Perspektif Staf dan Tamu Hotel Terhadap Pengaplikasian Chatbot pada Kantor Depan Hotel di Gading Serpong
DOI:
https://doi.org/10.47134/pjpp.v2i1.3313Keywords:
Digitalisasi, Kantor Depan Hotel, Chatbot, Decision Tree-BasedAbstract
Gading Serpong mengalami perkembangan yang sangat pesat dan menjadi titik kumpul untuk berbagai acara atau kegiatan tertentu. Perkembangan tersebut perlu dimanfaatkan seiring dengan proses digitalisasi dan revolusi industri 5.0 yang telah memberikan dampak yang signifikan terhadap bidang teknologi informasi. Hadirnya kecerdasan buatan yaitu Artificial Intelligence (A.I.) menciptakan suatu program yang memungkinkan untuk membalas pesan secara otomatis 24 jam tanpa henti khususnya dalam dunia perhotelan yaitu chatbot. Metode yang umum digunakan adalah Decision Tree-Based (DTB). Chatbot perlu diimplementasikan pada hotel-hotel di Gading Serpong khususnya pada layanan front office hotel untuk dapat membantu mengatasi permasalahan yang muncul pada saat High Season atau Peak Hour seperti panggilan tamu yang tidak terjawab. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan menggunakan teknik observasi, wawancara sebagai pengumpulan data. Data yang terkumpul selanjutnya akan diolah dengan menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menjelaskan cara kerja chatbot dengan metode DTB, manfaat penggunaan chatbot oleh hotel-hotel di Gading Serpong, perspektif staf dan tamu hotel, serta tantangan dan solusi terhadap pengaplikasian chatbot pada layanan kantor depan hotel di gading serpong.
References
Aditiasari, D. (2024, January 28). Gading Serpong Jadi Kawasan Elit Properti dalam 10 Tahun, Bagaimana Prospeknya Kini? Detikcom. Retrieved August 6, 2024, from https://www.detik.com/properti/berita/d-7164417/gading-serpong-jadi-kawasan-elit-properti-dalam-10-tahun-bagaimana-prospeknya-kini
Akbar, A., & Wadud, M. (2024). The Effect Of Speed And Reliability Of Service On Customer Satisfaction Mediated By Employee Performance In Using Agency Services At PT Bukit Prima Bahari. Management Studies and Entrepreneurship Journal, Vol 5 (2). https://doi.org/10.37385/msej.v5i2.4974
Alderton, M. (2018, February 15). 5 Hotel Chatbots That Will Make Your Stay More Satisfying. Successful Meetings. Retrieved September 26, 2024, from https://www.successfulmeetings.com/News/Industry/Hotel-Chatbots-Aloft-Cosmopolitan-Hotel-Indigo-Four-Seasons
Alicia, A. P., & Tj, B. I. (2023). Peranan Front Desk Agent dalam Memberikan Pelayanan Kepada Tamu di Ascent Premiere Hotel dnd Convention Malang. Pubmedia Jurnal Pariwisata dan Perhotelan, Vol. 1, No. 1. https://doi.org/ 10.47134/pjpp.v1i1.1898
Danurdara, A. B., & Paramitha, N. A. (2022). The Impact of Front Office Service Quality on Customer Satisfaction: Evidence from Hospitality Sector in West Java. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), Volume 5, No. 3. https://doi.org/10.33258/birci.v5i3.6074
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Vol. 21, No. 1. 10.21831/hum.v21i1. 38075. 33-54
Rendrawan, G., Trianasari, & Mahardika, Y. M. (2020). Jenis Keluhan dan Cara Penanganan Keluhan di Hotel Holiday Inn Resort Baruna Bali. Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata, Vol. 3, No. 1. https://doi.org/10.23887/jmpp.v3i1.28996
Harahap, D. W., & Fitria, L. (2020). Aplikasi Chatbot Berbasis Web Menggunakan Metode Dialogflow. Jurnal Informatika dan Teknologi Komunikasi, Vol. 1, No. 1.
Herlambang, S., & Fathoni, M. I. (2023, Mei). Pengaruh Penggunaan Teknologi Digital Terhadap Efektivitas Pelayanan Kenaikan Pangkat Di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata dan Perhotelan, Vol. 2, No. 2.
How Kindly's hotel chatbot improved Thon Hotel's customer experience. (n.d.). Kindly. Retrieved September 26, 2024, from https://www.kindly.ai/case-study/hotel-chatbot-thon
Illena, I., & Setiawan, B. (2023). Analysis of Bangka Culinary Business Development in Gading Serpong. Return: Study of Management, Economic And Bussines Articles, Vol. 2, No. 11. https://doi.org/10.57096/return.v2i11.181
Kennedy, P. S. J. (2024). Hospitality: Sejarah dan Perkembangannya dalam Manajemen Pariwisata. IKRA-ITH HUMANIOR: Jurnal Sosial dan Humaniora, Vol. 8, No. 2. https://doi.org/10.37817/ikraith-humaniora.v8i2
Maharani, D. A., Hidayat, W., & Wijayanto, A. (2023). Pengaruh Customer Experience dan harga terhadap kepuasan pelanggan (Studi pada Pelanggan Mitra Swalayan Kota Tegal). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, Vol. 12, No. 2.
Maulina, L. (2023). Revitalisasi Industri Perhotelan Dengan Inovasi Teknologi: Meningkatkan Keunggulan Bersaing dan Pengalaman Pelanggan. JIMEA: Jurnal Ilmiah Mea (Manajemen, Ekonomi, Akuntansi), Vol. 7, No. 1.
Nugraha, Y., Masnita, Y., & Kurniawati, K. (2022). Peran Responsiveness Chatbot Artificial Intelligence Dalam Membentuk Customer Satisfaction. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya, Vol. 20 (3).
Pii, W., & Ramli, M. R. (2022). Analisis Anggaran Biaya Operasional Usaha Jasa Perhotelan Terhadap Peningkatan Laba pada Hotel Sun City Baubau. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ekonomi UMBton, Vol. 4, No. 1.
Pratiwi, P. D. A., Indrayani, I. G. A. P. W., & Adnyana, I. M. S. (2021). Klasifikasi Keluhan Tamu Mengenai Pelayanan Front Office di The Westin Resort Nusa Dua Bali Berdasarkan Ulasan pada Tripadvisor. Jurnal Bisnis Hospitality. 10.52352/jbh.v10i2.620
Raza, E., Sabaruddin, L. O., & Komala, A. L. (2020). Manfaat dan Dampak Digitalisasi Logistik di Era Industri 4.0. Jurnal Logistik Indonesiaq, Vol. 4, No. 1.
Santoso, P. D. L., Rizki, I., Kholik, N., Akbar, M. R., Saifudin, A., & Yulianti. (2021). Penerapan Artificial Intelligence dalam Aplikasi Chatbot sebagai Media Informasi dan Pembelajaran mengenai Kebudayaan Bangsa. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, Vol. 6, No. 3. 10.32493/informatika.v6i3.11845
Suprina, R., Hendrayati, H., Gaffar, V., & Hurriyati, R. (2022, September). Memahami Kepuasan Pelanggan terhadap Pelayanan Hotel: Suatu Tinjauan Pustaka Sistematis. Jurnal Manajemen dan Organisasi, Vol. 13, No. 3. 10.29244/jmo.v13i3.39338
10 Best Hotel Chatbots in 2024. (2024, August 6). Hotel Tech Report. Retrieved September 26, 2024, from https://hoteltechreport.com/marketing/hotel-chatbots
Titoni, E., Frigana, D., Aditya, B., Pribadi, T. A., & Lianto, R. (2024). Peran chatbot artificial Intelligence dalam membentuk kepuasan pelanggan. Technologia : Jurnal Ilmiah, Vol. 15, no. 1.
Zulfirman, R. (2022). Implementasi Metode Outdoor Learning dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di MAN 1 Medan. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran, Vol. 3, No. 2.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Victoriano Hidayat, Budi Setiawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.