Analisis Pemasaran Cabai Rawit (Capsicum Sp) Di Kecamatan Bungatan Kabupaten Situbondo
Keywords:
cabai rawit, efisiensi pemasaran, farmer’s share, marjin pemasaran, keuntunganAbstract
Usaha tani ini memiliki beberapa permasalahan, salah satunya adalah masalah pemasaran. Pemasaran produk cabai rawit juga harus diperhatikan dengan baik agar terjadi pemasaran yang efisien. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menganalisis macam-macam pola pemasaran cabai rawit (2) menganalisis efisiensi pemasaran setiap pola pemasaran cabai rawit Kecamatan Bungatan Kabupaten Situbondo. Penelitian dilaksanakan di Kecamatan Bungatan Kabupaten Situbondo bulan September sampai Oktober 2022. Hasil penelitian adalah: (1) terdapat tiga saluran pemasaran cabai rawit di Kecamatan Bungatan, yaitu saluran 1 tingkat : petani – pengumpul – konsumen, saluran 2 tingkat: petani – pengumpul – pengecer – konsumsi, saluran 3 tingkat : petani – pengumpul – pedagang besar – pengecer – konsumen, (2) semua saluran pemasaran cabai rawit di Kecamatan Bungatan Kabupaten Situbondo sudah efisien karena Farmer's share ≥ 50 %, marjin pemsaran ≤ 50% dan rasio keuntungan terhadap biaya lebih dari 1.
References
Adhawiyah, R., Boekoesoe, Y., & Saleh, Y. (2018). Analisis Pemasaran Cabai Rawit Di Kabupaten Boalemo. Jurnal Agrinesia, Vol. 2 No. 3.
BPS Provinsi Jawa Timur. (2022). Provinsi Jawa Timur dalam Angka. Surabaya: Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur.
BPS Kabupaten Situbondo. (2019). Jember dalam Angka. Jember: Badan Pusat Statistik Kabupaten Jember.
Bungati, Bananiek, S., & Wardah. (2016). Analisis Pemasaran Cabai Rawit Di Kabupaten Di Kabupaten Kolaka Utara. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Sulawesi Tenggara, 417-424.
Chusna, M dan Latif, A. (2021). Saluran Pemasaran Cabai Rawit di STA Kecamatan Ngoro. Jombang: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM).
Hasbullah, W. (2021). Saluran Pemasaran Cabai Rawit Di STA Kecamatan Ngoro. Jombang: Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas KH. A. Wahab Hasbullah.
Kurnia. (2004). Usaha Tani Cabai Rawit, Yogyakarta.
Muflihah, A. (2016). Analisis Marjin Pemasaran Cabai Rawit Hijau Mata Rantai Lahan Budi Daya Di Krawang Dan Pasar Induk Kramat Jati Pasar Reho Jakarta Timnr. Jakarta: Skipsi. Fakultas Sains dan Teknologi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah: 141.
Rahmawati, A & Chusna, M. (2021). Saluran Pemasaran Ubi: (Ipomoea Batatas) Di Sub Terminal Agrobisnis Ngoro. Jombang: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas KH. A Wahab Hasbullah.
Rahim, A., & Hastuti, D.R.D. (2007). Ekonomika Pertanian (Pengantar, Teori, dan Kasus). Jakarta: Penebar Swadaya.
Seran, M. (2017). Analisis Kinerja Pasar Pada Saluran Pemasaran Kopi Organik Di Subdistrito Ainaro Vila, Distrito Ainaro, Timor-Leste. Semarang: Tesis. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Program Pasca Sarjana. Universitas Katolik Soegijapranata Semarang: 82.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta Bandung.
Syam, S. (2018). Analisis Pemasaran Komoditi Cabai Merah di Desa Borongloe Kecamatan Kelara Kabupaten Jeneponto. Makassar: Skripsi. Fakultas Pertanian. Universitas Muhammadiyah Makasar.
Syukur, M. (2012). Cabai “Prospek Bisnis dan Teknologi Mancanegara”. Depok: Swadaya Group.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Feri Lukman Sophan H., Henik Prayuginingsih, Atok Ainur Ridho
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.