Pengaruh Motivasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kiner-ja Petani Padi Di Kabupaten Jember

Authors

  • Ahmad Jailani Universitas Muhammadiyah Jember
  • Henik Prayuginingsih Universitas Muhammadiyah Jember
  • Nurul Fathiyah Fauzi Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.47134/agri.v1i2.2020

Keywords:

Kinerja, ,Motivasi, Kepuasan Kerja

Abstract

Motivasi diartikan sebagai usaha yang mendorong seseorang untuk melakukan tindakan yang diinginkan. Kepuasan kerja diartikan sebagai perasaan positif pada suatu pekerjaan, yang merupakan dampak atau hasil evaluasi dari berbagai aspek pekerjaan ter-sebut.. Motivasi dan kepuasan kerja diperkirakan berpengaruh terhadap kinerja petani padi di Kabupaten Jember, kinerja dalam penelitian ini diukur dengan produktivitas. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah motivasi dan kepuasan kerja berpengaruh terhadap kinerja petani. Metode yang dilakukan menggunakan metode deskriptif korelasional terhadap data primer dan sekunder. Pengambilan sampel dilakukan secara Cluster dan Accidental Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 80 responden. Data dianalisis dan diuji dengan metode uji analisis jalur. Hasil menunjukkan bahwa: (1) Rata-rata tingkat motivasi petani padi Kabupaten Jember sebesar 2,58 atau dalam kategori rendah, (2) Rata-rata tingkat kepuasan kerja petani padi Kabupaten Jember sebesar 3,06 atau dalam  kategori cukup tinggi. (3) Secara bersama sama motivasi dan kepuasan kerja berpengaruh nyata terhadap produktivitas. Secara parsial motivasi berpengaruh nyata terhadap produktivitas sebesar 12,3% dan kepuasan kerja berpengaruh  tidak nyata terhadap produktivitas sebesar 12,8%.

References

Azwir Ridwan. (2009). Peningkatan Produktivitas Padi Sawah dengan Perbaikan Teknologi Budidaya. Akta Agosia. 12 (2), 212 – 218.

Burhanuddin (2012). Pengaruh Kepuasan Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk. Makassar. FEB Universitas Hasanuddin.

Damayanti Riski, Hanafi Agustina, Cahyadi Afriyadi, (2018). Pengaruh Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Karyawan Non Medis RS Islam Siti Khadijah Palembang). Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Terapan, 2, 75-86.

Ghozali, Imam. (2016). “Aplikasi Analisis Multivriate dengan Program IBM SPSS”, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Pardede, (2014) Analisis Jalur (Path Analysis) Teori dan Aplikasi dalam Riset Bisnis, PT Rineka Cipta, Jakarta.

Widjaja, E. A. (2010). Keanekaragaman hayati pertanian menjamin kedaulatan pangan. UPI Press.

Downloads

Published

2023-12-16

How to Cite

Jailani , A., Prayuginingsih, H., & Fathiyah Fauzi, N. (2023). Pengaruh Motivasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kiner-ja Petani Padi Di Kabupaten Jember. Agri Analytics Journal, 1(2), 29–36. https://doi.org/10.47134/agri.v1i2.2020

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>