Strategi Pemasaran Pantai Grand Watu Dodol Banyuwangi Terhadap Tingkat Kunjungan Wisatawan
DOI:
https://doi.org/10.47134/pjpp.v2i1.3385Keywords:
Strategi Pemasaran, Kunjungan Wisatawan, Grand Watu DodolAbstract
Tujuan dari penelitian dimaksudkan untuk mengevaluasi strategi pemasaran Pantai Grand Watu Dodol Banyuwangi dalam menarik jumlah kunjungan wisatawan. Peneliti menggunakan Accidental Sampling dalam mengambil sampel, dan wawancara terstruktur bersama pengelola objek wisata. Peneliti menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan analisis SWOT. Hasil analisis SWOT menunjukkan bahwa Strategi SO mencakup Peningkatan mutu sumber daya manusia di bidang pariwisata, pengembangan sarana promosi yang efektif, penyelenggaraan festival tahunan, serta pelestarian dan pengembangan potensi fisik yang ada. Strategi WO mencakup peningkatan kesadaran tentang kebersihan, penataan ulang area parkir dan artshop, pemanfaatan media audio-visual untuk komunikasi, edukasi, dan hiburan, serta distribusi brosur di lokasi-lokasi strategis seperti hotel, agen perjalanan, dan bandara. Strategi ST berfokus pada kerja sama dengan lembaga yang mengawasi lalu lintas dan pengelolaan limbah industri, pemeliharaan keindahan pantai, serta pembentukan tata tertib bagi pengunjung. Sedangkan strategi WT bertujuan untuk memperbaiki sarana promosi, meningkatkan kebersihan dan pelestarian pantai, serta mengadakan pelatihan dan pembinaan dalam bidang pariwisata.
References
Assauri, Sofian. 1998. Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep & Strategi. Jakarta : Rajawali Pers.
Fandeli, Chafid. 1995. Dasar-Dasar Manajemen Kepariwisataan Alam. Yogyakarta: Liberty.
Gorda, I. G. N.1994. Metode Penelitian Ilmu Sosial Ekonomi. Denpasar : Pt. Widya Kriya Gematama.
Kotler, Philip. 1994. Marketing, Cetakan Kelima. Jakarta : Erlangga.
Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: PT Salemba Embat Patria.
Malcom (Penerjemah Damos Sihombing).1999. Kiat Mencapai Pertumbuhan Dan Profitabilitas Melalui Perencanaan Pemasaran Yang Efektif. Jakarta: Erlangga
Mill, Robert Chistie. 1996. Tourism The International Business Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Rangkuti, Freddy. 2001. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Soekadijo. R. G. 2000. Anatomi Pariwisata. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Umum.
Surya, IB Kt. “Pemasaran Pariwisata” (Diktat Pemasaran). Denpasar: Program Studi Pariwisata Universitas Udayana.
Swastha, Basu dan Irawan. 1997. Manajemen Pemasaran Modern. Edisi kelima,Yogyakarta: Liberty.
Tjiptono, Fandi. 2001. “Strategi Pemasaran”. Edisi kedua, Yogyakarta: Andi
Wahab, Salah. 1997. Pemasaran Pariwisata. Jakarta: Pt. Pradnya Paramitha.
Yoeti, Oka. 1996. Pemasaran Pariwisata, Bandung: Angkasa Bandung.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hadi Jatmiko, Syah Riza Octavy Sandy

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.