Pengelolaan Akun Instagram Resmi Dinas Komunikasi dan Informatika Sebagai Media Pemberitaan Pemerintahan Kab. Madiun
DOI:
https://doi.org/10.47134/jbkd.v1i2.2208Keywords:
Manajemen media massa, Instagram, pemerintahAbstract
Dalam sebuah media pemberitaan berita sudah menjadi kebutuhan yang penting bagi masyarakat, hampir setiap lapisan masyarakat menginginkan informasi, berita bukan lagi menjadi konsumsi bagi kalangan tertentu saja, namun setiap elemen masyarakat membutuhkan berita dan media yag kini mudah di temukan adalah media online yang menggunakan jaringan internet sebagai akses utamanya. Internet adalah media online yang fleksibel, interaktif, dan dapat diakses secara global dari seluruh dunia. Fenomena media sosial ini ditangkap dengan baik oleh humas dalam suatu pemerintahan yang mempunyai tugas menyampaikan informasi tentang program, kebijakan, serta kegiatan pemerintah, baik yang sedang, sudah, ataupun yang akan dilaksanakan oleh pemerintah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, dilakukan dengan pendekatan secara deskriptif agar memberikan gambaran situasi berdasarkan hasil data penelitian lapangan. Penelitian ini bermaksud untuk menganalisis Pengelolaan Akun Instagram Resmi Dinas Komunikasi dan Informatika Sebagai Media Pemberitaan Pemerintahan Kab. Madiun dengan mengacu pada penerapan manajemen komunikasi massa dengan menerapkan strategi STP (Segmentation, Tragetting, dan Positioning) pada akun instragram milik pemerintah kota.
References
Agissa, A. (2023). Media literacy: students’ ability to respond to fake news on Instagram. Library Hi Tech News. https://doi.org/10.1108/LHTN-10-2023-0181 DOI: https://doi.org/10.1108/LHTN-10-2023-0181
Al-Rawi, A. (2021). News Values on Instagram: A Comparative Study of International News. Journalism and Media, 2(2), 305–320. https://doi.org/10.3390/journalmedia2020018 DOI: https://doi.org/10.3390/journalmedia2020018
Andanni, R. M. (2021). Analisis Tren Online Live Streaming Pada Website dan Youtube Televisi Berita di Indonesia. Jurnal Ilmu Komunikasi, 18(1), 35–50. DOI: https://doi.org/10.24002/jik.v18i1.2215
dan Komunikasi Publik, D. J. I. (2018). Memaksimalkan Penggunaan Media Sosial dalam Lembaga Pemerintah. Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.
Erlinda, C. D., & Rasyid, E. (2023). Manajemen Media Digital Muhammadiyah Melalui Akun Instagram@ lensamu. Jurnal Audiens, 4(1), 170–181. DOI: https://doi.org/10.18196/jas.v4i1.15
Fichman, P. (2023). Trolling CNN and Fox News on Facebook, Instagram, and Twitter. Journal of the Association for Information Science and Technology, 74(5), 493–505. https://doi.org/10.1002/asi.24753 DOI: https://doi.org/10.1002/asi.24753
Furqon, M. A., Hermansyah, D., Sari, R., Sukma, A., Akbar, Y., & Rakhmawati, N. A. (2018). Analisis jenis posting media sosial pemerintah daerah di indonesia berdasarkan like dan analisis sentimental masyarakat. Jurnal Sosioteknologi, 17(2), 177–190. DOI: https://doi.org/10.5614/sostek.itbj.2018.17.2.1
Hasibuan, M. S. P. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. PT Bumi Askara.
Manap, A. (2016). Revolusi Manajemen Pemasaran. Mitra Wacana Media.
McQuail, D. (2011). Teori Komunikasi Massa. Salemba Humanika.
Melek, G. (2023). Three stories of one truth? Visual framing of AP, CNN & FOX news Instagram coverage of the 2020 US presidential candidates. Visual Studies, 38(5), 880–893. https://doi.org/10.1080/1472586X.2023.2209050
Mellado, C. (2021). Sourcing Pandemic News: A Cross-National Computational Analysis of Mainstream Media Coverage of COVID-19 on Facebook, Twitter, and Instagram. Digital Journalism, 9(9), 1271–1295. https://doi.org/10.1080/21670811.2021.1942114 DOI: https://doi.org/10.1080/21670811.2021.1942114
Morissan. (2010). Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu Edisi Pertama. Kencana.
Nugroho, C. (2020). Cyber Society: Teknologi, Media Baru, dan Disrupsi Informasi. Kencana media.
Poluakan, M. V, Dikayuana, D., Wibowo, H., & Raharjo, S. T. (2019). Potret generasi milenial pada era revolusi industri 4.0. Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(2), 187–197. DOI: https://doi.org/10.24198/focus.v2i2.26241
Prihatiningsih, W. (2017). Motif penggunaan media sosial instagram di kalangan remaja. Communication, 8(1), 51–65. DOI: https://doi.org/10.36080/comm.v8i1.651
Rafiq, A. (2020). Dampak media sosial terhadap perubahan sosial suatu masyarakat. Global Komunika: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 3(1), 18–29.
Raharja, S. U. J., & Natari, S. U. (2021). Pengembangan usaha umkm di masa pandemi melalui optimalisasi penggunaan dan pengelolaan media digital. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 108–123. DOI: https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i1.32361
Rahmitasari. (2017). Manajemen media di Indonesia (D. H. Rahmitasari, Ed.). Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Rezeki, S. R. I. (2020). Penggunaan sosial media twitter dalam komunikasi organisasi (studi kasus pemerintah provinsi dki jakarta dalam penanganan covid-19). Journal of Islamic and Law Studies, 4(2).
Ritonga, M. H. A., Siregar, Y. D., & Rasyid, A. (2022). Citizen Journalism Dalam Pemberitaan di Kota Medan Melalui Media Sosial Instagram Medantalk. Sibatik Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(12), 2813–2822. DOI: https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i12.436
Rohmah, N. N. M. (2020). Media sosial sebagai media alternatif manfaat dan pemuas kebutuhan informasi masa pandemik global covid 19 (kajian analisis teori uses and gratification). Al-I’lam: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 4(1), 1–16.
Santoso, B. (2020). Pengelolaan Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi Wisata Di Kecamatan Selo Boyolali (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Admin Akun@ explore. selo). Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Swart, J. (2023). What feels like news? Young people’s perceptions of news on Instagram. Journalism. https://doi.org/10.1177/14648849231212737 DOI: https://doi.org/10.1177/14648849231212737
Vázquez-Herrero, J. (2019). Ephemeral Journalism: News Distribution Through Instagram Stories. Social Media and Society, 5(4). https://doi.org/10.1177/2056305119888657 DOI: https://doi.org/10.1177/2056305119888657
Verstappen, M. (2023). Making it Fit: How Science News Gets Remediated for Facebook and Instagram. Journalism Studies. https://doi.org/10.1080/1461670X.2023.2263799 DOI: https://doi.org/10.1080/1461670X.2023.2263799
Wang, L. (2021). Understanding College Students’ News Sharing Experience on Instagram. Proceedings of the ACM Conference on Computer Supported Cooperative Work, CSCW, 187–190. https://doi.org/10.1145/3462204.3481779 DOI: https://doi.org/10.1145/3462204.3481779
Wardhana, A. A. (2020). Strategi Komunikasi Humas pemkot Madiun Dalam Mensosialisasikan Program Kerja Pemerintah Melalui Media Sosial. IAIN Ponorogo.
Wenda, N., & Sitokdana, M. N. N. (2020). Analisis Kualitas Informasi Situs Web Pemerintah Kabupaten Yahukimo Provinsi Papua. Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF), 1(1), 331–342.
Zimmermann, D. (2023). Political news on Instagram: influencer versus traditional magazine and the role of their expertise in consumers’ credibility perceptions and news engagement. Frontiers in Psychology, 14. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2023.1257994 DOI: https://doi.org/10.3389/fpsyg.2023.1257994