Strategi Pengembangan Agroindustri Kopi Herbal Kapu-laga Di Desa Sumber Pakem Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jember

Authors

  • Ilham Akbar Aryanto Universitas Muhammadiyah Jember
  • Fefi Nurdiana Widjayanti Universitas Muhammadiyah Jember
  • Risa Martha Muliasari Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.47134/agri.v1i2.2015

Keywords:

Herbal, Kapulaga, Kopi.

Abstract

Di era modern penyajian kopi tidak hanya disajikan kopi sekedar kopi dan gula (Kopi Hitam), akan tetapi kopi telah dikom-binasikan dengan berbagai bahan dan teknologi. Salah satunya kopi dicampur dengan kapulaga yang tentunya menimbulkan cita rasa berbeda. Kopi kapulaga dapat menghasilkan beberapa manfaat yang baik bagi tubuh seperti meningkatkan kekebalan tubuh, menambah stamina, meringankan batuk, dan masih banyak manfaat lainnya. Tujuan penelitian yaitu bagaimana strategi pengembangan produk kopi herbal kapulaga di Desa Sumberpakem Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jember. Metode yang dilakukan pada penelitian ini adalah metode studi kasus. Penentuan daerah penelitian dilakukan secara sengaja (Purposive Method) yakni di di Desa Sumber Pakem Keca-matan Sumberjambe Kabupaten Jember. Metode analisis data yang digunakan yaitu untuk merumuskan strategi pengembangan usaha pengolahan kopi herbal kapulaga dengan beberapa tahapan ; a). tahap identifikasi faktor internal dan eksternal, b). tahap pembobotan, c). tahap penentuan rating, d). analisis matriks IE. Penelitian ini menunjukkan bahwa skor tertinggi dari faktor internal kekuatan adalah harga jual yang ditawarkan cukup bersaing dengan skor 0,57 dan jaminan bahan baku berkualitas dengan skor 0,57. Untuk faktor inter-nal kelemahan dengan skor tertinggi  0,29 yaitu belum ada SOP yang tertulis. Sedangkan untuk faktor ekstenal peluang dengan skor tertinngi 0,46 bahan baku yang melimpah dan ancaman dengan skor tertinggi 0,23 pengaruh perubahan musim. Srtaegi pengembangan kopi herbal kapulaga Desa Sumberpakem Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jemberberada pada kuadran 1 yaitu bangun dan tumbuh (grow and build). 

References

Arifin. (2005). Pengantar Ekonomi Pertanian. Bandung: CV. Mujahid Press.

Badan Pusat Statistik Jawa Timur. (2009). Statistik Perkebunan Jawa Timur. Jawa Timur : Badan Pusat Statistik.

David, F. R. (2009). Manajemen Strategis Konsep. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

Ginting, A. (2006). Perumusan Strategi Perusahaan PT X Menggunakan Matriks Evaluasi Faktor. Jurnal Sistem Teknik Industri, 7(1), 1-5.

Putri, dkk. (2014). Perencanan Strategi Pengembangan Restoran Menggunakan Analisis Swot Dan Metode Qspm (Quantitative Strategic Planning Matriks) (Studi Kasus Restoran Big Burger Malang). Jurnal Industria, 3 (2), 93-106

Rahardjo P. (2012). Panduan Budidaya dan Pengolahan Kopi Arabika dan Robusta. Jakarta : Penerbar Swadaya.

Suryatini, A., S. Hartono., A. Nurhayati., dan W. Widiyasih (2015). Peran Pertanian Terhadap Perekonomian Daerah Istimewa Yogyakarta. Analisis Input-Output Daerah Istimewa Yogyakarta Untuk Komoditas Tebu. Jurnal. Universitas Gajah Mada. Yogyakarta, 4 (1).

Downloads

Published

2023-12-16

How to Cite

Akbar Aryanto, I., Nurdiana Widjayanti, F., & Martha Muliasari, R. (2023). Strategi Pengembangan Agroindustri Kopi Herbal Kapu-laga Di Desa Sumber Pakem Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jember. Agri Analytics Journal, 1(2), 1–7. https://doi.org/10.47134/agri.v1i2.2015

Issue

Section

Articles