Pemanfaatan Media Quizizz pada Asesmen Sumatif Sebagai Pemenuhan Kebutuhan Gaya Belajar Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.47134/biology.v1i2.1960Keywords:
Kurikulum Merdeka, Asesmen Sumatif, Gaya Belajar, QuizizzAbstract
Implementasi kruikulum merdeka mengenalkan 2 macam asesmen yaitu asesmen formatif dan juga asemen sumatif. Asesmen sumatif merupakan penilaian yang dilakukan untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran secara keseluruhan sehingga asesmen ini dilakukan saat akhir proses pembelajaran, akhir tahun ajaran atau akhir jenjang pendidikan. Implementasi kurikulum merdeka mengharuskan guru untuk memfasilitasi kebutuhan peserta didik yang berbeda-beda terutama kebutuhan gaya belajar peserta didik. Gaya belajar yang berbeda-beda pada setiap pe-serta didik mengharuskan guru dapat mamfasilitasi media pembelajaran, model pembelajaran dan strategi pembelajaran yang kreatif dan inovatif dalam pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang interaktif dalam proses pembelajaran dengan menggunakan media quizizz. Quizizz ini merupakan platform quiz berbasis game yang terdapat edukasi, hiburan dan juga kompetisi yang dapat dimanfaatkan guru sebagai penilaian sumatif peserta didik saat proses pembelajaran. Sehingga tujuan daripada penelitian ini untuk menganalisis bagaimana pem-anfaatan penggunaan media pembelajaran quizizz pada asesmen sumatif terhadap pemenuhan kebutuhan learning modalities (gaya belajar) yang berbeda-beda pada materi penanganan limbah di kelas X SMAN 02 Bondowoso. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 02 Bondowoso kelas X F pada materi penanganan limbah. Pengumpulan data dilaksanakan saat pelaksanaan asesmen sumatif diakhir pembelajaran melalui posttest. Pemanfaatan media quizizz ini baik digunakan sebagai instrument penilaian asesmen sumatif oleh guru dalam pembelajaran.
References
Ainia, D. K. (n.d.). Merdeka Belajar dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya bagi Pengembangan Pendidikan Karakter.
Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, P., & Teknologi Jakarta, dan. (2021). Paradigma Baru.
Dewa, O., Made, A., Priantini1, M. O., Suarni2, N. K., Ketut, I., & Adnyana3, S. (n.d.). ANALISIS KURIKULUM MERDEKA DAN PLATFORM MERDEKA BELAJAR UNTUK MEWUJUDKAN PENDIDIKAN YANG BERKUALITAS. http://ojs.uhnsugriwa.ac.id/index.php/JPM
Feni Haryati, L., & Nur Wangid, M. (2023). PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN ABAD 21. 12(1), 23–28. https://doi.org/10.33578/jpsbe.v12i1.7838
Fitriani, D., Fatihatunnisa; Rahman, R., Anti, ;, Fauzi, D., Anisa, ;, Salamah, U., Saefullah, A., & Guru, P. P. (n.d.). GENTA MULIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan.
Handayani, R., Budi Minarti, I., Retno Mulyaningrum, E., & Sularni, E. (n.d.). Perwujudan Profil Pelajar Pancasila melalui Problem Based Learning pada Pembelajaran IPA di SMPN 37 Semarang. Universitas PGRI Semarang. Jl. Sidodadi Timur No, 06(01), 518–525. DOI: https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2965
Herwina, W. (2021). OPTIMALISASI KEBUTUHAN MURID DAN HASIL BELAJAR DENGAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175–182. https://doi.org/10.21009/pip.352.10 DOI: https://doi.org/10.21009/PIP.352.10
Humairoh. (n.d.). Analisis Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa.
Insani, F. D., Sunan, U., & Yogyakarta, K. (1947). SEJARAH PERKEMBANGAN KURIKULUM DI INDONESIA SEJAK AWAL KEMERDEKAAN HINGGA SAAT INI.
Matussolikhah, R., & Rosy, B. (2021). PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 225–236. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1030 DOI: https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1030
Mujiburrahman, *, Sarlita Kartiani, B., Parhanuddin, L., & Artikel, R. (2023). ASESMEN PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR DALAM KURIKULUM MERDEKA. In Pena Anda Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar (Vol. 1, Issue 1). DOI: https://doi.org/10.33830/penaanda.v1i1.5019
Noor, S. (n.d.). Penggunaan Quizizz Dalam Penilaian Pembelajaran Pada Materi Ruang Lingkup Biologi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X.6 SMA 7 Banjarmasin.
Nur, F., & Kurniawati, A. (2022). MENINJAU PERMASALAHAN RENDAHNYA KUALITAS PENDIDIKAN DI INDONESIA DAN SOLUSI. In AoEJ: Academy of Education Journal (Vol. 13, Issue 1). DOI: https://doi.org/10.47200/aoej.v13i1.765
Putrawangsa, S., Hasanah, U., & Kunci, K. (2022). E D U P E D I K A Analisis Capaian Siswa Indonesia Pada PISA dan Urgensi Kurikulum Berorientasi Literasi dan Numerasi (Vol. 1, Issue 1). https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/edupedika
Rahmatika, S. (n.d.). HUBUNGAN GAYA BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MIPA DI SMA NEGERI 13 SEMARANG PADA MATERI STOIKIOMETRI BERBANTU QUIZIZZ.
Rahmawati, H., & Muhroji, M. (2022). Gaya Belajar Peserta Didik Usia Dini Berprestasi Akademik. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6384–6394. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3176 DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3176
Riowati, R., & Yoenanto, N. H. (2022). Peran Guru Penggerak pada Merdeka Belajar untuk Memperbaiki Mutu Pendidikan di Indonesia. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 5(1), 1–16. https://doi.org/10.31539/joeai.v5i1.3393 DOI: https://doi.org/10.31539/joeai.v5i1.3393
Sulistyawati, W., & Trinuryono, S. (n.d.). ANALISIS (DESKRIPTIF KUANTITATIF) MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MODEL BLENDED LEARNING DI MASA PANDEMI COVID19.
Yani, D., Muhanal, S., & Mashfufah, A. (2023). IMPLEMENTASI ASSEMEN DIAGNOSTIC UNTUK MENENTUKAN PROFIL GAYA BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DIFERENSIASI DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pendidikan JURINOTEP, 1(3), 241–360. https://doi.org/10.46306/jurinotep.v1i3 DOI: https://doi.org/10.51878/learning.v3i1.2067
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2023 Pipit Candrasari, Kukuh Munandar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.