Implementasi Strategi Pendampingan UMKM untuk Meningkatkan Promosi dan Visibilitas Usaha Kedai Bakso Budi Trimo Luwong
DOI:
https://doi.org/10.47134/pjpp.v2i3.4208Keywords:
UMKM, Pendampingan, Promosi Digital, Media Sosial, Visibilitas UsahaAbstract
Pemanfaatan media digital dalam promosi merupakan kebutuhan krusial bagi keberlangsungan dan daya saing UMKM di era digital. Namun, masih banyak pelaku usaha yang belum mampu mengoptimalkan potensi ini. Kedai Bakso Budi Trimo Luwong merupakan contoh UMKM yang mengalami kendala dalam promosi dan visibilitas karena belum memiliki akun media sosial dan desain kemasan yang mendukung citra merek. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan strategi pendampingan guna meningkatkan promosi dan visibilitas usaha melalui pemanfaatan media sosial. Penelitian menggunakan pendekatan studi kasus kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Strategi yang diterapkan meliputi pembuatan akun Instagram dan TikTok, perancangan ulang kemasan produk, penyusunan buku menu visual, produksi konten promosi digital, serta penyediaan tautan digital (linktree). Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pemahaman pelaku usaha terhadap pentingnya promosi digital, meningkatnya keterlibatan audiens di media sosial, serta perbaikan citra merek. Pendampingan yang dilakukan terbukti mampu memperluas jangkauan konsumen dan memperkuat daya saing usaha secara berkelanjutan melalui optimalisasi platform digital
References
Adha, W. N., & Hermintoyo, H. (2017). Tanggapan dalam Pemahaman Informasi pada Gambar Ilustrasi di Instagram. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(4), 301–310. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/23236
Afendi, M., Irhansa, M. R., Rachmawati, V. A., & Soeswoyo, D. M. (2024). Strategi Pendampingan Usaha Mikro Kecil Minuman Milshake BIIMILK Melalui Media Sosial. 6.
Afifah, A. F., Setiawan, R. T., Sabina, V., & Huda, N. (2025). Pengaruh Media Sosial terhadap Penjualan UMKM. 9, 1285–1290.
Anugrahdwi. (2023, Agustus 8). Pengertian Manajemen Pemasaran, Tujuan, Beserta Contohnya. Retrieved from Program Pascasarjana: https://pascasarjana.umsu.ac.id/pengertian-manajemen-pemasaran-tujuan-beserta-contohnya/
Ariadi, A., Cokrowati, N., Zahro, U. A., Ulinnuha, T., Ummah, A. F. M., Ranut, D., ... & Rahmatullah, M. F. (2025). Pelatihan Inovasi Pengemasan Untuk Meningkatkan Nilai Jual Rengginang Rumput Laut Dan Abon Ikan Di Dusun Gerupuk, Desa Sengkol. Jurnal Aplikasi dan Inovasi Iptek, 6(2), 360–369.
Asrah, B., Sima, D., Lubis, H. S., & Tarisa, C. (2024). Optimalisasi Strategi Digital Marketing Untuk Perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Aras, Kecamatan Air Putih, Kabupaten Batubara. 7(September).
Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2022). Case Study Method in Qualitative Research. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 1–9.
Gabriella, A., Marion, G., Windiana, E., Lutfiah Syabina, Z., & Setiawan, B. (2025). PKM Pendampingan Marketing UMKM Pecel Lele OMA. IKRA-ITH ABDIMAS.
Hidayat, D. (2023). Pengaruh perceived usefulness terhadap purchase intention pada Shopee dengan customer attitude sebagai variabel mediasi. Jurnal Manajemen dan Bisnis Performa, 20(1), 97–109.
Jurnal, L., Manajemen, P., Anhar, G., Sari, V. N., Putri, D. A., Putra, U., & Yptk, I. (2025). Pengaruh Brand Image dan Promosi Sosial Media terhadap Keputusan Pembelian melalui Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening Studi Kasus pada Balisijuk.id Payakumbuh. 3.
Karmila, K. (2022). Pengaruh Promosi Media Sosial terhadap Keputusan Pembelian Produk Kuliner di Kota Bandar Lampung dengan Persepsi Harga sebagai Variabel Mediasi Perspektif Bisnis Islam (Studi pada Followers Akun Tiktok Kuliner Lampung). (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).
Kusumawati, D. N. I., Kusumah, W. I., & Al Bahriyyah, H. (2024). Perancangan Kemasan Sebagai Identitas dan Promosi pada UMKM Kue Jajanan Tradisional Khas Kemayoran Jakarta. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 2019–2031.
Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive dan Snowball Sampling. HISTORIS: Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39. http://journal.ummat.ac.id/index.php/historis
Lukito, R., Santoso, A., & Dewi, F. (2024). Perancangan desain buku menu sebagai media komunikasi visual dalam meningkatkan citra merek. Jurnal Desain Komunikasi Visual Nusantara, 9(1), 45–53.
Pane, A. S. A. S., Putri, H. R., Purba, A. T., & Harahap, L. M. (2025). Peran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) terhadap Perekonomian Indonesia. Jurnal Penelitian Ilmiah Multidisipliner, 1(02), 122–129.
Romadhon, M. R., Putra, A. S., & Lestari, I. (2024). Exploring the Role of Menu Design in Attracting Customers: A Case Study of Kitchen Asia. Jurnal Pariwisata dan Perhotelan, 12(2), 89–97.
Rosidah, I., Febriansyah, G., Ukat, M. L., Fitriyah, N. H., Mahiira, T. C., & Rohman, V. T. H. (2024). Pengembangan Website UMKM untuk Meningkatkan Visibilitas di Kelurahan Karanganyar Kota Pasuruan. Dinamika Sosial: Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Transformasi Kesejahteraan, 1(3), 123–131.
Syahidah, N. A., Sjoraida, D. F., & Hafiar, H. (2025). Proses Rebranding pada Berawal Coffee & Dimsum: Studi Deskriptif Berawal Coffee & Dimsum Dalam Meningkatkan Brand. Dataimaji: Information and Public Relations Journal, 1(1).
Utoyo, A. W. (2020). Analisis Komunikasi Visual Pada Poster Sebagai Media Komunikasi Mendorong Jarak Sosial Di Jakarta Saat Epidemi Covid 19. LUGAS Jurnal Komunikasi, 4(1), 35–42. https://doi.org/10.31334/lugas.v4i1.939
Waruwu, M. (2023). Pendekatan penelitian pendidikan: metode penelitian kualitatif, metode penelitian kuantitatif dan metode penelitian kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896–2910.
Winanti, P. A., Putri, K. A., Candra, A. C., & Setiawan, B. (2024). Pendampingan Pembuatan Legalitas Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Media Abdimas, 3(3), 88–95.
Winona, C., Handayani, E., Fathiya, H. P., Samar, Y. A., & Setiawan, B. (2025). Aspek Pemasaran dalam Kelayakan Usaha untuk Meningkatkan Kunjungan Konsumen di Kafe “Itangi”. MASMAN Master Manajemen, 3(1), 38–49.
Zulfirman, R. (2022). Implementasi metode outdoor learning dalam peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Agama Islam di MAN 1 Medan. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 3(2), 147–153.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Lianny Pangesa, Olivia, Andreas Gregorius Winarta, Muhamad Farkhan Aziz, Budi Setiawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.