model Pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi
DOI:
https://doi.org/10.47134/biology.v1i3.1970Keywords:
Model PBL, Pembelajaran Berdiferensiasi, Hasil BelajarAbstract
Tuntutan kurikulum SMA yang sesuai dengan pembelajaran abad 21 tidak hanya responsif terhadap perubahan global dan teknologi dengan memperhatikan keterampilan digital. Kurikulum juga harus memfokuskan pada keterampilan 4C (Communica-tion, Collaboration, Critical Thingking and Problem Solving, dan Creativity and Inoovation) untuk membantu peserta didik mengembangkan keterampilan yang relevan sesuai dengan tuntutan zaman. Kualitas hasil belajar sangat bergantung pada proses pembelajaran yang dilaksanakan. Masalah yang ditemukan yaitu hasil belajar di kelas XE SMAN 3 Probolinggo menunjukkan bahwa 24 siswa dari 37 siswa mendapatkan nilai di bawah KKM. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model PBL Berdiferensiasi untuk meningkatkan hasil belajar biologi. Jenis penelitian yang digunakan untuk penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan alur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan sebanyak 2 siklus, pengamatan, dan refleksi. Hasil yang diperoleh adalah peningkatan nilai rata-rata kelas dari 51,5 ke 71,8; peningkatan presentase kategori nilai sangat tinggi dari siklus I ke siklus II sebesar 8,2% ke 21,6%; penurunan presentase kategori nilai rendah dari siklus I ke siklus II sebesar 45,9% ke 18,9%; dan peningkatan presentase peserta didik yang mendapat nilai ≥76 (KKM) pada siklus I ke siklus II adalah 37,8% ke 75,7%.
References
Arianti, N. S., R. Witarsa, dan Masrul. 2023. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan dan Konseling. 5(1): 6094-6098. DOI: https://doi.org/10.33503/prismatika.v5i2.2765
Boud, D., and G. E. Feletti. 2013. The Callenge of Problem-Based Learning. 2nd Edition. New York: Routledge Taylor & Francis Group. DOI: https://doi.org/10.4324/9781315042039
Daus, R., A. Haerullah, Bahtiar, dan R. Yusuf. 2023. Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning Terintegrasi Nilai Islam Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Halmahera Selataan. Jurnal Ilmiah Wahaha Pendidikan. 9(1): 456-462.
Erfin, Husniati, B. N. Khair, M. Syazali. 2023. Identifikasi Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar IPA Pada Peserta Didik. Journal of Classroom Action Research. 5(2): 220-228.
Febrianti, V. P., A. Cahyani, S. Cahyani, S. N. Alissa, M. Rafik, dan R. N. Arifah. 2023. Analisis Kesulitan Guru Biologi SMAN 2 Pandeglang dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Terdiferensiasi. Jurnal Pembelajaran Inovatif. 6(1): 17-24. DOI: https://doi.org/10.21009/JPI.061.03
Halimah, Misnawati, S. R. Lestariningtyas, dan Y. Mingvianitas. Implementasi Pancasila Sebagai Entitas dan Identitas Pendidikan Abad ke-21 di SMAN 4 Palangka Raya. Jurnal Pengabdian Masyarakat Global. 2(1): 119-133. DOI: https://doi.org/10.30640/cakrawala.v2i1.632
Hidayatullah. 2018. Penelitian Tindakan Kelas. Banten: LKP Setia Budhi.
Khoirurrijal, Fadriati, Sofia, A. D. Makrufi, S. Gandi, A. Muin, Tajeri, A. Fakhrudin, Hamdani, dan Suprapno. 2022. Pengembangan Kurikulum Merdeka. Malang: CV Literasi Nusantara Abadi.
Muhazaroh, Isnanik. 2023. Pemanfaatan Media Digital dalam Pembelajaran Biologi di Eras Globalisasi. Jurnal Penelitian Multidisiplin. 2(1): 153-157. DOI: https://doi.org/10.58705/jpm.v2i1.116
Nafrin, I.A., dan Hudaidah. 2021. Perkembangan Pendidikan Indonesai di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Pendidikan. 3(2): 456-462. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.324
Naibaho, D. P. 2023. Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Mampu Meningkatkan Pemahaman Belajar Peserta Didik. Journal of Creative Student Research (JCSR). 1(2): 81-91.
Octavia, S. A. 2020. Model-Model Pembelajaran. Sleman: CV Budi Utama.
Raihan, S., Y. Nuraeni, A. Suhendar, R. Megavitry, S. E. E. Girsang, Herman, H. Isnaini, D. E. Silalahi, M. R. Asrory, M. Safii, Irmayanti, R. Purba, Junedi, dan Yusnidar. 2022. Ilmu Pendidikan. Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi.
Ramadhan, I., H. Wiyono, N. M. Adlik, H. Firmansyah, dan J. Budirman. 2021. Kiat Sukses PTK Langkah-Langkah, Instrumen dan Contoh. Klaten: Lakeisha.
Ramadhani, R., E. Syahputra, dan E. Simamora. 2023. Model Ethno-Flipped Classroom: olusi Pembelajaran Fleksibel dan Bermakna. Bandung: Indonesian Emas Group.
Rini, A. P., N. F. Firmansyah, N. Widiastuti, Y. I. Christyowati, dan A. N. Fatirul. 2023. Pendekatan Terintegrasi dalam Pengembangan Kurikulum Abad-21. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH). 2(2): 171-182. DOI: https://doi.org/10.55927/jiph.v2i2.3942
Rubiyatno, dkk. 2019. Peran Akademisi di Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0 dalam Mengembangkan IPTEKS. Semarang: CV. Harian Jateng Network.
Santoso, G., A. Damayanti, M. Murod, Susilahati, S. Imawati, dan M. Asbar. Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Literasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan Transformatif. 2(1): 17-24.
Shafira, I., F. F. Rahayu, F. R. Rahman, J. Mawarni, dan D. Fitriani. 2023. Penerapan Model Problem Based Learning Berbasis Berdiferensiasi berdasarkan Gaya Belajar Peserta Didik pada Pelajaran Biologi Materi Ekosistem Kelas X SMA. DOI: https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2912
Journal of Education. 6(1): 48-53.
Sinambela, P. N. J., A. Bulan, A. Febrina, N. Susilowaty, M. Faturrochman, W. Novianti, E. T. B. Sembiring, Chairunnisa, D. E. Subroto, D. Mardhiyana. 2022. Model-Model Pembelajaran. Serang: Sada Kurnia Pustaka.
Sutoyo. 2021. Teknik Penulisan Penelitian Tindakan Kelas. Surakarta: Percetakan Kurnia Solo.
Suttrisno, Yulia, N. M., dan Fithriyah, D. N. 2022. Mengembangkan Kompetensi Guru dalam Melaksanakan Evaluasi Pembelajaran di Era Merdeka Belajar. ZAHRA: Research And Tought Elmentary School Of Islam Journal Of Islam Journal. 3(1): 52–60. DOI: https://doi.org/10.37812/zahra.v3i1.409
Syamsuadi, A., A. K. Jaelani, dan Rismawati. 2023. Penulisan Karya Tulis Ilmiah Di Sma Negeri 1 Sungguminasa. Jurnal Abdimas Indonesia. 3(1): 163-170. DOI: https://doi.org/10.53769/jai.v3i2.459
Yuliowati, D., Damayanti, dan Y. Haryanti. 2022. Pengembangan LKS Eksperimen Kontekstual Fermentasi Alkohol Guna Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar untuk SMA. Seminar Nasional VII Prodi Pendidikan Biologi. 8(1): 496-513.
Widiasworo, E., dan A. Vidya. 2022. Guru Penggerak, Merdeka dan Memesona. Jakarta: Ananta Vidya.
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2023 Nuria Imamah Thurrodliyah, Ali Usman, Suciati Suciati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.