Strategi Komunikasi PALTV dalam Mempertahankan Eksistensinya Sebagai Televisi Lokal di Palembang

Authors

  • Siti Khadijah Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Achmad Syarifudin Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Muhammad Randicha Hamandia Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.47134/jbkd.v1i3.2487

Keywords:

Strategi, Eksistensi, Televisi Lokal, Ekologi Media

Abstract

Palembang Televisi (PALTV), sebagai televisi lokal pertama di Bumi Sriwijaya, telah hadir di tengah-tengah masyarakat sejak 9 September 2005. Bertahan dalam industri penyiaran lokal bukanlah tugas yang mudah bagi PALTV, karena harus bersaing dengan televisi nasional, lokal di wilayah yang sama, televisi digital, dan media penyiaran streaming internet lainnya. Untuk bertahan, PALTV membutuhkan strategi yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi komunikasi PALTV dalam mempertahankan eksistensinya sebagai televisi lokal di Palembang. Teori Ekologi Media oleh Dimmick dan Rohtenbuhler digunakan sebagai kerangka teoretis, yang menyoroti tiga sumber penting bagi media untuk bertahan, yaitu modal, jenis isi media, dan jenis khalayak sasaran. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan pengumpulan dokumen terkait. Hasil penelitian menunjukkan beberapa strategi yang digunakan PALTV: 1. Strategi Program: PALTV melakukan perencanaan program jangka panjang, menengah, dan pendek, serta memanfaatkan media sosial untuk promosi. Mereka juga memperhatikan moment tertentu dalam perencanaan program, mengelola produksi dan pembelian program, menyesuaikan jadwal program dengan kebiasaan penonton, dan melakukan pengawasan serta evaluasi program. 2. Segmentasi, Targeting, dan Positioning: PALTV melakukan segmentasi audien dari berbagai kalangan, memilih target penonton sesuai dengan program, dan membangun persepsi masyarakat melalui tagline. 3. Strategi Pemasaran: PALTV melakukan pemasaran program dengan menawarkan ratecard kepada pemasang iklan, menjalin kerjasama dengan instansi pemerintah dan swasta, serta mengadakan event dan kegiatan off air. Dengan menerapkan strategi-strategi ini, PALTV berupaya mempertahankan eksistensinya dan menghadapi persaingan di industri penyiaran yang semakin ketat

References

A, Atika. “Ekologi Media Televisi Publik Berdasarkan Program Informasi Lokal Di Kalimantan Selatan.” Jurnal Komunikasi Pembangunan 18, no. 02 (2020).

Al-Amin, Ayub, and Ermic Utami. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Servant Leadership Terhadap Kinerja Pegawai Pada Lembaga Penyiaran Publik Televisi Republik Indonesia Stasiun ….” Borneo Student Research (BSR) 2, no. 2 (2021).

Albyansyah, Muhamad Iqbal, and Mulkan Habibi. “Strategi Program Streetlife Radio Music 107,50 Fm Dalam Mempertahankan Loyalitas Pendengar Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Bincang Komunikasi 1, no. 1 (2023). DOI: https://doi.org/10.24853/jbk.1.1.2023.53-60

Andi, Fachruddin. Dasar-Dasar Produksi Televisi: Produksi Berita, Feature, Laporan Investigasi, Dokumenter Dan Teknik Editing. Jakarta: Kencana, 2019.

Arza, Budi, Fakhrur Razi, and Misriana. “Analisis Kualitas Jaringan Puja TV Kabel Di Wilayah Kota Lhokseumawe.” Jurnal TEKTRO 5, no. 1 (2021).

Ayuni, Mela Sri, Dion Rifda, Cita Zulviah, and Robby Nurtresna. “The Principle of Legality in the Perspective of Human Rights Asas Legalitas Dalam Persfektif Hak Asasi Manusia.” Jurnal Ruang Hukum 1, no. 2 (2023).

David, Djerubu, Kremer Hendri, Mustikarani Innez Karunia, Herdhianata Dhimas, and Ardyanti Dian. Pengantar Ilmu Komunikasi. Sukoharjo Indonesia: Pradina Pustaka, 2022.

Fachruddin, Hidajanto Djamal dan Andi. Dasar-Dasar Penyiaran: Sejarah, Organisasi. Operasional, Dan Regulasi. Cet, Ke-7. Jakarta: Kencana, 2022.

Fajri, Rohmatul, and Yayat Suharyat. “Eksistensi Orang Tua Fil Qur’an Wal Hadits.” Student Research Journal 1, no. 1 (2023). DOI: https://doi.org/10.55606/religion.v1i6.28

Fauzia, Rahmi, and Perengki Susanto. “Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Pelaksanaan Tindak Lanjut Rekomendasi Hasil Pemeriksaan BPK Pada Kabupaten Pasaman.” Jurnal Mirai Management 8, no. 2 (2023).

Felisia, Ayu, and Isna Wijayani. “Eksistensi Tv Lokal Inews Tv Palembang Dan Pal Tv Dalam Pemberitaan Di Era Konvergensi.” Jurnal Pustaka Komunikasi 5, no. 2 (2022). DOI: https://doi.org/10.32509/pustakom.v5i2.2221

Hermarani, Putu Arina, and Ni Made Ras Amanda Gelgel. “Strategi Bisnis Lembaga Penyiaran Lokal Pt Bali Ranadha Televisi (Bali Tv).” Jurnal Komunikasi Profesional 5, no. 4 (2021). DOI: https://doi.org/10.25139/jkp.v5i4.3883

Huda, Miftahul, Sarinah Sarinah, and Viro Dharma Saputra. “Strategi Komunikasi Radio Citra FM Kendal Dalam Meningkatkan Minat Pendengar.” Journal of Communication Studies 1, no. 2 (2021). DOI: https://doi.org/10.37680/jcs.v1i2.1076

Ingratubun, Adrian. “Strategi Programming Acquisition Dalam Kelancaran Operasional Penyiaran Program Televisi.” Jurnal Signal 9, no. 1 (2021). DOI: https://doi.org/10.33603/signal.v9i1.4576

Kamaruddin. “Manajemen Pers Pada Media Massa Dalam Era Reformasi (Studi Penyampaian Dakwah Islam) Kamaruddin.” Jurnal Komunikasi Islam 2, no. 2621–9492 (2018).

Mahendra, Muhammad Ichza, Luluatu Lulu Nayiroh, and Nurkinan. “Strategi Cipta Tv Purwakarta Sebagai Televisi Lokal Dalam Mempertahankan Eksistensinya Di Tengah Pandemi Covid-19 1.” Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial 9, no. 8 (2022).

Mardawani. Praktis Penelitian Kualitatif Teori Dasar Dan Analisis Data Dalam Perspektif Kualitatif. Yogyakarta: Deepublish, 2020.

Marta, Rustono Farady, Fiolita Desyana, Helena Elmydea Shinta, Timotius Saliman, and Mufid Salim. “Frekuensi Menonton Pemberitaan Televisi Tentang Kematian Akibat COVID-19 Berkontribusi Pada Kecemasan Mahasiswa Di Kota Tangerang.” Jurnal Komunikasi Pembangunan 20, no. 01 (2022). DOI: https://doi.org/10.46937/20202239815

Morissan. Jurnalistik Televisi Mutakhir. Cet, Ke-3. Jakarta: Kencana, 2018.

Morissan. Managemen Media Penyiaran: Strategi Mengelola Radio & Televisi. Cet, Ke-6. Jakarta: Kencana, 2018.

Muhammad Randicha Hamandia. “Strategi Komunikasi Organisasi Dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan Rri Palembang.” J-KIs: Jurnal Komunikasi Islam 3, no. 1 (2022). DOI: https://doi.org/10.53429/j-kis.v3i1.423

Mulyana, Agung Putra, and Muhammad Irfan Djamzuri. “Teknologi Tokopedia Play Live Shooping Dalam Perspektif Ekologi Media Konvergensi.” JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan) 6, no. 3 (2022). DOI: https://doi.org/10.58258/jisip.v6i3.3487

Pratiwi, N I, NMOS Rossitha, and ... “Ekologi Media Oleh Radio Republik Indonesia (Rri) Denpasar Dalam Mempertahankan Eksistensi di Era Digitalisasi.” Jurnal Ilmu … 8, no. 1 (2023). DOI: https://doi.org/10.52423/jikuho.v8i1.18

Prayoga, Muhammad Dey, and Elly Nur Agustin. “Transpormasi Strategi Media Televisi Lokal JTV Surabaya di Era Digitalisasi Konvergensi Media.” Relasi: Jurnal Penelitian Komunikasi 03, no. 03 (2023).

Rahayu, Tresna Yumiana, and Kartini Rosmalah Dewi Katili. “Strategi Program Radio Dalam Mempertahankan Eksistensinya.” Makna (Jurnal Kajian Komunikasi, Bahasa, Dan Budaya) 4, no. 1 (2019). DOI: https://doi.org/10.33558/makna.v4i1.1677

Ritonga, Zuriani. Buku Ajar Managemen Strategi (Teori Dan Aplikasi). Yogyakarta: Deepublish, 2020.

Rosyidah, Masayu, and Fijra Rafiqa. Metode Penelitian. Yogyakarta: Deepublish, 2021.

Saulia, Nur Afni. “Strategi Program I-Radio Makassar Dalam Meningkatkan Minat Pendengar.” Respon Jurnal Ilmu Komunikasi 5, no. 3 (2020).

Setiawan, Yasha Langitta, Januardi Nasir, Yumi Ariyati, Tommy Dwi, Universitas Ekasakti Padang, Universitas Nadhatul, Ulama Sumatera, and Sumatera Barat. “Strategi Komunikasi Inews Tv Padang Dalam Mempertahankan Eksistensi Diera Digital” 8, no. 1 (2023). DOI: https://doi.org/10.52423/jikuho.v8i1.1

Sugiono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan Kombinasi (Mixed Methods). Edisi 2. Bandung: Alfabeta, 2020.

Sugiono. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&B. Bandung: Alfabeta, 2018.

Sugiyono. Metode Penelitian Kualitatif: Untuk Penelitian Yang Bersifat Eksploratif, Enterpretif, Interaktif, Dan Konstruktif. Bandung: Alfabeta, 2020.

Sulistiyo, Urip. Metode Penelitian Kualitatif. Jambi: PT Salim Media Indonesia, 2023.

Suryantara, I Made Putra, Fatmah Hariani, and Lalu Ahmad Rahmat. “Strategi Lombok Tv Dalam Eksistensinya Sebagai Televisi Lokal di Mataram.” Widya Sandhi: Jurnal Kajian Agama, Sosial Dan Budaya 13, no. 1 (2022). DOI: https://doi.org/10.53977/ws.v13i1.512

Syafri, Peramasdino, and Sri Tunggul Pannindriya. “Strategi Riau Televisi (Riau TV) Menghadapi Persaingan Dengan TV Nasional Untuk Tetap Eksis Sebagai TV Lokal.” Eko Dan Bisnis: Riau Economic and Business Review 10, no. 3 (2019). DOI: https://doi.org/10.36975/jeb.v10i3.215

Syarifuddin. Buku Ajar Kearifan Lokal Daerah Sumatera Selatan. Palembang: Bening Media Publishing, 2022.

Tamrin, Andi. “Eksistensi Lpp Rri Mataram Berdasarkan Teori Niche.” ORASI: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi 10, no. 2 (2019). DOI: https://doi.org/10.24235/orasi.v10i2.5217

Winardi, Endang Widi. Teori Dan Praktik: Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R & D. Cet-1. Jakarta: Bumi Askara, 2021.

Zahida Muhtadia Billah, Reni Nuraeni. “Strategi Televisi Lokal Dalam Mempertahankan Eksistensinya (Studi Deskriptif Pada Televisi Lokal Radar TV Tasikmalaya)” 8, no. 1 (2021).

Zaid, Hanif, Yudi Sudiana, and Raja Satria Wibawa. Teori Komunikasi Dalam Praktik. Purwokerto Barat: Zahira Media Publisher, 2021.

Zubaidi, Ali Akbar. “Perencanaan Industri Media Televisi Islam.” Komunike 12, no. 2 (2020). DOI: https://doi.org/10.20414/jurkom.v12i2.2748

Downloads

Published

2024-05-17

How to Cite

Khadijah, S., Syarifudin, A., & Hamandia, M. R. (2024). Strategi Komunikasi PALTV dalam Mempertahankan Eksistensinya Sebagai Televisi Lokal di Palembang. Jurnal Bisnis Dan Komunikasi Digital, 1(3), 14. https://doi.org/10.47134/jbkd.v1i3.2487

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.