Komunikasi Massa pada Media RRI Palembang dalam Eksistensi Media Online (RRI.CO.ID)

Authors

  • Zulkifli Hidayat Universitas Islam Negeri Raden Fatah
  • Fifi Hasmawati Universitas Islam Negeri Raden Fatah
  • Muhammad Randicha Hamandia Universitas Islam Negeri Raden Fatah

DOI:

https://doi.org/10.47134/jbkd.v1i3.2490

Keywords:

Komunikasi Massa, Eksistensi, Media Online, RRI Palembang (rri.co.id)

Abstract

Penelitian berjudul komunikasi massa pada media RRI Palembang dalam eksistensi media online (rri.co.id). Dengan tujuan yaitu untuk mengetahui eksistensi media online RRI Palembang (rri.co.id) sebagai bentuk komunikasi massa. Penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan jenis penelitian Field Research. Responden pada penelitian ini berjumlah tiga orang yaitu staff-staff editor dan reporter di media RRI Palembang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. teori yang digunakan untuk menganalisis penelitian ini adalah agenda setting yang diolah melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan pada kesimpulan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Komunikasi massa pada Media RRI Palembang menggunakan tiga unsur agenda setting yaitu, pertama, agenda khalayak menggambarkan kesadaran khalayak terhadap isu topik tertentu di publik, media berita tidak hanya menyampaikan informasi, tetapi juga mempengaruhi agenda publik dengan memutuskan apa yang dinilai penting dan harus dianggap penting oleh khalayak. Kedua, agenda media yang telah disepakati oleh internal yaitu oleh penulis, editor serta manejemen RRI Palembang. Ketiga, agenda kebijakan yaitu proses untuk menyampaikan suatu pemberitaan publik yang dianggap penting bagi khalayak. 

References

Aan Komariah dan Djam’an Satori. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Abdul Rasyid. 2020-2021. Buku LPP RRI Palembang 2020-2021. Palembang: LPP RRI Palembang.

Akbar.Ali. 2005. Menguasai internet plus pembuatan web. Bandung: M2S.

Apriadi Tamburaka. 2012. Agenda Setting Media Massa. Jakarta: Pt RajaGrafindo Persada.

B. Wardani. Karakteristik Komunikasi Massa, Dikutip pada laman http://e-journal.uajy.ac.id. Diakses pada Senin, 1 Desember 2023.

Burhan Bungin. 2005. Metodologi Penelitian Sosial: Kualitatif dan Kuantitatif. Surabaya: Airlangga Universiity Press.

Dian Muhtadiah Hamna. 2017. Ekstistensi Jurnalisme di Era Media Sosia. Jurnalisa: Vol: 3 no 1. DOI: https://doi.org/10.24252/jurnalisa.v3i1.3090

Ellya Rosana. 2015. Modernisasi Dalam Perspektif Perubahan Sosial. Vol 10. No. 1.

Hafid Cenggara. 2009. Komunikai Politik: Konsep, Teori dan Strategi. Jakarta: Rajawali Press.

Haris Herdiansyah. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Salemba Humanika.

Haris Sumadiria. 2016. Hukum dan Etika Media Massa. Bandung: Simbiosa Rekata Media.

Hidajanto Djamal dan Andi Facruddin. 2013. Dasar-Dasar Penyiaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

I Nyoman Jampel dkk. 2016. Komunikasi Massa. Di lansir pada laman https://www.researchgate.net.ac,id. Diakses pada selasa, 05 september 2023.

Imam Gunawan. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Lukiati Komala Erdinary dan Elvinaro Erdianto. 2007. Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

M.Romli dan Asep Samsul. 2012. Jurnalistik Online: Panduan Praktis Mengelola Media Online. Bandung: Nuansa Cendekia

Manap Solihat. 2008. Komunikasi Massa dan Sosialisasi Mediator Vol. 9 No.1 Juni. DOI: https://doi.org/10.29313/mediator.v9i1.1143

Maria Assumpte Rumanti. 2002.Dasar-dasar Public Reletion: teori dan praktik.

Morissan, Andy Corru Wardhani, &Farid Hamid U, Teori Komunikasi Massa. Bogor: Ghalia Indonesia.

Morissan. 2013. Teori Komunikasi: Individu Hingga Massa: Jakarta: Prenada Media Group.

Muhammad Mufid. 2015. Etika dan Filsafat Komunikasi. Jakarta: Kencana.

Muya Syaroh Iwanda Lubis. 2018. Media Online Eksistensi Dari Media Cetak Di Kota Medan, (Jurnal: Network Media Vol :1 NO: 1. Diakses 28 desember 2023.

Nurudin. 2015. Pengantar Komunikasi Massa Jakarta: Rajawali Pers.

Onong Uchjana Effendi. 2015. Dinamika Komunikasi. Bandung:PT Remaja Roesdakarya

Rasyid. 2020-2021. Buku LPP RRI Palembang 2020-2021. Palembang: LPP RRI Palembang

Rizca Haqqu, Firdaus Azwar Ersyad. 2020. Eksistensi Media Televsi Era Digital Dikalangan Remaja, (Jurnal Dinamika Sosial Budaya Vol: 22 NO 1. Diakses 15 Desember 2023. DOI: https://doi.org/10.26623/jdsb.v22i1.2228

Santana K, Septiawan. 2005. jurnalisme kontemporer. Jakarta: yayasan obor Indonesia.

Sary Eva Yanti. 2015. Eksistensi Radio Republik Indonesia RRI Palembang pada Era Media Online, Skripsi Jurnalistik Palembang: Perpustakaan UIN Raden fatah.

Shirley Biagi. 2010. Media Impact: Pengantar Media Massa. Penerjemah Mochamad Irfan dan Wulung Wira Mahendra. Jakarta: Salemba Humanika.

Stephen W. Littlejohn &Karen A Foss. 2011. Teori Komuniksi Jakarta: Salemba Humanka.

Sumardi Suryabrata. 2013. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Winda Kustiawan. 2022. Komunikasi Massa. Vol. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, 11 No. 1. Diakses 13 November 2023

Downloads

Published

2024-05-17

How to Cite

Hidayat, Z., Hasmawati, F., & Hamandia, M. R. (2024). Komunikasi Massa pada Media RRI Palembang dalam Eksistensi Media Online (RRI.CO.ID). Jurnal Bisnis Dan Komunikasi Digital, 1(3), 10. https://doi.org/10.47134/jbkd.v1i3.2490

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.