Strategi Pengembangan Makanan Tradisional Doclang di Bogor

Authors

  • Brandon Gregorius Fandra Pradita University
  • Budi Setiawan Pradita University

DOI:

https://doi.org/10.47134/pjpp.v2i1.3303

Keywords:

Wisata Kuliner, Pariwisata Berkelanjutan, SWOT

Abstract

Kota Bogor, yang dikenal dengan julukan "Kota Hujan," memiliki potensi besar dalam sektor pariwisata, khususnya wisata kuliner. Namun, meskipun memiliki potensi yang besar, masih ada kuliner - kuliner yang hampir tersisihkan. Maka dari itu, demi menjaga kelestarian kuliner, diperlukan strategi pengembangan. Peneliti menggunakan strategi SWOT sebagai dasar strategi untuk kelestarian kuliner Bogor. Tujuannya adalah untuk mengenali dan memanfaatkan peluang yang ada dalam berbagai situasi, menghindari potensi ancaman, serta mempertahankan kekuatan usaha kuliner. Melalui proses ini, kelemahan usaha kuliner dapat diperbaiki atau diminimalkan sepenuhnya. setelah melakukan observasi di Bogor, peneliti menemukan 13 alternatif strategi yang efektif dalam menjaga kelestarian kuliner Bogor dengan menggunakan teknologi modern, salah satu contohnya yaitu Promosi Kuliner dan Budaya dengan Teknologi. Tidak hanya itu, peneliti juga menemukan strategi - strategi lainnya yang sama efektifnya dengan promosi digital. Dengan itu, peneliti menyimpulkan bahwa ada 6 alternatif strategi terpilih yang akan dijalankan oleh pengusaha kuliner agar tetap terjaga kelestarian wisata kuliner di Bogor disamping itu harus ada peran dari kekuatan yang akan mengembangkan pariwisata yang dikenal dengan pentahelix, yaitu ABCGM (Academic, Business, Community, Government, Media).

References

Affandy, S. (2022). Impementasi Analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity, Threat) pada Organisasi Dakwah. INTELEKSIA: Jurnal Pengembangan Ilmu Dakwah, 4(1), 179-194.

Apriyanti, Y., Lorita, E., & Yusuarsono, Y. (2019). Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Pusat Kesehatan Masyarakat Kembang Seri Kecamatan Talang Empat Kabupaten Bengkulu Tengah. Professional: Jurnal Komunikasi dan Administrasi Publik, 6(1).

Arnold, P. W., Nainggolan, P., & Damanik, D. (2020). Analisis Kelayakan Usaha dan Strategi Pengembangan Industri Kecil Tempe di Kelurahan Setia Negara Kecamatan Siantar Sitalasari. Jurnal Ekuilnomi, 2(1), 29-39.

Bakhri, S., Aziz, A., & Khulsum, U. (2019). Analisis SWOT Untuk Strategi Pengembangan Home Industry Kue Gapit Sampurna Jaya Kabupaten Cirebon. Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).

Destiana, R., Kismartini, K., & Yuningsih, T. (2020). Analisis Peran Stakeholders Dalam Pengembangan Destinasi Pariwisata Halal Di Pulau Penyengat Provinsi Kepulauan Riau. Jurnal Ilmu Administrasi Negara ASIAN (Asosiasi Ilmuwan Administrasi Negara), 8(2), 132-153.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Vol. 21, No. 1. 10.21831/hum.v21i1. 38075. 33-54

Fernando, N. (2021). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Makanan Tradisional Doclang Sebagai Makanan Khas Kota Bogor. Jakarta: Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti.

Hariani, D., & Dinitri, S. (2020). Strategi Pengembangan Wisata Halal Kota Bogor Dengan Mengoptimalkan Industri Kreatif. Jurnal Syarikah: Jurnal Ekonomi Islam, 6(2), 124-129.

Hernawan, Y., & Musafa, S. W. K. D. (2020). Pengembangan strategi bisnis menggunakan analisis SWOT di perkebunan kopi palasari kabupaten Bandung. Jurnal Ilmiah Manajemen EMOR, 3, 14-28.

Istinganah, A., & Hartiyah, S. (2021). Pengaruh Inflasi, Suku Bunga, Nilai Tukar Rupiah, Produk Domestik Bruto Dan Jumlah Uang Beredar Terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (Ihsg) Di Bursa Efek Indonesia (Bei) Periode 2010 Sampai 2019. Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE), 2(2), 245-252.

Kaharuddin, K. (2021). Kualitatif: ciri dan karakter sebagai metodologi. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 9(1), 1-8.

Kurnia, I., Imroatun, I., Farhah, G., Amanda, D., Erlangga, H. N., & Prabandari, D. (2023). Otentikasi Toge Goreng Sebagai Makanan Tradisional Khas Kota Bogor. Journal of Food and Culinary, 1-13.

Lan, T. T. N. (2023). Market development strategy of renewable energy industry in Vietnam. International journal of business and globalisation, 1, 1-9.

Lestari, N. S., & Christina, C. (2018). Doclang, Makanan Tradisional Yang Mulai Tersisihkan. Khasanah Ilmu-Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 9(2).

Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Surakarta

Nuralan, S., BK, M. K. U., & Haslinda, H. (2022). Analisis gaya belajar siswa berprestasi di SD Negeri 5 Tolitoli. Madako Elementary School, 1(1), 13-24.

Pinontoan, N. A., Djati, S. P., & Rahmanita, M. (2024). Strategi Dinas Pariwisata dalam Branding Destinasi Surya Kencana Bogor Pasca Pandemik. Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata, 7(1), 58-66.

Putra, A. F. P. (2020). Strategi pengembangan model bisnis klaster industri tomat krispi Daumato berdasarkan analisis SWOT dan BMC. Journal of Industrial View, 2(1), 33-42.

Putri, D. A., Ceicillia, S., Rizky, G. A., & Farida, S. N. (2022). Implementasi Analisis Swot (Strength, Weakness, Opportunities, And Threat) Dalam Strategi Pemasaran Produk Pada PT Adib Global Food Supplies Surabaya. Jurnal Bisnis Indonesia, 13(1).

Putri, J. A., Rahayu, E., Risyanti, Y. D., Maryani, T., & Yuliamir, H. (2023). Potensi Makanan Tradisional, Sebagai Daya Tarik Wisata Kuliner Di Kota Salatiga. Jurnal manajemen perhotelan dan pariwisata, 6(1), 207-213.

Rangkuti, Freddy. (2015). Personal SWOT Analysis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Raditya, Dendi. (2021). Penta-Helix dan Perubahan Sosial. https://chub.fisipol.ugm.ac.id/2021/09/01/penta-helix-dan-perubahan-sosial/

Rahayu, V. P., Astuti, R. F., Mustangin, M., & Sandy, A. T. (2022). Analisis SWOT dan Business Model Canvas (BMC) Sebagai Solusi dalam Menentukan Strategi Pengembangan Usaha Kuliner. International Journal of Community Service Learning, 6(1), 112-121.

Rizki, G. A. F., Prihandini, T. F., Triyono, M. B., & Priyanto, P. (2023). Pemanfaatan Teknologi Digital Dan Strategi Marketing Untuk Meningkatkan Efektivitas Pemasaran: Studi Kasus Pada Desa Wisata Tinalah. PETA-Jurnal Pesona Pariwisata, 2(1), 38-48.

Saputra, F. A., Kusniawati, A., & Kader, M. A. (2023). Analisis SWOT untuk strategi pengembangan UKM di wisata kuliner kota Tasikmalaya (studi pada mambo kuliner nite). Business Management and Entrepreneurship Journal, 3(2), 101-113.

Sarira, M. T., Nurhayati, H., Rini, F. A. S., Syauqi, M., & Susanti, H. (2024). Tata Kelola Destinasi Wisata Berkelanjutan Desa Wisata Sangiran Kabupaten Sragen Provinsi Jawa Tengah. AMMA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2: Maret), 94-99.

Sasmita, A., Ambarita, Y. M., & Putri, A. M. (2021). Strategi Pemasaran Tokopedia dalam Persaingan Antar E-Commerce dengan Analisis SWOT. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3397-3404.

Setiawan, E. B., & Pahlevi, R. W. (2022). Strategi Pengembangan Usaha Angkringan Herbal Dewuyung Dengan Menggunakan Analisis Swot. JEMBA: JURNAL EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS DAN AKUNTANSI, 1(1), 11-22.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Suhandi, S., Hanafiah, H., & Harsono, P. (2020). Strategi pemasaran makanan tradisional keripik talas beneng khas Kabupaten Pandeglang. JURISMA: Jurnal Riset Bisnis & Manajemen, 10(2), 143-152.

Suriono, Z. (2021). Analisis SWOT dalam identifikasi mutu pendidikan. ALACRITY: Journal of Education, 94-103.

Taufik, M. N. B., & Tsuroyya, T. (2022). Strategi Komunikasi Pemberdayaan Desa Wisata Kemiren Dalam Upaya Mendukung Sustainable Development Goals. The Commercium, 6(1), 21-34.

Utama, L., Suandi, C. D., Febriani, D., & Djaruma, J. (2022). Kiat Sukses Pemasaran Digital Untuk Generasi Muda. Prosiding Serina, 2(1), 945-952.

Wardani, N. M. R. S. D., Sunarsa, I. W., & Seniartha, I. W. (2024). Strategi Promosi Melalui Media Sosial Instagram Di Langgeng Florist Bali. Journal of Hospitality Accommodation Management (JHAM), 3(2), 127-136.

Wibawati, D., & Prabhawati, A. (2021). Upaya indonesia untuk mempromosikan wisata kuliner sebagai warisan budaya dunia. Journal of Tourism and Creativity, 5(1), 36-44.

Yudaninggar, K. S., Fitri, D. R., & Damastuti, R. (2023). Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Kunjungan Museum Kotagede Intro Living Museum. Brand Communication: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(3), 288-298.

Downloads

Published

2024-11-04

How to Cite

Fandra, B. G., & Setiawan, B. (2024). Strategi Pengembangan Makanan Tradisional Doclang di Bogor. Jurnal Pariwisata Dan Perhotelan, 2(1). https://doi.org/10.47134/pjpp.v2i1.3303

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.