Komunikasi Persuasif Pengelola Wisata Dalam Meningkatkan Kepuasan Pengunjung Pada Wisata Candi Bumiayu di Desa Bumiayu

Authors

  • Feni Martiah Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Eni Murdiati Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Muhammad Randicha Hamandia Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.47134/pjpp.v2i2.3889

Keywords:

Komunikasi Persuasif, Kepuasan Pengunjung, Pengelola Wisata

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi persuasif yang digunakan oleh pengelola wisata Candi Bumiayu dalam meningkatkan kepuasan pengunjung. Komunikasi persuasif menjadi faktor penting dalam industri pariwisata karena berperan dalam membentuk persepsi pengunjung, menarik minat, serta menciptakan pengalaman yang lebih menyenangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelola wisata Candi Bumiayu menerapkan berbagai strategi komunikasi persuasif, seperti penyampaian informasi melalui pemandu wisata, penggunaan media sosial sebagai alat promosi, serta interaksi langsung dengan pengunjung. Analisis menggunakan model AIDDA (Attention, Interest, Desire, Decision, Action) menunjukkan bahwa komunikasi persuasif yang dilakukan oleh pengelola mampu menarik perhatian, membangun ketertarikan, serta mendorong keputusan pengunjung untuk berkunjung kembali. Selain itu, teori perubahan sikap menjelaskan bagaimana komunikasi persuasif dapat mengubah pandangan dan kepuasan pengunjung terhadap destinasi wisata. Namun, penelitian ini juga menemukan bahwa meskipun komunikasi persuasif sudah diterapkan dengan baik, faktor lain seperti fasilitas, kebersihan, dan pelayanan masih berperan penting dalam menentukan kepuasan pengunjung. Oleh karena itu, strategi komunikasi yang diterapkan harus diimbangi dengan peningkatan fasilitas dan pelayanan agar kepuasan pengunjung dapat terus meningkat.

References

Albi Anggito & Johan Setiawan. “Metodelogi Penelitian Kualitatif” (CV Jejak, 2018)

Amalia, Haifah Zahra. (2023). Strategi Komunikasi Persuasif Akun Instagram Bincang Jiwa dalam Meningkatkan Pengetahuan Kesehatan Mental Followers. Skripsi, Universitas UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

H Asep Deni. “Metodologi Penelitian Bisnis” (Yayasan Cendikia Mulia Mandiri, 2024)

H. Ardial “Paradigma dan model Penelitiann Komunikasi” (bumi aksara)

Hadi, Muslim. (2020). Komunikasi Persuasif Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemuda dan Olahraga dalam Menciptakan Masyarakat Sadar Wisata di Pulau Rupat Kabupaten Bengkalis. Skripsi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Herlin G. Yudawisastra, dkk “Teori-Teori Perilaku Konsumen” (CV Intelektual Manifes Media, 2024)

Hikmah dkk. (2021). Pemasaran Pariwisata. PT Nasya Expanding Manajement.

Kharimah, Iha Nur. (2024). Peran Komunikasi Persuasif dalam Membina Kedisiplinan Siswa di SMPN 17 OKU Desa Marga Mulya Kabupaten Ogan Komering Ulu. Skripsi, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

Masruroh, Lina. (2020). Komunikasi Persuasif dalam Dakwah Konteks Indonesia. Scopindo Media Pustaka.

Mulyana, Deddy. (2005). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasution, Muhammad Khaliq. (2021). Komunikasi Persuasif CV Sabang Halal Travel dalam Meyakinkan Wisatawan pada Masa Pandemi Covid-19. Skripsi, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

Ningsi, Widya Lestari. (2023). Sejarah Candi Bumiayu di Sumatera Selatan. 2025 https://www.kompas.com/stori/read/2023/05/15/160000579/sejarah-candi-bumiayu-di-sumatera-selatan / diakses pada 17 Desember 2024

Nofrion, “Komunikasi Pendidikan” (Prenada Media Group Penerapan Teori dan Komunikasi dalam Pembelajaran, 2016)

Pratama, Putu Andre Adi Putra kk. (2025). Pengantar Pariwisata di Indonesia. CV. Intelektual Manifes Media.

Pratiwi, Komang Ary dkk. (2024). Pengembangan Model Niat Berkunjung Kembali ke Desa Wisata Buleleng Bali. Sonpedia.com

Rakan Tristan Dirgana “Strategi Komunikasi Persuasif Pemerintah Pada Pelayanan Digital Sadayana Dalam Rangka Penggunaan Informasi di Masyarakat Kota Bandung” Skripsi Mahasiswa FISIP, Universitas Pasundan, 2024

Sulistyastuti, Isna Ayu Arista. (2020). Komunikasi Persuasif Gojek dalam Meningkatkan Minat Pelanggan (Studi Kasus Gojek di Wilayah Ponorogo). Skripsi, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Syandu Siyoto “Dasar Metodelogi Penelitian” (Literasi Media Publishing)

Untung Lasiono dkk “Metode Penelitian Kualitatif” (Cv Mega Press Nusantara 2024)

Downloads

Published

2025-03-25

How to Cite

Feni Martiah, Eni Murdiati, & Muhammad Randicha Hamandia. (2025). Komunikasi Persuasif Pengelola Wisata Dalam Meningkatkan Kepuasan Pengunjung Pada Wisata Candi Bumiayu di Desa Bumiayu. Jurnal Pariwisata Dan Perhotelan, 2(2), 7. https://doi.org/10.47134/pjpp.v2i2.3889

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.