Strategi Pemasaran Melalui Pendampingan UMKM BakaranBos di Gading Serpong

Authors

  • Tiara Oktavia Universitas Pradita
  • Michelle Orlena Universitas Pradita
  • Gabriella Hidayat Universitas Pradita
  • Trefi Ikva Putri Universitas Pradita
  • Budi Setiawan Universitas Pradita

DOI:

https://doi.org/10.47134/pjpp.v2i3.4128

Keywords:

BakaranBos, Strategi Pemasaran, UMKM, STP, Angkringan

Abstract

UMKM angkringan BakaranBos di Gading Serpong menghadapi tantangan dalam meningkatkan daya saing di tengah persaingan bisnis kuliner yang ketat. Kurangnya strategi pemasaran yang efektif menghambat pertumbuhan dan keberlanjutan usaha. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan menerapkan strategi pemasaran yang efektif bagi UMKM angkringan BakaranBos melalui program pendampingan. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik observasi lapangan, dan dianalisis dengan deskriptif yang mengutamakan data berupa kata-kata. Hasil dari program pendampingan ini adalah penerapan strategi pemasaran berbasis STP (Segmenting, Targeting, Positioning). Segmentasi dilakukan dengan mengidentifikasi kelompok konsumen potensial di sekitar Gading Serpong, seperti pekerja kantoran dan mahasiswa. Penentuan target pasar difokuskan pada segmen yang memiliki potensi tinggi untuk meningkatkan penjualan. Posisi pasar angkringan BakaranBos diperkuat dengan menonjolkan keunikan menu dan suasana yang nyaman. Implementasi strategi ini menunjukkan peningkatan dalam jumlah pelanggan dan kesadaran merek. Penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang terencana dan terarah dapat meningkatkan daya saing UMKM angkringan di tengah persaingan pasar yang kompetitif.

References

Abubakar, H. R. I. (2021). Pengantar metodologi penelitian. Suka-Press UIN Sunan Kalijaga.

Adawiyah, S. R., Karim, D. A., & Fitria, S. (2024). Peran Dan Fungsi Bahasa Sebagai Komponen Utama Dalam Komunikasi Bisnis. Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Ekonomi, 2(1), 53-59.

Ambarita, I., Prahmana, I. G., & Habibi, R. (2024). Analisis Strategi Bertahan Sektor UMKM. JUMANSI: Jurnal Ilmiah Manajemen dan Akuntansi Medan, 6(2), 27-33.

Anisah, T. N. (2023). Analisis Potensi dan Tantangan Pengembangan UMKM Angkringan sebagai Komponen Ekonomi Kreatif di Kecamatan Kemantren, Yogyakarta. ADARMA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Janabadra, 10(2), 54-59.

Austin, P., Harsana, L. C., Lepar, B. S., Fandra, B. G., & Setiawan, B. (2025). Pendampingan Pembuatan Legalitas UMKM Glasy Kitchen. IKRA-ITH ABDIMAS, 9(2), 171-178.

Dewi, L. S. (2019). Angkringan sebagai Daya Tarik Generasi Baby Boomers. Jurnal Manajemen Bisnis, 16(1), 103-114.

Gabriella, A., Marion, G., Windiana, E., Syabina, Z. L., & Setiawan, B. (2025). PKM Pendampingan Marketing UMKM Pecel Lele OMA. IKRA-ITH ABDIMAS, 9(2), 59-67.

Gunawan, L., Hendra, N. A. H. A., Wahyu, Y. Y., & Setiawan, B. (2025). Pendampingan UMKM CHIPAO Dimsum di Alam Sutera. IKRA-ITH ABDIMAS, 9(2), 92-101.

KBBI VI Daring. (n.d.). https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/angkringan

Khairunnisa, I., Harmadji, D. E., Ristiyana, R., Mekaniwati, A., Harto, B., Widjaja, W., ... & Purwanti, T. (2022). Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Global Eksekutif Teknologi.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2023). Principles of Marketing, Nineteenth Edition Global Edition. Pearson (p. 225). Pearson.

Kuang, J. (2022, April). Research on the Marketing Strategy of Pinduoduo—Based on the STP and 4Ps Methods. In 2022 7th International Conference on Social Sciences and Economic Development (ICSSED 2022) (pp. 2128-2133). Atlantis Press.

Lamb, Charles. W., Hair, Joe. F., & McDaniel, C. (2021). MKTG Principles of Marketing 13th Edition. Cengage Learning, Inc. (p. 448). Cengage Learning Asia

Lubis, P. S. I., & Salsabila, R. (2024). Peran UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah) Dalam Meningkatkan Pembangunan Ekonomi Di Indonesia. MUQADDIMAH: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Dan Bisnis, 2(2), 91-110.

Malahati, F., Jannati, P., Qathrunnada, Q., & Shaleh, S. (2023). Kualitatif: Memahami karakteristik penelitian sebagai metodologi. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 341-348.

Musnaini, M., Suyoto, Y. T., Handayani, W., & Jihadi, M. (2021). Manajemen Pemasaran.

Nabila, T. A. (2020). Pengaruh Desain, Persepsi Harga, dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Angkringan Bae Purwokerto). Skripsi. IAIN Purwokerto.

Pakpahan, R., & Purba, C. V. (2023). Optimalisasi Media Sosial Tiktok Dalam Upaya Promosi Gedung Bersejarah Avros di Kota Medan. Semesta, 3(1).

Sarfiah, S. N., Atmaja, H. E., & Verawati, D. M. (2019). UMKM sebagai pilar membangun ekonomi bangsa. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan), 4(2), 137-146.

Sari Wiyanti, Maulana, A., Amalia Nurul Hidayah, Fathur R Yusufi, & M. Yunus Erdiansyah. (2023). Pengaruh Lingkungan, Harga Dan Gaya Hidup Terhadap Minat Beli Angkringan Di Kota Tegal. Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(2), 1–8. https://doi.org/10.59435/gjmi.v1i2.6

Tambunan, T. T. (2021). UMKM di Indonesia: perkembangan, kendala, dan tantangan. Prenada Media.

Warni. (2022). Strategi pemasaran rumah makan (Studi rumah makan Porang Goti). Strategi Pemasaran Rumah Makan (Studi Rumah Makan Porang Goti).

Widyadmono, V. M., & Wijayanti, L. E. (2023). Warung Angkringan Bertahan di Tengah Jaman: Membangun Kepuasan Melalui Kualitas Layanan. Ekonomi Bisnis Dan Kewirausahaan, 12(1), 37–46.

Winona, C., Handayani, E., Fathiya, H. P., Samar, Y. A., & Setiawan, B. (2025). Aspek Pemasaran dalam Kelayakan Usaha untuk Meningkatkan Kunjungan Konsumen di Kafe “Itangi”. MASMAN Master Manajemen, 3(1), 38-49.

Winurma, G., & Hapsari, W. D. (2024). Pengaruh Minat Konsumen dan Harga Produk terhadap Pengambilan Keputusan Konsumen dalam Pembelian Produk. Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, 438-442.

Downloads

Published

2025-06-09

How to Cite

Oktavia, T., Orlena, M., Hidayat, G., Putri, T., & Setiawan, B. (2025). Strategi Pemasaran Melalui Pendampingan UMKM BakaranBos di Gading Serpong. Jurnal Pariwisata Dan Perhotelan, 2(3), 9. https://doi.org/10.47134/pjpp.v2i3.4128

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 1 2 

You may also start an advanced similarity search for this article.