Analisis Komunikasi Humas Polda Sumsel dalam Meningkatkan Citra Positif Kepolisian Daerah Sumatera Selatan Melalui Instagram @polisi_sumsel
DOI:
https://doi.org/10.47134/jbkd.v1i3.2488Keywords:
Komunikasi Humas, Citra Positif, InstagramAbstract
Dalam konteks dinamika media sosial dan pelayanan publik, penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif deskriptif untuk menggali strategi komunikasi yang digunakan, jenis konten yang disajikan, interaksi dengan pengikut, dan dampak positif yang dihasilkan oleh kegiatan komunikasi tersebut. Melalui analisis yang mendalam, temuan penelitian menunjukkan bahwa frekuensi unggahan yang tinggi, konten yang relevan dengan kebutuhan dan minat pengikut, serta responsifitas yang baik terhadap respon pengguna menjadi faktor utama dalam pembentukan citra positif. Namun, penelitian juga mengidentifikasi tantangan seperti keterbatasan sumber daya dan potensi dampak negatif dari krisis atau kejadian buruk yang perlu diperhatikan dalam pengelolaan strategi komunikasi ke depan. Hasil penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang pentingnya manajemen yang efektif dan responsif terhadap dinamika media sosial dalam konteks pelayanan publik dan membangun hubungan yang positif dengan masyarakat. Kesimpulan dari penelitian ini memberikan landasan yang kokoh bagi pengembangan strategi komunikasi yang lebih efektif dan berkelanjutan bagi Humas Polda Sumsel, serta memberikan sumbangan bagi literatur tentang hubungan antara komunikasi organisasi, media sosial, dan citra institusi publik
References
———, Pengantar Ilmu Komunikasi. (Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2020)
Aisy, Rihhadatul dan Yoedtad, Moehammad Gafar i, ‘Peran Bidhumas Polda Metro Jaya Dalam Membanggun Citra Positif Polisi Melalui Media Sosial Instagram”, Jurnal Untar. Ac. Id, Vol. 1, No. 2 (2022), DOI: https://doi.org/10.24912/ki.v1i1.15723
Al Habib, D. R., & Suratman, B. (2018). ‘Peran Humas Dalam Meningkatkan Citra Positif Pada Lembaga Pemerintahan Dprd Kabupaten Nganjuk’, Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), Vol. 06 No. 02, (2018)
Anggoro, M. Linggar. Teori dan Profesi Kehumasan. (Jakarta: Bumi Aksara. 2008)
Apriananta, Y. J., Wijaya, L. S., & Diponegoro, J. Pengunaan Website Dan Media Sosial Dalam Membangun Citra Positif Perguruan Tinggi. (Diponegoro: Universitas Kristen Satya Wacana, 2018) DOI: https://doi.org/10.33508/jk.v7i2.1750
Ardianto Elvinaro, Komala Lukiati, Karlinah Siti, Komunikasi Massa. (Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2019)
Balqis, Y., Purnomo, A., Sadono, T. P., Made, N., Pratiwi, I., & Komunikasi, I. ‘Strategi komunikasi Humas Polda Jatim Dalam Meninggkatkan Citra Lembaga Kepolisian’, Jurnal Penelitiaaan Komunikasi, Vol. 2 No. 04, (2022),
Cangara, Hafied, Pengantar Ilmu Komunikasi (Depok: Rajawali Pers, 2019)
Fadhilah, Fauzi dan Yulianita, Neni, ‘Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Sarana InformasiDinas Sumber Daya Air Dan Bina Marga Kota Bandung’, Jurnal Communication Management, Vol. 3. No. 2. (2023) DOI: https://doi.org/10.29313/bcscm.v3i2.8994
Farida, Siti, ‘Strategi Hubungan Masyarakat (Humas) Dalam Meningkatkan Citra Publik Lembaga Pendidikan Pada Masa Pandemic Covid -19’, Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam Vol. 7, No. 2 (2020),
Fauzan, Ahmad, Tinjauan Pelaksanaan Perkerjaan Struktur Tangga Pada Proyek Pembangunanan Gedung Mapolda Sumatera Selatan’, Skripsi, (Palembang: Teknik Sipil, 2020)
Fitria Nita. ‘Instagram: Media Dalam Berprasangkah’, Jurnal Bimbingan dan Konseling”, Vol.1. No.1 (2019) DOI: https://doi.org/10.32585/advice.v1i1.290
Hamim, Mardiana Wike, Widiyanto Kendry, Strategi Komunikasi Public Relations Dinas Komunikasi Dan Informatika Provinsi Jawa Timur Untuk Meningkatkan Citra Di Mata Publik. Surabaya: Published. (2018). DOI: https://doi.org/10.30996/.v3i02.1415
Hermanto. M. Sistem Proses Administasi Terhadap Pemberian Informasi Public Pada Staf Bidang Humas Polda Sumatra Selatan. Skripsi, (Palembang: Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Stia Satya Negara, 2012)
Karsadi, Metodologi Penelitian Kualitatif. (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2022)
Lestari, H., & Nurhajati, L. ‘Strategi Publik Relations Untuk Menciptakan Minat Pengunjung Ke Galeri Indonesia Kaya’. Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. 7 No.1, (2019)
Lusiana, E. Strategi Humas Polres Karanganyar Dalam Mempertahankan Citra Positif di Bidang Pelayanan Masyarakat. Skripsi, (Surakarta: Dakwa Dan Komunikasi,2023),
Muhtadi, Burhanuddin, ‘Survei Indikator Politik, Kepercayaan Masyarakat Indonesia Terhadap Kepolisian Republik Indonesia’ November 19, 2023, <https://humas.polri.go.id/2023/11/7/survei-indikator-politika-835-masyarakat-yakin-polri-netral-dalam-pemilu/> [Diakses Tanggal 8 Januari 2024]
Munthe Tama Widya Reiza, Strategi Media Relations Humas Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Selatan Dalam Menangani Pemberitaan Aksi Unjuk Rasa Kasus Penolakan Rancangan Undang Undang Cipta Kerja Tahun 2020. Skripsi, (Palembang: Ilmu Komunikasi, 2021)
Ngalimun, Ilmu Komunikasi (Yogyakarta: Pustaka Baru Press, 2021)
Pemadi, D., & Habibullah, A. ‘Strategi Komunikasi Humas Bnn Dalam Memberikan Informasi Kepada Publik’. Jurnal Pustaka Komunikasi, Vol. 55, No. 1, (2022) DOI: https://doi.org/10.32509/pustakom.v5i1.1901
Purwo, R. H. S., & Puspasari, D. ‘Peran Humas Dalam Meningkatkan Citra Positif Pada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Timur’, Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), Vol. 8, No. 3, (2020), DOI: https://doi.org/10.26740/jpap.v8n3.p458-467
Rahman Muhammad Fajrur. Strategi Humas Dalam Upaya Membangun Citra Positif Studi Deskriptif Kualitatif Pada Humas Polda Sumatera Selatan. Skripsi (Yogyakarta: Universitas Islam Negri Yogyakarta, 2023)
Rassi, dan Wigati, Sifera Trie, ‘Strategi Humas Polda NTT Dalam Mempublikasikan Informasi Kepada Masyarakat Melalui Media; Jurnal Politikom Indonesia, Vol 1(1), No 4. (2022)
Roudhonah, Ilmu Komunikasi (Depok: Rajawali Pers, 2019)
Ruliana. P. Lestari. P. Teori Komunikasi (Depok: Rajagrafindo Persada, 2019)
Sarifudin, B., Febrianto, R., Firmansyah, D., & Claretta, D. ‘Analisis Strategi Humas Polrestabes Surabaya Dalam Mempertahankan Citra Kepolisian’, Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial (JKOMDIS), Vol. 2 No. 3, (2022), DOI: https://doi.org/10.47233/jkomdis.v2i2.336
Satlita, L. ‘Aktivitas Public Relation Dalam Rangka Membina Hubungan Baik Dengan Media Massa’. Efisiensi: Kajian Ilmu Administrasi, Vol. III No. 1, (2015) DOI: https://doi.org/10.21831/efisiensi.v3i1.3791
Silfia, I. Model Komunikasi Humas Polda Riau Dalam Membangun Komunikasi Eksternal Mengunakan Media Sosial Di Instagram. Skripsi, (Riau: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, 2020),
Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif (Bandung: Alfabeta, 2018)
Surijah Adrianta Edwin, Kirana Tesya Cokorda, Wahyuni Dian Juliana Puru Ni, Yudi Chrisna putu, Astini Budi Komang Ni, Membedah Instagram: Analisis Isi Media Sosial Pariwisata Bali, (Bali: Psikolog, 2017)
Suteja, I. G. N ‘Analisis Kinerja Keuangan dengan Metode Altman Z- Score Pada PT Ace Hardware Indonesia Tbk’, Jurnal Akuntansi dan Keuangan, Vol. V No. 1, (2018),
Tianingrum, Risna dan Sopiany Nurus Hanifah, ‘Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar’, Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan (2017)
Wilinny, Chrissyca Halim, Sutarno, Ngajudin Nugroho, Fauzi Akbar Maulana Hutabarat. ‘Analisis Komunikasi di PT. Asuransi Buana Independent Medan’, Jurnal Ilmiah Simantek, Vol.3 No.1, (2019)