Penerapan Model PJBL (Project Based Learning) untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dipadukan dengan Wordwall

Authors

  • Millah Nur Wa’alin
  • Ali Usman Universitas Muhammadiyah Jember
  • Andi Firmanto Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.47134/biology.v1i3.1971

Keywords:

Minat Belajar, PJBL (Project Based Learning), Wordwall

Abstract

Rendahnya minat belajar peserta didik dikarenakan beberapa hal diantaranya materi biologi yang terbilang banyak, pembelajarannya monoton, dan tidak menyenangkan. Tujuan dilakukkannya penelitian tindakan kelas ini untuk mengetahui penerapan model PJBL (Project Based Learning) yang dipadukan dengan media ajar wordwall untuk meningkatkan minat belajar peserta didik pada pelajaran biologi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif yakni dengan menggunakan angket melalui google formulir. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan diketahui bahwa indikator minat belajar peserta didik di SMAN 1 Sukosari mengalami peningkatan. Peningkatan persentase tertinggi berdasarkan Gambar 1. adalah keterlibatan. Penggunaan model PJBL menstimulus peserta didik untuk lebih aktif. Hal ini dikarenakan pembelajarannya berbasis proyek. Begitu juga dengan media ajar yang digunakan ternyata memberikan pengaruh cukup tinggi pada minat belajar peserta didik yang dibuktikan dengan adanya peningkatan pada setiap indikator. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PJBL (Project Based Learning) yang dipadukan dengan media ajar wordwall dapat meningkatkan minat belajar peserta didik di SMAN 1 Sukosari.

References

Abuhassna, H. (2020). Development of a new model on utilizing online learning platforms to improve students’ academic achievements and satisfaction. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 17(1). https://doi.org/10.1186/s41239-020-00216-z DOI: https://doi.org/10.1186/s41239-020-00216-z

Bai, S. (2020). Does gamification improve student learning outcome? Evidence from a meta-analysis and synthesis of qualitative data in educational contexts. Educational Research Review, 30. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2020.100322 DOI: https://doi.org/10.1016/j.edurev.2020.100322

Chauhan, G. S. (2019). Aspect-based sentiment analysis of students’ feedback to improve teaching–learning process. Smart Innovation, Systems and Technologies, 107, 259–266. https://doi.org/10.1007/978-981-13-1747-7_25 DOI: https://doi.org/10.1007/978-981-13-1747-7_25

Ekstrand, C. (2018). Immersive and interactive virtual reality to improve learning and retention of neuroanatomy in medical students: a randomized controlled study. CMAJ Open, 6(1). https://doi.org/10.9778/cmajo.20170110 DOI: https://doi.org/10.9778/cmajo.20170110

Faridi, H. (2021). A framework utilizing augmented reality to improve critical thinking ability and learning gain of the students in Physics. Computer Applications in Engineering Education, 29(1), 258–273. https://doi.org/10.1002/cae.22342 DOI: https://doi.org/10.1002/cae.22342

Fernandez, V., Liza, F. T., Nur, R. A., & Nurkhairo, H. (2021). Minat Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Biologi Dengan Menggunakan Media Powerpoint. Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 5(1), 17–22. DOI: https://doi.org/10.32502/dikbio.v5i1.2993

Hanun, S. F., Yulia, R., & Husnita. (2023). Penerapan Metode Project Based Learning Untuk Meningkatkan Minat Belajar PAI Siswa. Jurnal Pendidikan, 2(1), 97–106. DOI: https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.112

Ho, L. H. (2019). Research on 3D painting in virtual reality to improve students’ motivation of 3D animation learning. Sustainability (Switzerland), 11(6). https://doi.org/10.3390/su11061605 DOI: https://doi.org/10.3390/su11061605

Kamsinah. (2018). Model Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Lentera Pendidikan, 11(1), 101–114. DOI: https://doi.org/10.24252/lp.2008v11n1a8

Khotimah, H., Asep, S., & Nandang, H. (2019). Meningkatkan Attensi Belajar Siswa Kelas Awal Melalui Media Visual. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 17–28. DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.22657

King, D. (2018). Virtual health education: Scaling practice to transform student learning: Using virtual reality learning environments in healthcare education to bridge the theory/practice gap and improve patient safety. Nurse Education Today, 71, 7–9. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2018.08.002 DOI: https://doi.org/10.1016/j.nedt.2018.08.002

Kristanti, Y. D., Subiki, & Rifa’ati, D. H. (2016). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning Model) Pada Pembelajaran Fisika Di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(2), 122–128.

Kurnia, S., Saleh, H., & Sri, W. (2021). Analisis Minat dan Hasil Belajar Biologi Siswa pada Pembelajaran Daring di SMA Negeri Purwodadi Kabupaten Musi Rawas. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 7(4), 70–76. DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v7i4.14489

Lacka, E. (2021). Can digital technologies improve students’ efficiency? Exploring the role of Virtual Learning Environment and Social Media use in Higher Education. Computers and Education, 163. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.104099 DOI: https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.104099

Låg, T. (2019). Does the Flipped Classroom Improve Student Learning and Satisfaction? A Systematic Review and Meta-Analysis. AERA Open, 5(3). https://doi.org/10.1177/2332858419870489 DOI: https://doi.org/10.1177/2332858419870489

Mahanal, S., Darmawan, E., Corebima, A. D., & Zubaidah, S. (2010). Pengaruh Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Pada Materi Ekosistem Terhadap Sikap dan Hasil Belajar Siswa SMAN 2 Malang. Jurnal Bioedukasi, 1(1), 1–11. DOI: https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v1i1.179

Malmia, W. (2019). Problem-based learning as an effort to improve student learning outcomes. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(9), 1140–1143.

Mudmainah. (2016). Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(5), 2873–2878. DOI: https://doi.org/10.17509/eh.v5i1.2834

Mujiman, H. (2011). Belajar Mandiri. UNS Press.

Nirmayani, L. H., & Ni Putu, C. P. D. (2021). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Sesuai Pembelajaran Abad 21 Bermuatan Tri Kaya Parisudha. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(3), 378–385. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v4i3.39891

Pradani, T. G. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Untuk Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(5), 347–452. DOI: https://doi.org/10.55904/educenter.v1i5.162

Putri, M. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Wordwall Dalam Pembelajaran Daring (Online) Matematika Pada Materi Bilangan Cacah. Jurnal Pendidikan, 11(2), 161–174.

Simanullang, N. H. S. (2020). Learning Management System (LMS) Based on Moodle to Improve Students Learning Activity. Journal of Physics: Conference Series, 1462(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1462/1/012067 DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1462/1/012067

Trisnaning, T. W., Ani, & Wiyanto. (2017). Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Metode Kooperatif Tipe Learning Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fisika Siswa SMA Negeri 1 Semarang. Jurnal Profesi Keguruan, 3(2), 189–196.

Widada, W. (2018). Realistic mathematics learning based on the ethnomathematics in Bengkulu to improve students’ cognitive level. Journal of Physics: Conference Series, 1088. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1088/1/012028 DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1088/1/012028

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

Wa’alin, M. N. ., Usman, A., & Firmanto, A. (2023). Penerapan Model PJBL (Project Based Learning) untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dipadukan dengan Wordwall. Jurnal Biologi, 1(3), 1–7. https://doi.org/10.47134/biology.v1i3.1971

Issue

Section

Articles

Categories

Most read articles by the same author(s)