Analisis Pengelolaan Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi Kawasan Wisata Bendungan Karian Di Desa Pasir Tanjung, Rangkasbitung
DOI:
https://doi.org/10.47134/pjpp.v2i1.3309Keywords:
Pariwisata, Pariwisata Keberlanjutan, Media Sosial, InstagramAbstract
Akun Instagram @pokdarwispasirtanjung berperan penting dalam mempromosikan kawasan wisata Bendungan Karian. Namun, pengelolaan media sosial ini masih kurang maksimal, terlihat dari rendahnya kesadaran publik terhadapa keberadaan akun tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran yang diterapkan oleh akun Instagram tersebut, termasuk segmentasi, targeting, dan positioning. Melalui wawancara dengan ketua POKDARWIS Desa Pasir Tanjung, ditemukan bahwa akun ini menargetkan masyarakat Indonesia, terutama kaum milenial yang menyukai wisata alam. Rekomendasi yang diberikan untuk meningkatkan kualitas konten dan memperluas jangkauan promosi agar dapat menarik lebih banyak pengunjung dan meningkatkan brand awareness.
References
Aninom “Kominfo: Pengguna Internet di Indonesia 63 Juta Orang”. kominfo.go.id. Html: https://www.kominfo.go.id/index.php/content/detail/3415/Kominfo+%3A+Pengguna+Internet+di+Indonesia+63+Juta+Orang/0/berita_satker (Diakses pada September 11, 2024)
Annisa, I. S., & Mailani, E. (2023). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Siswa Dalam Pembelajaran Tematik dengan Menggunakan Metode Miles dan Huberman di Kelas IV SD Negeri 060800 Medan.
Anonim “Digital 2024 July Global Statshot Report”. wearesocial.com. Html: https://wearesosial.com/id/blog/2024/07/digital-2024-july-global-statshot-report/ (Diakses pada September 11, 2024)
Anonim “Pariwisata Sumbang Devisa Terbesar Kedua”. kominfo.go.id. Html: https://www.kominfo.go.id/content/detail/11033/pariwisata-sumbang-devisaterbesar-kedua/0/berita (Diakses pada September 11, 2024)
Anonim “Segmentation, Targeting, Positioning (STP) untuk Pemasaran Pendidikan” getcourse.id. Html: https://getcourse.id/insights/segmenting-targeting-positioning#h2 (Diakses pada September 18, 2024)
Anonim “Statistik Kunjungan Wisatawan Berdasarkan Kab/Kota”. Excitingbanten.id. html: https://excitingbanten.id/statistik/2024/1 (Diakses pada Juli 24, 2024)
Fadhallah, R. A. (2021). Wawancara. Jakarta Timur: UNJ PRESS.
Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33-35.
Feroza, C. S. B., & Misnawati, D. (2020). Penggunaan Media Sosial Instagram Pada Akun @yhophii_official Sebagai Media Komunikasi dengan Pelanggan. Jurnal Inovasi, 14(1), 32-41.
Fournawati, S. M., & Mutiarani, W. I. (2019). Efektivitas Instagram Sebagai Media Promosi Pada Produk Hijab dan Outfit Chick Square. Dialektika Komunika: Jurnal Kajian Komunikasi dan Pembangunan Daerah, 7(1), 29-39.
Hansen, S. (2020). Investigasi Teknik Wawancara Dalam Penelitian Kualitatif Manajemen Konstruksi. Jurnal Teknik sipil, 27(3), 283)
Harining, N. L. S., & Suardana, I. K. P (2024). Peran Instagram @explorelombok Dalam Memebntuk Citra Pariwisata Pulau Lombok. Paryataka: Jurnal Pariwisata Budaya dan Keagamaan, 2(2), 249-258
Ichsan, R. N., Laratmase, P., Novedliani, R., Utami, E. Y., & Mahmudin, T. (2024). Digitalisasi Destinasi Sebagai Strategi Pengembangan Promosi Pariwisata di Indonesia. Jurnal Ilmiah Edunomika, 8(2).
Kurniasari, K. K., Widanti, E. M., & Hidayah, A. N. (2024). Literature Review: Pengaruh Media Sosial Terhadap Industri Pariwisata Dari Perspektif Destinasi dan Wisatawan. Indonesia Journal of Tourism Business and Entrepreneurship, 1(1), 71-82.
Kusmiati, Y. (2020). Promosi Pariwisata Sebagai Salah Satu Komunikasi Pemerintah Kota Pagaralam Sumatera Selatan.
Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive dan Snowball Sampling. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33-39.
Maulana, R., Dewi, S. F., &n Syaifulloh, M. (2024). Efektivitas Promosi Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan di Agrowisata Kebun Teh Pagilaran Batang. Journal of Management and Digital Business, 4(1), 132-142
Mistriani, N. (2020). Strategi Pengembangan Daya Tarik Wisata Alam Puri Mataram Sebagai Daerah Tujuan Wisata di Kabupaten Sleman Yogyakarta. Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata, 16(1), 13-24.
Mustika, E. M., Parawangi, A., & Sudarmi, S. (2021). Pengembangan Objek Wisata Pantai Lemo Di Kecamatan Burau Kabupaten Luwu Timur. Kajian Ilmiah Mahasiswa Administrasi Publik (KIMAP), 2(5), 1722-1733.
Pontonuwu, N. E., Masinambow, V. A., & Niode, A. O. (2024). Pengaruh Kunjungan Wisatawan Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Melalui Kesempatan Kerja di Kota Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 24(2), 121-132.
Riani, N. K. (2021). Pariwisata adalah Pisau Bermata 2. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(5), 1469-1474.
Santoso, B. (2020). Pengelolaan Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi Wisata Di Kecamatan Solo Boyolali (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Admin Akun @ explore.selo). Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Subagio, V. A. (2024). Strategi Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital Pada Kedai Loeang Kopi Surabaya. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 6(3), 363-373.
Sustrisno, A. P., & Mayangsari, I. D. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram @ Humasbdg Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers. Jurnal Common, 5(2), 118-133.
Tsani, V. N. S. (2022). Penggunaan Media Sosial Instagram @ Mucevher.co Dalam Mempromosikan Aksesoris Fashion Jewelry untuk Meningkatkan Daya Beli Konsumen. Doctoral Dissertation, UIN Sultan Syarif Kasim Riau.
Umardi, R. I., & Ade Yuliar, M. M. (2022). Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Promosi Wisata Taman Balekambang Surakarta. Diss. UIN Raden Mas Said, 2022.
Waruwu, D. K., & Octafian, R. (2024). Inovasi Promosi Wisata Kampung Pelangi: Keterlibatan Masyarakat dan Penggunaan Media Sosial. Jurnal Pariwisata, 11(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Gisela Olga Kurniawan, Johann Wahyu Hasmoro Prawiro

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.