Analisis Desain Komunikasi Visual Karakter Jing Yuan dalam Game Honkai Star Rail

Authors

  • Maurinsa Maharani Universitas Islam Negeri Raden Fatah, Palembang
  • Suryati Suryati Universitas Islam Negeri Raden Fatah, Palembang
  • Manalullaili Manalullaili Universitas Islam Negeri Raden Fatah, Palembang

DOI:

https://doi.org/10.47134/jbkd.v1i2.2281

Keywords:

Desain Karakter, Komunikasi Visual, Game

Abstract

Pokok permasalahan penelitian ini adalah untuk mencari tahu bagaimana hasil analisis desain karakter Jing Yuan dari game Honkai Star Rail. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendalami aspek desain komunikasi visual karakter yang memiliki popularitas tinggi dalam suatu video game yang juga diminati secara luas. Sehubung Honkai Star Rail merupakan game rilisan terbaru dari game developer MiHoYo pada tahun 2023 dan menjadi populer di kalangan penggemar video game RPG (roleplaying game), serta karakter rilisannya yaitu Jing Yuan yang sampai sempat merusak platform top up Honkai Star Rail China karena kepopulerannya di kalangan penggemar, maka dipilihlah karakter game ini menjadi objek dari penelitian ini. Dalam penelitian ini, digunakan pendekatan kualitatif di mana desain karakter dianalisis secara mendalam melalui penerapan metode Manga Matrix. Selain itu, desain karakter juga ditelaah dengan menggunakan Teori Gestalt (Prinsip Visual) dan Model Komunikasi Harold D. Laswell guna untuk mengetahui keefektifan penyampaian pesan dari desain karakter tersebut. Hasil utama dari penelitian ini menyoroti bahwasanya desain yang dapat dengan mudah dipahami oleh pemain, tidak hanya memperoleh tanggapan positif dari para audiensnya, tetapi juga mampu menyampaikan pesan komunikasi secara efektif. Melalui penelitian ini, didapati pemahaman akan bagaimana perancangan karakter video game RPG yang diminati oleh para pemain game khususnya video game RPG dan menelaah bentuk penyampaian pesan komunikasi yang efisien melalui desain komunikasi visual. Kesimpulan akhir dari penelitian ini, pentingnya menerapkan desain komunikasi visual yang baik menjadi kritis untuk kelancaran penyampaian informasi, dalam konteks desain komunikasi visual.

References

Agung, L. dan Wiwaha, L. 2022. “Preliminary Study into Genshin’s Impact’s Aesthetics: The Sustainability of Visual Culture Through The Design Character. Sustainable Development in Creative Industries: Embracing Digital Culture for Humanities.” 2022. DOI: https://doi.org/10.1201/9781003372486-21

Alvini, T. dan Guntur, T. "Perancangan Karakter Antropomorfik Eka Dasa Rudra sebagai Media Pengenalan Folklor Bali." Visual Communication Design, vol. 3, no. 1, 2014.

Amalia, E. 2023. Newzoo: Industri Game Global Masih Tumbuh di 2023, Segmen Konsol Jadi Kunci, diakses pada tanggal 8 September 2023 dari https://hybrid.co.id/post/newzoo-industri-game-global-masih-tumbuh-di-2023-segmen-konsol-jadi-kunci/

Dahman, D. 2021. Persepsi Visual (Prinsip Gestalt), diakses pada tanggal 24 November 2023 dari https://medium.com/sysinfo/persepsi-visual-prinsip-gestalt-ceaa75b7d934

Fatmawati, N. 2021. Berkomunikasi Secara Efektif, Ciri Pribadi yang Berintegritas Dan Penuh Semangat, diakses pada tanggal 9

Oktober 2023 dari https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-semarang/baca-artikel/13988/Berkomunikasi-Secara-Efektif-Ciri-Pribadi-yang-Berintegritas-Dan-Penuh-Semangat.html

Hafiz Alfajri. Analisis Harimau Gemuk Dalam Karya Graffiti Indombrain Sebagai Media Komunikasi Visual. Skripsi S1 UIN Raden Fatah Palembang.

Honkai Star Rail Team. 2023. 崩坏星穹铁道, diakses pada tanggal 29 Juni 2023 dari https://weibo.com/u/7643376782/

Imam Akbar. Analisis Desain Visual Mobile Legends Bang Bang Terhadap Gamer. Skripsi S1 UIN Raden Fatah Palembang.

Kemenparekraf. 2020. Potensi Desain Komunikasi Visual Bagi Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi di Era Digital, diakses pada tanggal 8 September 2023 dari https://www.kemenparekraf.go.id/ragam-ekonomi- kreatif/Potensi-Desain-Komunikasi-Visual-Bagi-Peningkatan-Pertumbuhan-Ekonomi-di-Era-Digital/

Li, P., Rao, S. dan Wu, J. “Why They Enjoy Virtual Game Worlds? An Empirical Investigation.” Journal of Electronic Commerce Research, vol. 9, no. 3, 2008.

Maimunah, M. Sunarya, L. dan Larasati, N. “Media Company Profile Sebagai Sarana Penunjang Informasi dan Promosi” CCIT (Creative Communication and Innovative Technology) Journal. Vol. 5, No. 3, 2012. DOI: https://doi.org/10.33050/ccit.v5i3.155

Moleong, L. (1990). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Rosdakarya.

Muhadjir, N. (1990). Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasin.

Niket, M. Suparna, D. dan Asit, B. "Video Games to Convey Serious Messages – A Study Using Food Force 2 Game." KIET International Journal of Communications & Electronics, vol. 3, no. 2, 2013.

Novica, D. dan Hidayat, I. “Kajian Visual Desain Karakter Pada Maskot Kota Malang.” Journal of Art, Design, Art Education and Culture Studies (JADECS). Vol. 3, No. 2, 2018. DOI: https://doi.org/10.17977/um037v3i2p52-58

Nugrahani, F. dan Hum, M. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Solo: Cakra Books.

Playerauctions. 2023. Honkai Star Rail Player Count (Estimated) – Game Popularity Based on Google Trends, diakses pada tanggal 29 Juni 2023 dari https://www.playerauctions.com/player-count/honkai-star-rail/

Prasetya, X. dan Anggapuspa, M. 2022. “Analisis Visual Desain Karakter Xiao dalam Game Genshin Impact.” BARIK. Vol. 4, No. 2. 2022.

Putra, R. (2021) Penghantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Redaksi Curup Ekspres. 2023. Komunikasi Visual: Pengertian, Jenis, dan Pentingnya dalam Era Digital, diakses pada tanggal 30 Juni 2023 dari https://curupekspress.disway.id/read/045647759/komunikasi-visual-pengertian-jenis-dan-pentingnya-dalam-era-digital/

Stephenson, C. 2023. Honkai Star Rail Players Break the Payment System After New Banner, diakses pada tanggal 29 Juni 2023 dari https://www.dexerto.com/honkai-star-rail/honkai-star-rail-players-broke-payment-system-jing-yuan-2148110/

Suyanto, M. (2004). Aplikasi Desain Grafis untuk Periklanan Dilengkapi Sampel Iklan Terbaik Kelas Dunia. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Thabroni, G. 2022. Pengertian Desain (Lengkap) berdasarkan Pendapat Para Ahli, diakses pada tanggal 4 September 2023 dari https://serupa.id/pengertian-desain/

Tsukamoto, Hiroyoshi. (2006). Manga Matrix. New York: Harper Collins Publisher.

Tyagi, D. dan Murfianti, F. “Analisis Visual Karakter Sri Asih Celestial Goddess dengan Teori Manga Matrix.” SANGGITARUPA Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Seni Indonesia Surakarta. Vol. 1, No. 2. 2021. DOI: https://doi.org/10.33153/sanggitarupa.v1i2.4169

Y, Eva. (2020). Buku Ajar Metode Desain Desain Komunikasi Visual (DKV). Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Yin, R. (2000) Case Study Research: Design and Methods. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2024-02-28

How to Cite

Maharani, M., Suryati, S., & Manalullaili, M. (2024). Analisis Desain Komunikasi Visual Karakter Jing Yuan dalam Game Honkai Star Rail. Jurnal Bisnis Dan Komunikasi Digital, 1(2), 13. https://doi.org/10.47134/jbkd.v1i2.2281

Issue

Section

Articles