Analisis pemasaran usahatani tebu (saccharum officinarum l.) Di desa wonokusomo kecamatan tapen kabupaten bondowoso

Authors

  • mohammad faisal bahri Universitas Muhammadiyah Jember
  • Henik Prayuginingsih Universitas Muhammadiyah Jember
  • Anisa Nurnina Aulia Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.47134/agri.v1i1.1864

Keywords:

keuntungan, pemasaran, pertanian, tebu

Abstract

Petani tebu menggunakan berbagai saluran untuk memasarkan produknya, namun petani memiliki posisi tawar yang rendah, sehingga tidak memiliki kemampuan untuk bernegosiasi dalam menentukan harga. Tujuan penelitian : (1). Untuk mengetahui pola saluran pemasaran usahatani tebu yang terbentuk di Desa Wonokusumo Kecamatan Tapen Kabupaten Bondowoso, (2) Untuk mengetahui margin pemasaran, share harga pemasaran, dan share biaya pemasaran usahatani tebu di Desa Wonokusumo Kecamatan Tapen Kabupaten Bondowoso, (3) Untuk mengetahui efisiensi pemasaran usahatani tebu di Desa Wonokusumo Kecamatan Tapen Kabupaten Bondowoso. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan kuantitatif. Pengambilan responden di tentukan dengan menggunakan (total sampling) yakni adalah teknik penentuan sampel bila semua anggota. Teknik pengumpulan data dalam penelitiian ini adalah mencakup bservasi, wawancara, dokumentasiBerdasarkan dari hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat dua pola saluran pemasaran tebu di Kecamatan Tapen Kabupaten Bondowoso yaitu : (1) a. Saluran pemasaran nol tingkat tingkat : produsen - pabrik b. Saluran pemasaran satu tingkat tingkat produsen - penebas – pabrik, (2) Hasil perhitungan diperoleh bahwa margin saluran pemasaran 0 tingkat sebesar Rp. 0/kw, dan margin pemasaran pada saluran 1 tingkat sebesar Rp 17.000/kw, (3) Saluran pemasaran 0 tingkat lebih efisien dengan nilai farmer share sebesar 100,00 % sedangkan nilai farmer share pada saluran pemasaran 1 tingkat sebesar 67,31%.

References

Fauzi, Ahmad. (2022). Analisis Pendapatan Usaha Tani Tebu (Saccharum Officinarum) di Desa Wonokusumo Kecamatan tapen Kabupaten Bondowoso. Program Sarjana Pertanian. Universitas Jember.

Jumiati, E., Darwanto, D. H., Hartono, S., & Masyhuri. (2013). Analisis saluran pemasaran dan marjin pemasaran kelapa dalam di daerah perbatasan Kalimantan Timur. Agrifor, 12(1), 1–10.

Paramitha, N. A., & Sulomo. (2018). Posisi Tawar Petani dalam Transaksi Ekonomi Pertanian. Jurnal Analisa Sosiologi, 7(1), 70–84.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan : Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

bahri, mohammad faisal, Prayuginingsih, H., & Aulia, A. N. (2023). Analisis pemasaran usahatani tebu (saccharum officinarum l.) Di desa wonokusomo kecamatan tapen kabupaten bondowoso. Agri Analytics Journal, 1(1), 25–31. https://doi.org/10.47134/agri.v1i1.1864

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)