Peran Humas MUI Kabupaten Pali dalam Mensosialisasikan Produk Halal
DOI:
https://doi.org/10.47134/jbkd.v2i3.4316Keywords:
Humas, MUI, Produk Halal, Sosialisasi, Two-Way AsymmetricAbstract
Peran Humas sangat penting dalam menjembatani komunikasi antara lembaga dan masyarakat, khususnya dalam menyampaikan informasi terkait produk halal. Di Kabupaten PALI, Humas Majelis Ulama Indonesia (MUI) berperan aktif dalam mensosialisasikan pentingnya produk halal kepada masyarakat, terutama para pelaku usaha. Dalam kegiatan ini, Humas tidak hanya bertindak sebagai penghubung antara MUI dan masyarakat, tetapi juga berpartisipasi langsung dalam penyampaian informasi. Penelitian ini menganalisis peran Humas MUI Kabupaten PALI dalam proses sosialisasi tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis data deskriptif. Data primer diperoleh melalui wawancara dengan Ketua MUI, Sekretaris MUI, Ketua Humas, Sekretaris Humas, dan Anggota Humas, sedangkan data sekunder berasal dari dokumen resmi MUI dan literatur terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Humas MUI menggunakan media seminar sebagai sarana utama sosialisasi. Pihak yang terlibat dalam kegiatan ini mencakup pengurus MUI, penyuluh agama, tokoh masyarakat, serta pihak dari dinas koperasi dan UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah). Komunikasi bersifat dua arah dengan model two-way asymmetric, di mana masyarakat dapat memberikan umpan balik, tetapi pesan tetap dikendalikan oleh organisasi. Keterlibatan aktif Humas dalam menyampaikan informasi menjadi tantangan tersendiri, terutama karena keterbatasan sumber daya manusia, waktu pelaksanaan yang terbatas, serta rendahnya pemahaman sebagian masyarakat mengenai produk halal
References
Andi Saputra, Chandra Satria, dan Muharir. 2021. “Analisis Produk Halal Dalam Upaya Perlindungan Konsumen Muslim.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Syariah (JIMESHA), Vol. 1, No. 2.
Ansori, Ulumudin. 2020. “Kedudukan Fatwa MUI dan Lembaga Fatwa di Indonesia.” Jurnal Mahkamah, Vol. 5, No. 1.
Bonaraja Purba, dkk. 2020. Ilmu Komunikasi: Sebuah Pengantar. Yayasan Kita Menulis.
Eka, Lathoif Ghozali. 2021. “Sertifikasi Produk Halal Dalam Perspektif Mashlahah Mursalah.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, Vol. 7, No. 1.
Grunig, James E., dan Todd Hunt. 1984. Managing Public Relations. New York: Holt, Rinehart & Winston.
Hairunnisa. 2021. Buku Ajar Pengantar Humas. Edisi II. Sidoarjo: Indomedia Pustaka.
Handin, Puspasari. 2020. “Peran Humas Dalam Meningkatkan Citra Positif pada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Timur.” Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), Vol. 8, No. 3.
Lady Yulia. 2019. “Halal Products Industry Development Strategy.” Jurnal Bisnis Islam, Vol. 8, No. 1.
Marinu Waruwu. 2023. “Pendekatan Penelitian Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol. 7, No. 1.
Olga F. Yohana & Elis Yulianti. “Strategi Komunikasi Persuasif Kepala Sekolah SDI Al Azhar 7 Sukabumi.” Jurnal Sinestesia, Vol. 12, No. 2, 2023.
Permini, N., & Atmaja, I. “Peran Humas dalam Kegiatan Publikasi Online Pemerintah di Kabupaten Badung.” Jurnal Moderat, Vol. 8, No. 3, 2022.
Putri, N. J., & Yuningsih, S. “Peran Humas dalam Mempublikasikan Kegiatan Kwartir Cabang Jakarta Selatan.” Jurnal Bincang Komunikasi, Vol. 1, No. 2, 2023.
Rafi, M. “Fungsi Public Relations Dalam Mengkomunikasikan Media Online Medcom.Id.” Jurnal Visi Komunikasi, Vol. 18, No. 2, 2019.
Rahmadani, S. A., Wisudawanto, R., & Indreswari, E. P. “Peran Humas dalam Pelaksanaan Branding Terminal Tipe A Tirtonadi.” Jurnal Ilmu Komunikasi, Sosial, dan Humaniora, Vol. 3, No. 2, 2025.
Rosady Ruslan. 2017. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi: Konsepsi dan Aplikasi. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Rustina, Suharnis. 2022. Sosialisasi Anak Pada Keluarga Single Parents. Indramayu: Penerbit Adab.
Sekar, Lintang. “Analisis Peran Humas Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Magelang Dalam Menjalankan Aktivitas Kehumasan.” Jurnal Audiens, Vol. 4, No. 3, 2023.
Siantar, N. “Model Komunikasi Humas dalam Literasi Media Sosial.” Jurnal Manajemen Informasi dan Komunikasi, Vol. 4, No. 1, 2020.
Sigit, P. “Pemanfaatan Model Komunikasi J. Grunig Untuk Meningkatkan Implementasi Keterbukaan Public Di Pemerintah Kabupaten Magelang.” Jurnal Manajemen Informasi dan Komunikasi, Vol. 4, No. 1, 2020.
Sugiyono. 2022. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Edisi ke-4. Bandung: Alfabeta.
Tansia Trisyeling, dkk. “Implementasi Model Public Relations pada PT. Revolusi Sejuta Rasa.” Jurnal Seminar Nasional Transformasi Digital, Vol. 1, No. 01, 2022.
Titis, G. “Pendekatan komunikasi internal dan eksternal public relations.” Jurnal Penelitian Sosial Ilmu Komunikasi, Vol. 7, No. 2, 2023.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ananta Alya Zahra, Nuraida, Anita Trisiah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.