Analisis Nilai Tambah dan Strategi Pemasaran Pengolahan Jamur Tiram (Pleuratus Ostreatus) menjadi Produk Kaldu Jamur di PT. Mitra Jamur Indonesia
Keywords:
kaldu jamur, nilai tambah, strategi pemasaran, metode Hayami, swotAbstract
Produk jamur tiram merupakan komoditas pertanian yang memiliki potensi ekonomi tinggi karena kandungan gizi yang baik dan ketersediannya melimpah, pengolahan jamur tiram segar sering menghadapi tantangan seperti umur simpan yang pendek dan fluktuasi harga di pasaran, sehingga perlu adanya suatu pengolahan untuk memberikan nilai tambah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis nilai tambah dan keuntungan dalam pengolahan jamur tiram (Pleurotus ostreatus) menjadi kaldu jamur di PT. Mitra Jamur Indonesia serta mengidentifikasi strategi pemasaran yang relevan. Metode penelitian yang digunakan meliputi metode kuantitatif dan kualitatif. Analisis nilai tambah dilakukan dengan menggunakan metode Hayami, analisis SWOT digunakan untuk merumuskan strategi pemasaran berdasarkan faktor internal dan eksternal. Hasil penelitian menunjukkan (1) Pengolahan jamur tiram menjadi kaldu jamur menghasilkan nilai tambah yang positif sebesar Rp. 31.685/kg, dengan rasio nilai tambah sebesar 52%, (2) Keuntungan pada produksi kaldu jamur sebesar Rp. 22.256.506/kg, (3) PT. Mitra Jamur Indonesia berada pada posisi kuadran I Strategi Agresif, strategi yang diusulkan mencakup optimalisasi media sosial, inovasi kemasan, serta kolaborasi dengan distributor untuk memperluas jangkauan pasar.
References
Alfatih, M., Ali Rofiqoh, F., Anisya Faujia, R., Putri Rahmananda, M., Rahmatunisa, A., Vidian Paquita, E., Olivia, H., Fauziah Ananda, D., Natasya Putri, R., & Paramasetya Firmansyah, F. (2022). Pemanfaatan Jamur Tiram Menjadi Kaldu Jamur Tiram Bubuk sebagaiPengganti MSG di Desa Boto, Wonosari, Klaten. 296–303.
BPS Kabupaten Jember. 2024. Jember Dalam Angka 2024. Badan Pusat Statistik
Kabupaten Jember. Jember.
BPS Provinsi Jawa Timur 2024. (2024). Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur 2024. 1–17.
Kuntari, W., & Fitriani, A. N. (2021). Studi Kelayakan Usaha Pengolahan Jamur Tiram Menjadi Kaldu Jamur Pada Payung Putih. Jurnal Sains Terapan: Wahana Informasi dan Alih Teknologi Pertanian, 11(2), 70-85.
Latifa, N. H., Rochdiani, D., & Saidah, Z. (2023). Efisiensi Teknis Usahatani Jamur Tiram Putih di Kabupaten Bandung Barat. Agrikultura, 34(1), 12.
Machfudi, Supriyatna, A., & Hendrawan, W. (2021). Budidaya Jamur Tiram sebagai Peluang Usaha. Community Development Journal, 2(1), 127–135.
Mardianti, N. A., Saadah, S., Nadja, R. A., Tenriawaru, A. N., & Sulianderi, N. M. V. (2024). Strategi Pemasaran Efektif untuk Meningkatkan Produksi dan Pendapatan Usaha Jamur Tiram (Studi Kasus PT Timur Mushroom Farm Desa
Kuajang Kecamatan Binuang Kabupaten Polewali Mandar Sulawesi Barat). JIA (Jurnal Ilmiah Agribisnis) : Jurnal Agribisnis Dan Ilmu Sosial Ekonomi Pertanian, 9(1), 27–37.
Rangkuti, F. 2018. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Suhada, A. U. (2024). Analisis nilai tambah dan strategi pemasaran keripik ubi ungu. Jurnal Ilmiah Mahasiswa AGROINFO GALUH, 11, 452–463.
Udzri, N. (2021). Analisis Nilai Tambah (Value Added) Buah Markisa (Passiflora edulis Sims) Menjadi Sirup Markisa Pada Usaha Agrowisata Home Industry Noerlen (Studi Kasus: Home Industry Noerlen. Jalan Sei Tuan No. 7 Babura, Kecamatan Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara. (Issue 7).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Cindy Puspita Sari Cindy, Saptya Prawitasari, Retno Murwanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.