Analisis Peran Media Sosial Terhadap Wisata Di Agrowisata Gunung Mas Bogor
DOI:
https://doi.org/10.47134/pjpp.v2i1.3319Keywords:
Media Sosial, Pariwisata, Pengambilan Keputusan, Gunung Mas BogorAbstract
Penelitian ini mengeksplorasi pengaruh media sosial terhadap pariwisata di Gunung Mas, Bogor. Dengan munculnya teknologi, media sosial memainkan peran penting dalam membentuk visibilitas dan reputasi tujuan wisata. Studi ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana konten media sosial, ulasan pengunjung, dan interaksi online mempengaruhi minat wisatawan dan proses pengambilan keputusan. Memanfaatkan metode kualitatif, temuan menunjukkan bahwa interaksi media sosial meningkatkan keterlibatan dan loyalitas pengunjung, secara signifikan mempengaruhi harapan dan pilihan mereka. Penelitian ini menyoroti pentingnya memahami peran media sosial dalam pariwisata berkelanjutan, karena dapat mengarah pada hasil positif dan negatif bagi bisnis lokal dan lingkungan. Studi ini menyimpulkan bahwa strategi media sosial yang efektif dapat meningkatkan daya tarik Gunung Mas sebagai tujuan wisata, sementara juga menyarankan penyelidikan lebih lanjut tentang efek jangka panjang media sosial pada loyalitas wisatawan dan pengaruh demografis pada penggunaan media sosial dalam konteks pariwisata.
References
Alvin Wangka, H., & Noviandra Krisjanti, M. (2020). Pengaruh Paparan Media Sosial Terhadap Niat Mengunjungi Destinasi Wisata (Studi pada Studio
Alam Gamplong). Modus, 32(2), 175–195.
Alfiani, A., & Azraf, A. (2024). Literasi Digital: Solusi Tantangan Dan Peluang Komunikasi Sosial Di Era Digital. Kalijaga: Jurnal Penelitian Multidisiplin Mahasiswa, 1(3), 98-101.
Andriansyah, I. Maharani, A. (2021). Optimalisasi Instagram Sebagai Media Marketing. Bandung: CV. Cendekia Press.
Dewi, N. P. A. L. (2022). Pengaruh media sosial terhadap minat berkunjung wisatawan ke daya tarik wisata sukawana sunrise: The effect of social media on the interest of tourists visiting the attraction of sunrise variety tourism. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 1(2), 276-285.
Firmansyah, W., Yanti, D. D., Pratiwi, N. A., & Sutabri, T. (2024). Analisis peluang dan tantangan pemanfaatan metaverse sebagai pemasaran digital. Jurnal Penelitian Sistem Informasi (JPSI), 2(1), 01-11.
Hasan, H. A. (2022). Pariwisata Halal : Tantangan Dan Peluang Di Era New Normal. Jurnal Pilar: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 13(1), 54–66
Haribowo, I. H. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Dalam Pengaruhnya Terhadap Pembentukan Persepsi dan Reputasi Wisata Halal di Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(3), 3236-3248.
Hidayah, Nurdin, Sopian, Tatang, Nauval, Aziz M., Ikrawardani, Feby Nur, Fausta, Flavia Domitilla, Putri, Inggit Salsabila, & Annazly, M. Hafidz. (2021). Strategi Pemasaran Media Sosial Destinasi Pariwisata Menggunakan Pendekatan SOSTAC: Studi Kasus Pada Akun Media Sosial Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Lebak, Banten. Jurnal Kepariwisataan: Destinasi, Hospitalitas Dan Perjalanan, 5(2), 57–75.
Laksono, P. (2023). Risalah Teori-Teori Komunikasi Massa. Jurnal Al-Tsiqoh (Dakwah Dan Ekonomi), 8(1), 1–12.
Napoleoncat (2024),’’Penguna Instagram di Indonesia 2024’’ Instagram users in Indonesia - April 2024 | NapoleonCat.
Nguyen, T. T. T., & Tong, S. (2023). The impact of user-generated content on intention to select a travel destination. Journal of Marketing Analytics, 11(3), 443-457.
Nugraha, A., & Dami, R. (2021). Media Sosial dalam Era Digital: Transformasi Komunikasi dan Interaksi. Jurnal Komunikasi, 15(2), 123-135.
Nugraha, Yudha Eka, & Dami, Kresna. (2021). Upaya Promosi Pariwisata Pantai Liman Dengan Pemanfaatan Media Sosial (Studi Kasus Pada Akun Instagram@ pantailimansemau). Journey: Journal of Tourismpreneurship, Culinary, Hospitality, Convention and Event Management, 4(1), 169–194.
Ozali, I., & Rahayu, I. (2023). Analisis Strategi Pemasaran dalam Rangka Peningkatan Wisatawan Bintan Resort Melalui Media Sosial Instagram. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 6710-6723.
Patalo, R. G., Sugeha, A. Z., & Harlyson, Y. F. (2023). Image of the destination on interest in tourist visits ecotourism destination Clungup Mangrove Conservation. Jurnal Pariwisata Pesona, 8(2), 261-267.
Rachman, A., Setiawati, L., & Rafdinal, W. (2021, September). Pengaruh Informasi UGC dari Media Sosial pada Minat Berwisata di Destinasi Wisata Jawa Barat. In Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar (Vol. 12, pp. 1466-1471).
Rifa’i, A. (2021). Pengantar Metodologi Penelitian. In Antasari Press.
Rohimah, Afifatur, & Hakim, Lukman. (2021). Ekologi media: Penguatan ekuitas industri pariwisata melalui media sosial marketing. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 99–118.
Rosmalina, A., & Khaerunnisa, T. (2021). Penggunaan Media Sosial dalam Kesehatan Mental Remaja. Prophetic: Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal, 4(1), 49-58.
Sabila, A., & Wijaya, B. W. H. (2024). Strategi pengembangan wisata kali watu kodok melalui peta wisata dan media sosial. Prosiding Patriot Mengabdi, 3(01), 1337-1347.
Sari, D., Saniati, F., & Parjito, R. (2021). Peran Media Sosial dalam Memengaruhi Pilihan Destinasi Wisata. Jurnal Pariwisata, 10(1), 45-60.
Silviana, W., & Mubarak, A. (2020). Pengelolaan pengembangan destinasi pariwisata berkelanjutan pada objek wisata Pantai Carocok Painan. Jurnal Manajemen Dan Ilmu Administrasi Publik (JMIAP), 2(3), 48-57.
Sari, Desi Ratna, Saniati, Saniati, & Parjito, Parjito. (2021). E-tourism kebudayaan dan pariwisata kabupaten pesisir barat. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(4), 62–67.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sunaryo, Bambang. 2023. Kebijakan Pembangunan Destinasi Pariwisata Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Yogyakarta: Gava Media.
Syah, F., Susyanti, D. W., & Syafganti, I. (2023). Model Destinasi Mice Agrowisata Gunung Mas Bogor. Bisnis Event, 4(14), 69-76.
Ulya, K. M., Handayani, M., & Setiyawan, H. (2023). Alternatif Strategi Pengembangan Produk Agrowisata. Jurnal Litbang: Media Informasi Penelitian, Pengembangan dan IPTEK, 19(1), 31-42.
Undang Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan.
Waruwu, D. K., & Octafian, R. (2024). Inovasi Promosi Wisata Kampung Pelangi: Keterlibatan Masyarakat Dan Penggunaan Media Sosial. Jurnal Pariwisata, 11(1).
We Are Social & Meltwater (2024), “Digital 2024 Indonesia,” diambil dari https://datareportal.com/reports/digital-2024-indonesia pada 25 Maret 2024
Zakiyah, N. N., & Romadi, U. (2022). Pengaruh Media Sosial Instragram Terhadap Keputusan Berkunjung di Kopi Taji Lereng Bromo. Jurnal Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat [JSKPM], 6(1), 145-156.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Elisabeth Windiana Jayanti, Johann Wahyu Hasmoro Prawiro

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.