Peran Media Sosial Melalui Aplikasi Youtube dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa SMP Sriwijaya Palembang

Authors

  • Qouliyah Balqis Universitas Islam Negeri Raden Fatah
  • Suryati Suryati Universitas Islam Negeri Raden Fatah
  • Manalullaili Manalullaili Universitas Islam Negeri Raden Fatah

DOI:

https://doi.org/10.47134/jbkd.v1i2.2301

Keywords:

Media Sosial, Youtube, Komunikasi Interpersonal

Abstract

Penelitian ini berjudul Peran Media Sosial Melalui Aplikasi Youtube dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa SMP Sriwijaya Palembang. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Sriwijaya Palembang. Untuk objek penelitian yaitu Siswa kelas 8 SMP Sriwijaya Palembang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penggunaan Youtube pada kalangan siswa dalam membantu meningkatkan komunikasi interpersonal mereka dan seperti apa hubungan komunikasi interpersonal siswa di era media sosial sekarang. Adapaun permasalah yang diangkat adalah Bagaimana media sosial melalui aplikasi Youtube dalam meningkatkan Komunikasi Interpersonal pada Siswa Kelas 8 SMP Sriwijaya Palembang. Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif, adapun teknik pengumpulan datanya selama proses penelitian menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Youtube menjadi wadah pembelajaran bagi siswa dalam menguatkan komunikasi interpersonal diantara mereka. Dengan berbagai video yang menarik, youtube membantu siswa SMP Sriwijaya Palembang memberikan ide-ide baru untuk dilakukan yang kemudian menjadikan siswa tertarik untuk mencoba dengan temannya. Hal ini membuat komunikasi interpersonal siswa yaitu interaksi yang terjadi secara tatap muka pada siswa selalu terjaga. 2) Komunikasi interpersonal (antarpribadi) siswa SMP Sriwijaya Palembang berjalan cukup efektif. Siswa memiliki respons yang baik dalam melakukan komunikasi tatap muka, tidak menjadi hal yang sulit untuk mereka mengungkapkan apa yang mereka rasakan dan mereka miliki untuk dibagikan kepada temannya, sebagai bagian dari aktivitas komunikasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa Youtube dapat membantu siswa dalam mengembangkan ide-ide baru dalam melakukan aktivitas komunikasi diantara siswa dan juga komunikasi interpersonal diantara siswa SMP Sriwijaya Palembang berjalan dengan efektif dalam kegiatan sehari-harinya.

References

Abdussamad, Zuchri. 2021. Metode Penelitian Kualitatif, Makassar: Syakir Media Press. DOI: https://doi.org/10.31219/osf.io/juwxn

Abidin, Syahrul. 2022. Komunikasi Antar Pribadi, Malang: Literasi Nusantara Abadi Group. DOI: https://doi.org/10.31219/osf.io/c5jx9

Aji, Wisnu Purnomo. Dampak Media Sosial Terhadap Komunikasi Interpersonal Orang Tua dan Anak di Desa Saptomulyo Kecamatan Kabupaten Lampung Tengah, Lampung Tengah, 2021.

Alim, Imam Shadiq. Peran Media Sosial di Masa Pandemi Covid-19 dalam MeningkatkanMinat Belajar Mahasiswa IAIN Palopo, Palopo, 2021.

Aw, Suranto. 2011. Komunikasi Interpersonal, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Baba, Mastang Ambo. 2017. Ananlisis Data Penelitian Kualitatif, Makassar: Aksarsa Timur.

Cangara, Hafied. 2019. Pengantar Ilmu Komunikasi, Depok: Rajawali Pers.

Danuri, Muhammad. 2019. Perkembangan dan Transformasi Teknologi Digital”, No.2, hal 118.

Dwikoni, Dini. 2022. “Peran Remaja Masjid Darul Ulum dalam Meningkatkan.

Fahrudin Yusuf, Muhamad. 2021. Pengantar Ilmu Komunikasi, Yogyakarta: Griya Larasati.

Faiqah, Fatty. (2016). Youtube Sebagai Sarana Komunikasi Bagi Komunitas Makassarvidgram, Jurnal Komunikasi KAREBA, 5(2), hal 259.

Fauzi, Ahmad, et.all. 2022, Metodelogi Penelitian, Purwokerto: CV. Pena Persada.

Hadi, Abd, Asrori, Rusman. 2021. Penelitian Kualitatif (Studi Fenomenologi, Case Study, Grounded Theory, Etnografi, Biografi), Purwokerto Selatan: Pena Persada.

Hasan, Muhammad, et.all. 2022. Metode Penelitian Kualitatif, Makassar: Tahta Media Group.

Hidayat, Rahmat. 2020. “Dunia dan Din (Agama) di Tengah Arus Globalisasi”,5(1), hal 36. DOI: https://doi.org/10.19109/jsa.v4i1.6160

Jalil, Abdul. Peranan Media Sosial dalam Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Qur'an Hadis Kelas VIII MTS Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa, Gowa, 2021. DOI: https://doi.org/10.24252/ip.v10i2.25613

Kusuma, Irlandia. Efek Penggunaan Facebook Komunikasi Interpersonal, Bengkulu, 2020.

Mahardika, Bagus Tri. 2020. “Perancangan Sistem Informasi Managemant Siswa Berprestasi Berbasis Android Pada SMK Rawalumbu”, 10(2), hal 31.

Mamik. 2015. Metodologi Kualitatif, Surabaya: Zifatama Publisher.

Mastanora, Rafika. 2018. “Dampak Tontonan Video Youtube Pada Perkembangan Kreativitas Anak Usia Dini”, AULADA: Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak, 1(2), hal 50.

Nasrullah, Rulli. 2017. Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi, Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Nasution. 1996. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif, Bandung: Tarsito.

Noor, Zulki Zulkifli. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, Yogyakarta: DeePublish.

Partisipasi Kegiatan Keagamaan Generasi Milenial Melalui Komunikasi Interpersonal di Dusun Congkop Desa Keboan Sikep Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo”, Skripsi Komunikasi Penyiaran Islam. (Jember: UIN Kiai Haji Achmad Siddiq, 2022).

Putri, Wilga Secsio Ratsja. “Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Remaja”, 3(2), hal 48. DOI: https://doi.org/10.24198/jppm.v3i1.13625

Raco, J. R. 2010. Metode Penelitian Kualitatif (Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannya), Jakarta: Grasindo.

Rahayu, Puji.2019. “Pengaru Era Digital Terhadap Perkembangan Bahasa Anak”, No.2, hal 48. DOI: https://doi.org/10.32332/al-fathin.v2i2.1423

Riduan dan Akdon. 2010. Rumus dan Data dalam Analisis Statistika, Bandung: Alfabeta.

Rosdiana. Efektifitas Pengguna Media Sosial Twitter dalam Membangun Hubungan Komunikasi Interpersonal Dimasa Pandemi Covid-19, Makassar, 2021.

Sari, Astari Clara. 2018. “Komunikasi dan Media Sosial”, Universitas Muslim Indonesia, hal 6.

Sarmiati, Elva Ronaning Roem. 2019. Komunikasi Interpersonal, Malang: CV IRDH.

Situmeang, Ilona` Vicenovie Oisina. 2020. Media Konvensional dan Media Online, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Siyoto, Sandu. 2015. Dasar Metodologi Penelitian, Yogyakarta: Literasi Media Publishing

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D), Bandung: CV ALFA BETA.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Suryana, Emis. 2022. Perkembangan Remaja Awal, Menengah dan Implikasinya Terhadap Pendidikan”, Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3), (Agustus 2022), hal 3. DOI: https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3494

Syamsuddin, Naidin, et.all. 2023. Dasar-Dasar Metode Penelitian Kualitatif, Lombok Tengah: Yayasan Hmjah Diha.

Downloads

Published

2024-03-04

How to Cite

Balqis, Q., Suryati, S., & Manalullaili, M. (2024). Peran Media Sosial Melalui Aplikasi Youtube dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa SMP Sriwijaya Palembang. Jurnal Bisnis Dan Komunikasi Digital, 1(2), 10. https://doi.org/10.47134/jbkd.v1i2.2301

Issue

Section

Articles