Peran Media Sosial dalam Meningkatkan Brand Awareness Kafe Cangopi
DOI:
https://doi.org/10.47134/pjpp.v2i2.3500Keywords:
Media Sosial, Brand Awareness, Coffe ShopAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran media sosial dalam meningkatkan brand awareness Kafe Cangopi, yang terletak di Summarecon Digital Center, Gading Serpong, Kabupaten Tangerang. Dalam era digital, media sosial telah menjadi alat pemasaran yang efektif untuk membangun citra merek dan memperkenalkan produk kepada konsumen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan penyebaran kuesioner kepada responden yang terdiri dari pelanggan yang telah maupun belum mengunjungi Kafe Cangopi. Data dikumpulkan pada 13 Desember 2024 dan dianalisis untuk mengevaluasi sejauh mana media sosial memengaruhi brand awareness kafe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konten promosi atau diskon menjadi daya tarik utama bagi audiens, diikuti oleh foto dan video produk yang menarik perhatian pelanggan. Media sosial Kafe Cangopi terbukti memiliki pengaruh yang signifikan terhadap brand awareness dan membantu konsumen mengenal lebih jauh tentang produk serta merek kafe. Penelitian ini juga menemukan bahwa peningkatan kreativitas dalam pembuatan konten dan pengoptimalan promosi melalui platform TikTok menjadi saran utama dari responden.
References
Adi Prayogo. (2023, 1 24). Pengaruh Brand Image, Viral Marketing dan Brand Awareness Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Ilmu Multidisiplin, 1. https://greenpub.org/JIM/article/view/116
Aljarah, A. (2024). In AI, we do not trust! The nexus between awareness of falsity in AI-generated CSR ads and online brand engagement. Internet Research, ISSN 1066-2243, https://doi.org/10.1108/INTR-12-2023-1156
Chica Awaliyah. (2021). Media Sosial Mempengaruhi Integrasi Bangsa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5. file:///C:/Users/elva/Downloads/astuti,+329.+Chica+Awaliyah7868-7874.pdf
Ghieska Maharani. (2023, 11 18). Systematic Literature Review: Kebijakan Digital Marketing dalam Meningkatkan Brand Awareness. Jurnal Ilmiah Manajemen Ekonomi Dan Akuntansi, 1. https://jurnalistiqomah.org/index.php/jimea/article/view/84
Kurniawan, Y. (2021). Analysis of digital marketing activities on instagram social media with coffee shop business objects in indonesia. Proceedings of 2021 International Conference on Information Management and Technology, ICIMTech 2021, 584-589, https://doi.org/10.1109/ICIMTech53080.2021.9534942
Lee, H.J. (2022). A Study on the Effect of Customer Habits on Revisit Intention Focusing on Franchise Coffee Shops. Information (Switzerland), 13(2), ISSN 2078-2489, https://doi.org/10.3390/info13020086
Nazmabadi, K. (2024). The chain coffee shop brand equity and the differences of the consumer segments’ responses to its dimensions based on their brand usage frequency. Journal of Foodservice Business Research, 27(5), 601-631, ISSN 1537-8020, https://doi.org/10.1080/15378020.2022.2109373
Purbohastuti, A. W. (2017, Oktober). EFEKTIVITAS MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI. Jurnal Tirtayasa Ekonomika, 12. file:///C:/Users/elva/Downloads/4456-10407-1-SM%20(1).pdf
Putithanarak, N. (2022). Predicting Consumers’ Repurchase Intention of Ready-to-Drink Coffee: A Supply Chain from Thai Producers to Retailers. Journal of Distribution Science, 20(5), 105-117, ISSN 1738-3110, https://doi.org/10.15722/jds.20.05.202205.105
Rino Yuda. (2022, 6 30). PERANCANGAN MASKOT ISBI ACEH SEBAGAI UPAYA PENGUATANBRAND AWARENESS. Jurnal Seni Rupa. http://103.242.233.34/index.php/gorga/article/view/29315/18743
Rofik Satria. (2021, 9 29). Pengaruh Digital Marketing dan Brand Awarenessterhadap Penjualan Produk KartuAS Telkomsel CabangPalembang. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 2. https://journal.jis-institute.org/index.php/jnmpsdm/article/view/361
Soedarsono, D.K. (2020). Managing digital marketing communication of coffee shop using instagram. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 14(5), 108-118, ISSN 1865-7923, https://doi.org/10.3991/IJIM.V14I05.13351
Song, H.J. (2024). Brand Management and the Public and Patron’s Behaviors in the Foodservice Industry: A Comparison between Name-brand Coffee Shops and Family Restaurants. Journal of Quality Assurance in Hospitality and Tourism, 25(3), 467-486, ISSN 1528-008X, https://doi.org/10.1080/1528008X.2022.2135056
Tournois, L. (2020). The extremes of franchising in a post-communist country. Journal of Business Strategy, 41(3), 3-10, ISSN 0275-6668, https://doi.org/10.1108/JBS-01-2019-0022
Widada, C. K. (2018, 1 9). MENGAMBIL MANFAAT MEDIA SOSIAL DALAM PENGEMBANGAN LAYANAN. Journal of Documentation and Information. file:///C:/Users/elva/Downloads/130-446-1-PB.pdf
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Wildan, Johann Wahyu Hasmoro Prawiro, Rendi David Sanjaya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.