Strategi Pengembangan dan Pemasaran Ternak Domba di Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember (Studi Kasus Pada Najah Farm)

Authors

  • Rizqi Fazar Annurrofiq Universitas Muhammadiyah Jember
  • Fefi Nurdiana Widjayanti Universitas Muhammadiyah Jember
  • Nurul Fathiyah Fauzi Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.47134/agri.v1i2.2018

Keywords:

Business model canvas., Domba, pengembangan

Abstract

Usaha peternakan domba merupakan salah satu sektor usaha peternakan yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan di masa yang akan datang. Salah satu usaha ternak domba yang ada di Kecamatan Bangsalsari yaitu Najah Farm. Usaha ini memiliki permasalahan dalam kegiatan operasionalnya. Usaha peternakan domba merupakan salah satu sektor usaha peternakan yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan di masa yang akan datang. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana strategi pengembangan yang dapat dilakukan oleh Najah Farm. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Responden dalam penelitian ini yakni pengelola peternakan domba Najah Farm di Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember. Metode yang digunakan adalah Business Model Canvas (BMC). Hasil penelitian menunjukkan Najah Farm bermitra dengan petani dan peternak. Kemudian memiliki aktivitas kunci berupa operasional, pemasaran dan manajemen keuangan. Nilai bisnis yang ditawarkan sistem kandang terkoleksi, tabungan qurban, pemasok domba, penjualan pupuk. Najah Farm menjalin hubungan dengan pelanggan melalui pemberian pelayanan terbaik dan menyediakan fasilitas tabungan qurban. Pelanggan Najah farm yaitu distributor daging domba, lembaga aqiqah, instansi, Masyarakat umum, petani dan rumah makan. Sumber daya yang dimiliki oleh Najah farm yaitu sumber daya manusia yang merupakan para petani, serta sumber daya alam yang berupa lingkungan alam. Biaya yang diperlukan untuk mengelola Najah Farm meliputi biaya pengadaan kandang, biaya pengadaan kambing, pakan, kendaraan, dan mesin pendukung. Sumber pendapatan Najah Farm berasal dari penjualan produk.

References

Adnin, R. J., Lubis, N., & Widayanto, W. (2013). Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Loyalitas Pelanggan PT. Nasmoco Pemuda Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis S1 Undip, 1(1).

Bustamin, A. (2020). Business Model Canvas dan Social Media Marketing untuk Meningkatkan Kapasitas Pengusaha Mikro di Kabupaten Pangkep. JURNAL TEPAT : Applied Technology Journal for Community Engagement and Services, 3(1), 150–156. https://doi.org/10.25042/jurnal_tepat.v3i1.72

Conyers, D. (1991). Perencanaan sosial di dunia ketiga. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Halomoan, J., Abigael, I., Stefany, S., Pelawi, R. W. O., Suryajaya, S. J., & Malinda, M. (2022). Analisis Business Model Canvas Pada Istana Helmet. Seminar Nasional Pariwisata Dan Kewirausahaan (SNPK), 1, 198–202. https://doi.org/10.36441/snpk.vol1.2022.39

Iqbal, M. (2007). Analisis Peran Pemangku Kepentingan dan Implementasinya Dalam Pembangunan Pertanian. Jurnal Litbang Pertanian.

Karyadi, D. (2008). Strategi Pengembangan Usaha Pternakan Rakyat (studi kasus Desa Cigudeg, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor). Skripsi Fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor.

Ningsih, E. A., & Dian Dwi Laksani. (2020). Analisis Daya Saing Sektor Pertanian Indonesia (Agriculture In Indonesia : A SWOT Analysis). Prosiding PERHEPI 2014.

Osterwalder, A., & Yves, P. (2010). Business Model Canvas. John Wiley Ltd.

Suparyanto, & Rosad. (2015). Manajemen Pemasaran. In Media.

Wahyudi, A. (2014). Analisi Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Anggota Koperasi Peternakan Sapi Perah. Skripsi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis.

Wahyuni, S. (2021). Strategi Bussiness Model Canvas (BMC) Bagi Pelaku Usaha Samarinda Dalam Upaya Pengembangan Brand Dan Digitalisasi Produk. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses …, 1(2), 81–86.

Downloads

Published

2023-12-16

How to Cite

Fazar Annurrofiq , R., Nurdiana Widjayanti , F., & Fathiyah Fauzi, N. (2023). Strategi Pengembangan dan Pemasaran Ternak Domba di Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember (Studi Kasus Pada Najah Farm). Agri Analytics Journal, 1(2), 17–23. https://doi.org/10.47134/agri.v1i2.2018

Issue

Section

Articles