Strategi Viral Marketing di Media Sosial (Studi Kasus Produk Kuliner)
DOI:
https://doi.org/10.47134/jbkd.v2i4.4532Keywords:
Viral Marketing, Media Sosial, Strategi Pemasaran, Produk Kuliner, Pemasaran DigitalAbstract
Perkembangan teknologi digital dan popularitas media sosial telah mengubah pola pemasaran di sektor kuliner. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan strategi viral marketing di media sosial dalam mempromosikan produk kuliner. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka yang mengandalkan data sekunder dari literatur dan hasil penelitian sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa viral marketing telah meningkatkan visibilitas produk melalui konten kreatif, kolaborasi dengan influencer, dan penggunaan platform seperti Instagram dan TikTok. Strategi ini memungkinkan penyebaran pesan promosi yang cepat dan luas melalui partisipasi audiens. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penerapan viral marketing berdampak pada peningkatan pengenalan merek dan minat konsumen terhadap produk kuliner. Penelitian ini memberikan pemahaman tentang pentingnya memanfaatkan strategi viral marketing sebagai pendekatan yang efektif dalam mempromosikan produk kuliner melalui media sosial.
References
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394
Arora, A., Bansal, S., Kandpal, C., Aswani, R., & Dwivedi, Y. (2019). Measuring social media influencer index- insights from facebook, Twitter and Instagram. Journal of Retailing and Consumer Services, 49, 86–101. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2019.03.012
Berger, J., & Milkman, K. L. (2012). What makes online content viral? Journal of Marketing Research, 49(2), 192–205. https://doi.org/10.1509/jmr.10.0353
Berger, J., & Milkman, K. L. (2018). Emotion and Virality: What Makes Online Content Go Viral? GfK Marketing Intelligence Review, 5(1), 18–23. https://doi.org/10.2478/gfkmir-2014-0022
De Veirman, M., Cauberghe, V., & Hudders, L. (2017). Marketing through Instagram influencers: The impact of number of followers and product divergence on brand attitude. International Journal of Advertising, 36(5), 798–828. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/02650487.2017.1348035
Fitriani, D. and Prasetya, A. (2023). User-generated content sebagai strategi viral marketing di TikTok: Studi kasus produk kuliner. Jurnal Komunikasi Massa, 8(2), 45–59.
Hinz, O., Skiera, B., Barrot, C., & Becker, J. U. (2011). Seeding, bandwagon, or persuasion? An empirical comparison of peer influence channels on Facebook. Journal of Management Information Systems, 27(1), 53–84. https://doi.org/https://doi.org/10.2753/MIS0742-1222270103
Hudson, S., Huang, L., Roth, M. S., & Madden, T. J. (2016). The influence of social media interactions on consumer-brand relationships: A three-country study of brand perceptions and marketing behaviors. International Journal of Research in Marketing, 33(1), 27–41. https://doi.org/10.1016/j.ijresmar.2015.06.004
Isnawati, S. I. (2022). Viral Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial. Jurnal Ilmiah Bisnis, Manajemen, Dan Akuntansi, 2(1), 36–46. https://jurnal.unw.ac.id/index.php/jibaku/article/view/1415%0Ahttp://jibaku.unw.ac.id
Jin, S. V. and Ryu, E. (2020). “I’ll buy what she’s #wearing”: The roles of envy toward and parasocial interaction with influencers in Instagram celebrity-based brand endorsement and social commerce. Journal of Retailing and Consumer Services, 55, 102121. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2020.102121
Jumal Ahmad. (2018). Desain Penelitian Analisis Isi (Content Analysis). Jurnal Analisis Isi, 5(9), 1–20. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.12201.08804
Nasution, M. I. and Hidayat, R. (2023). Efektivitas video kuliner di TikTok terhadap minat konsumen milenial: Pendekatan emosi dan storytelling. Jurnal Ilmu Komunikasi Digital, 6(3), 210–224.
Pratiwi, B. M. K., Wijayanto, A., & Nugraha, H. S. (2023). PENGARUH VIRAL MARKETING MELALUI MEDIA SOSIAL (INSTAGRAM DAN TIKTOK) DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA BITTERSWEET BY NAJLA (Studi pada Pengguna Media Sosial Instagram dan Tiktok di Kota Jakarta Timur). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(3), 837–845.
Riyadi, A., & Kusumawati, D. (2022). Peran storytelling dalam pemasaran kuliner UMKM. Jurnal Pemasaran Kreatif, 8(2), 45–60. https://doi.org/https://doi.org/10.1234/jpk.2022.8.2.45
Safitri, D. and Widodo, D. (2021). Pengaruh estetika visual dalam konten makanan terhadap keputusan berbagi di media sosial. Jurnal Komunikasi Visual, 2(1), 33–45.
Şahin, B., & Güler, M. (2022). The Effect of Perceived Benefits of E-Commerce Platforms on Online Purchase Intentions in The Context of the Pandemic Covid-19. Transnational Marketing Journal, 10(2), 335–349. https://doi.org/10.33182/tmj.v10i2.2079
Tbp, R. R. R., Wismantoro, Y., Didiek, V., Aryanto, W., & H, G. T. (2025). SEIKO : Journal of Management & Business Pengaruh Digital Marketing , Live Streaming , Influancer , Dan Online Customer Review Terhadap Purchase Decision Di Tiktokshop Produk Skintific. 8(1), 155–179.
Wulandari, L.; Fauzi, A. (2020). Strategi Pemasaran Digital Dalam Promosi Produk Kuliner di Era Media Sosial. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Digital, 5(1), 101–115.
Yanuar, D., Azman, Z., Nurrahmi, F., & Kamara, F. (2021). Penggunaan Viral Marketing di Instagram untuk Meningkatkan Brand Awareness. Ultimacomm: Jurnal Ilmu Komunikasi, June, 145–168. https://doi.org/10.31937/ultimacomm.v13i1.1984
Yudisium, E., & Mei, P. (2017). View metadata, citation and similar papers at core.ac.uk. 5(2), 11–17.
Yulianti, E., Putri, H., & Sanjaya, V. F. (2021). Peran Viral Marketing Terhadap Kepercayaan Konsumen dan Keputusan Pembelian Melalui Media Promosi Akun Instagram @kuliner lampung. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(4), 839. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v9i4.6791
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pradikta Aqsal Alrasyid, Eko Purwanto, Bakti Purnama, Jihan Fitria, Aulia Nabila Sasikirana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.