Pengaruh Ulasan Online Terhadap Keputusan Wisatawan dalam Memilih Hotel

Authors

  • Kevlin Ariansyah Universitas Pradita
  • Johann Wahyu Hasmoro Prawiro Universitas Pradita
  • Rendi David Sanjaya Universitas Pradita

DOI:

https://doi.org/10.47134/pjpp.v2i2.3559

Keywords:

Ulasan, Wisatawan, Hotel, Aplikasi Digital, Akomodasi, Tamu

Abstract

Dalam era digital yang semakin berkembang, ulasan online menjadi salah satu faktor penting dalam proses pengambilan keputusan konsumen, terutama dalam sektor pariwisata. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ulasan online terhadap keputusan wisatawan dalam memilih hotel, dengan menggunakan metode kuantitatif. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 32 responden yang memiliki pengalaman memilih hotel berdasarkan ulasan online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Traveloka adalah platform yang paling sering digunakan oleh wisatawan (68,8%), diikuti oleh TripAdvisor, Agoda, dan Google Reviews. Sebagian besar responden (87,5%) sering membaca ulasan sebelum memilih hotel, dan 84,4% menyatakan bahwa ulasan online sangat memengaruhi keputusan mereka. Selain itu, 90,6% responden merasa ulasan yang dibaca sesuai dengan pengalaman nyata mereka saat menginap di hotel. Temuan ini mengungkapkan bahwa ulasan online tidak hanya berfungsi sebagai sumber informasi, tetapi juga menjadi alat penting untuk membangun kepercayaan dan reputasi hotel. Penelitian ini merekomendasikan pengelola hotel untuk memanfaatkan ulasan online sebagai bagian dari strategi pemasaran digital, dengan mendorong tamu untuk memberikan ulasan positif serta memberikan respons profesional terhadap ulasan negatif.

References

Adeninawaty, D. (2018, Agustus 30). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Strategithink Talk Write Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Menulis Teks Ulasan Kelas VIII SMP. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 1. https://www.diglosiaunmul.com/index.php/diglosia/article/view/11/8

Ali, M. M. (2022, 2 27). Metodologi Penelitian Kuantitatif Dan Penerapan Nya Dalam Penelitian. Jurnal Penelitian Ibnu Rusyd, 2. https://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/jpib/article/view/86

Borghi, M. (2024). Asymmetrical Influences of Service Robots’ Perceived Performance on Overall Customer Satisfaction: An Empirical Investigation Leveraging Online Reviews. Journal of Travel Research, 63(5), 1086–1111. https://doi.org/10.1177/00472875231190610

Chirica, E. B. (2023). The influence of culture on sentiments expressed in online reviews of eco-friendly hotels: The case study of Amsterdam. Philosophy of Artificial Intelligence and Its Place in Society, 115–141. https://doi.org/10.4018/978-1-6684-9591-9.ch007

Dahlan, A. (2022). Sentiment Analysis of Airline Ticket and Hotel Booking of Traveloka Using Support Vector Machine. 2022 5th International Seminar on Research of Information Technology and Intelligent Systems, ISRITI 2022, 537–542. https://doi.org/10.1109/ISRITI56927.2022.10052839

Espino-Rodríguez, T. F. (2021). The influence of outsourcing activities on the perception of service quality. An empirical study based on online reviews by hotel customers. Journal of Hospitality and Tourism Technology, 12(4), 689–711. https://doi.org/10.1108/JHTT-03-2020-0064

Ilmiyah, K. (2020, Juni). Pengaruh Ulasan Produk, Kemudahan, Kepercayaan, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee Di MOjokerto. Jurnal Manjamene, 6. https://maker.ac.id/index.php/maker/article/view/143/133

Maharani, D. (2021, May). Penyuluhan Manfaat Menggunakan Internet dan Website Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika, 1. https://www.abdiformatika.org/index.php/home/article/view/130/11

Mariani, M. M. (2023). Do submission devices influence online review ratings differently across different types of platforms? A big data analysis. Technological Forecasting and Social Change, 189. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2022.122296

Marlina, L. (2023, May). Peran Pariwisata Berbasis Industri dalam Pengembangan Bisnis di Indonesia. Jurnal Riset Multidisiplin dan Inovasi Teknologi, 1. https://pdfs.semanticscholar.org/a773/495e3f9c87f4efd750a900534ba0d9591594.pdf

Miyanto. (2015, September). Analisis Dan Perancangan Sistem Reservasi Hotel D’griya Serang. Jurnal Pengembangan Riset dan Observasi Sistem Komputer, 2. https://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/PROSISKO/article/view/109/167

Nugroho, A. (2020). The influence of supply chain strategy in hoteling industry and intention to book hotel Traveloka.com. International Journal of Supply Chain Management, 9(3), 462–471. https://www.scopus.com/inward/record.uri?partnerID=HzOxMe3b&scp=85087825699&origin=inward

Rachmadizal. (2022, Juni 1). Strategi Pemasaran Jasa Pada Hoteldi Era New Normal. Journal Of Research On Business and Tourism, 2. https://journal.lspr.edu/index.php/jrbt/article/view/400/159

Riana. (2022, 11 13). Peningkatan Kemampuan Mengidentifikasi Teks Ulasan Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Scramble. Jurnal Pendidikan, 1. https://www.educativo.marospub.com/index.php/journal/article/view/74

Rahmaningrum, S. A. (2020). Sentiment classification of hotel service review on traveloka sites using naïve bayes classifier (NBC) and binary logistic regression. Journal of Physics: Conference Series, 1490(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1490/1/012065

Saura, J. R. (2023). Online Visitor’s Reviews And Their Influence On Sustainable Tourism Businesses: An Applied Analysis Of User Generated Content. Transformations in Business and Economics, 22(2), 124–143. https://www.scopus.com/inward/record.uri?partnerID=HzOxMe3b&scp=85163606374&origin=inward

Shiffa, N. A. El. (2021). Strategic entrepreneurship for achieving customers repurchase intention amidst pandemic COVID-19 on digital multi-sided platform: A case of Traveloka. Procedia Computer Science, 197, 247–255. https://doi.org/10.1016/j.procs.2021.12.138

Sahara, F. N. A. (2016, Juni 24). Analisis Motivasi Berkunjung Wisatawan Dan Tingkat Pengetahuan Wisatawan Tentang Produk Industri Kreatif Sektor Kerajinan (Studi Pada Wisatawan Domestik Di Kota Batu, Jawa Timur). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya. https://www.neliti.com/publications/87034/analisis-motivasi-berkunjung-wisatawan-dan-tingkat-pengetahuan-wisatawan-tentang

Syahroni, M. I. (2022, September). Prosedur Penelitian Kuantitatif. Jurnal Telkom University, 2. file:///C:/Users/elva/Downloads/4.-muhammad-irfan-syahroni-prosedur-penelitian-kuantitatif.pdf

Zahrulianingdyah, A. (2018, September). Kuliner Sebagai Pendukung Industri Pariwisata Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Teknologi Busana dan Boga, 6. https://journal.unnes.ac.id/nju/teknobuga/article/view/16667/8444

Downloads

Published

2025-01-21

How to Cite

Ariansyah, K., Prawiro, J., & Sanjaya, R. (2025). Pengaruh Ulasan Online Terhadap Keputusan Wisatawan dalam Memilih Hotel. Jurnal Pariwisata Dan Perhotelan, 2(2), 8. https://doi.org/10.47134/pjpp.v2i2.3559

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.