Kontribusi Wanita Penyadap Karet PTPN XII Afdeling Sumber Tengah Desa Silo Kecamatan Silo Terhadap Pendapatan Keluarga

Authors

  • Putera Dwiki Kurnia Universitas Muhammadiyah Jember
  • Syamsul Hadi Universitas Muhammadiyah Jember
  • Anisa Nurina Aulia Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.47134/agri.v1i2.2016

Keywords:

Kontribusi, Wanita Penyadap Karet, Tanaman Karet.

Abstract

Indonesia merupakan negara pemasok utama beberapa komoditas  perkebunan. Subsektor perkebunan yang banyak me-nyerap tenaga kerja di indonesia yaitu komoditas karet. Komoditas karet perkebunan besar negara tersebar banyak di wilayah yang ada di Jawa Timur, salah satunya yaitu Kabupaten Jember. Kabupaten Jember memiliki jumlah tenaga kerja komoditas karet perkebunan besar negara tertinggi, salah satunya yang ada di PTPN XII Afdeling Sumber Tengah. PTPN XII Afdeling Sumber Tengah dipilih se-bagai tempat penelitian, dimana penelitian ini khusus untuk tenaga kerja wanita penyadap karet. Tenaga kerja wanita berperan penting dalam penyadapan karet karena tenaga kerja wanita lebih terampil dan lebih ulet dibandingkan dengan tenaga kerja laki-laki. Pekerjaan sebagai penyadap karet memiliki resiko sendiri bagi tenaga kerja wanita karena pekerjaan sebagai penyadap karet ini dilakukan pada malam hari. Penelitian di PTPN XII Afdeling Sumber Tengah yaitu untuk mengetahui bagaimana curahan waktu kerja wanita penyadap karet, bagaimana kontribusi wanita penyadap karet terhadap pendapatan rumah tangga.Penentuan lokasi penelitian dilakukan dengan purposive dengan pertimbangan PTPN XII Afdeling Sumber Tengah melakukan kegiatan  budidaya karet pada tahap penyadapan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan analitik. Metode pengambilan contoh yang digunakan pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. dengan jumlah responden yang digunakan sebanyak 45 orang. Metode analisis data yang digunakan yaitu deskriptif dan analitik. Kontribusi penerimaan upah penyadap karet wanita terhadap pendapatan rumah tangga yaitu sebesar 58,8%, artinya kontribusi wanita dikatakan besar karena diatas 50%.

References

Muhdar. 2015. Potret Ketenagakerjaan, Pegangguran, dan Kemiskinan di Indonesia : Masalah dan Solusi. Al-Buhuts, 11(1) : 42-66.

Randang, Frankiano B. 2011. Kesiapan Tenaga Kerja Indonesia Dalam Menghadapi Persaingan dengan Tenaga Kerja Asing. Servanda, 5(1) : 66 73.

Elizabeth, R. 2007. Pemberdayaan Wanita Mendukung Strategi Gender dalam Kebijakan Pembangunan Pertanian di Pedesaan. Pusat Analisis Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian. Bogor.

MAHARDI, D. D. (2017). Analisis Curahan Waktu Kerja Dan Kontribusi Wanita Penyadap Karet Terhadap Pendapatan Keluarga Di PTPN XII Kebun Kalisanen Kabupaten Jember.

Akrim, A. (2021). [BUKU] PEREMPUAN DALAM DINAMIKA SOSIAL MODERN. Aksaqila Jabfung.

HASANAH, S. R. N. Analisis Curahan Waktu Kerja dan Kontribusi Penyadap Karet Wanita Terhadap Pendapatan Rumah Tangga di PTPN XII Kebun Zeelandia Kabupaten Jember.

Downloads

Published

2023-12-16

How to Cite

Dwiki Kurnia, P., Hadi, S., & Nurina Aulia, A. (2023). Kontribusi Wanita Penyadap Karet PTPN XII Afdeling Sumber Tengah Desa Silo Kecamatan Silo Terhadap Pendapatan Keluarga. Agri Analytics Journal, 1(2), 8–12. https://doi.org/10.47134/agri.v1i2.2016

Issue

Section

Articles