Pembelajaran Batik Terintegrasi Etnosains dan Pemikiran Kritis Siswa di Sidoarjo

Authors

  • Sri Ayu Fionita Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Ria Wulandari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.47134/biology.v1i4.2910

Keywords:

Etno-sains, Pembelajaran Sains Terpadu, Keterampilan Berpikir Kritis, Pembuatan Batik Sidoarjo, Desain Eksperimen Kuasi

Abstract

berpikir kritis siswa dalam konteks pembuatan batik Sidoarjo. Menggunakan desain kuasi-eksperimental, dengan kelompok kontrol yang tidak ekuivalen, penelitian ini menggunakan uji-t sampel berpasangan untuk analisis. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan (p = 0,013) dalam kemampuan berpikir kritis di antara siswa yang terlibat dalam pembelajaran terintegrasi etno-sains dibandingkan dengan kelompok kontrol. Temuan ini menggarisbawahi pengaruh integrasi etno-sains dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan potensi penggabungan etno-sains ke dalam pendidikan sains untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis pada siswa, mengatasi kesenjangan penting dalam penelitian yang ada.

References

Aji, S. D. (2017). Etnosains dalam Membentuk Kemampuan Berpikir Kritis dan Kerja Ilmiah Siswa. J. Imliah, 1(1), 7–11.

Amini, J. N. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Etnosains Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Koloid (pp. 1–116).

Apriliani, R. M. E., & Afandi. (2020). Memberdayakan keterampilan berpikir kritis di era abad 21. In Proc. of the 2020 International Conference on Education and Technology (ICET) (pp. 1045–1052).

Astari, J. I. R., & Sumarni, W. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik bermuatan etnosains guna meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Jurnal Chemica Educatica, 9(2), 1–9.

Damayanti, C., Rusilowati, A., & Linuwih, S. (2017). Journal of Innovative Science Education Pengembangan Model Pembelajaran IPA Terintegrasi Etnosains. J. Innov. Sci. Educ., 6(1), 116–128.

Falah, C. M. N., Windyariani, S., & Suhendar. (2018). Peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik melalui model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) berbasis etnosains. Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 2, 25–32.

Fitriani, N. I., & Setiawan, B. (2018). Efektivitas modul IPA berbasis etnosains terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 2(2), 71–76. https://doi.org/10.26740/jppipa.v2n2.p71-76 DOI: https://doi.org/10.26740/jppipa.v2n2.p71-76

Harjono, A. (2022). Inquiry-Creative Learning Integrated with Ethnoscience: Efforts to Encourage Prospective Science Teachers’ Critical Thinking in Indonesia. 21(9), 232–248. DOI: https://doi.org/10.26803/ijlter.21.9.13

Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan Eksperimen-Kuasi Quasi-Experimental Design. J. UGM, 27(2), 187–203. doi: 10.22146/buletinpsikologi.38619 DOI: https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38619

Isnawan, M. G. (2020). Kuasi Eksperimen.

Khoiriyah, Z., Astriani, D., & Qosyim, A. (2021). Efektivitas Pendekatan Etnosains Dalam Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Materi Kalor. Pensa E-Jurnal Pendidik. Sains, 9(3), 433–442.

Lestari, A. C., & Annizar, A. M. (2020). Proses berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan masalah PISA ditinjau dari kemampuan berpikir komputasi. Jurnal Kiprah, 8(1), 46–55. https://doi.org/10.31629/kiprah.v8i1.2063 DOI: https://doi.org/10.31629/kiprah.v8i1.2063

Lia, R. M., Udaibah, W., & Mulyatun. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Berorientasi Etnosains dengan Mengangkat Budaya Batik Pekalongan. Unnes Sci. Educ. J., 5(3), 1418–1423.

Lubis, M. F. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA berbasis Etnosains untuk Melatih Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP (p. 6). DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v12i2.4957

Mardianti, I., Kasmantoni, K., & Walid, A. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Etnosains Materi Pencemaran Lingkungan Untuk Melatih Literasi Sains Siswa Kelas VII di SMP. Bio-Edu J. Pendidik. Biol., 5(2), 98–107. doi: 10.32938/jbe.v5i2.545. DOI: https://doi.org/10.32938/jbe.v5i2.545

Marundut, M. R. H., et al. (2020). Peningkatan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran IPA melalui pendekatan keterampilan proses. Jurnal Basicedu, 4(3), 577–585. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.401

Nihwan, M. T., & Widodo, W. (2020). Penerapan Modul IPA Berbasis Etnosains untuk Meningkatkan Kemampauan Literasi Sains Siswa SMP. Pensa E-Jurnal Pendidik. Sains, 8(3), 288–298.

Pertiwi, U. D., & Firdaus, U. Y. R. (2020). Upaya Meningkatkan Literasi Sains Melalui Pembelajaran Berbasis Etnosains. Indones. J. Nat. Sci. Educ., 2(June), 1–9. doi: 10.31002/nse.v2i1.476. DOI: https://doi.org/10.31002/nse.v2i1.476

Ph, Q. A., Sumarni, W., Subali, B., & Saptono, S. (2020). Implementation of STEM Integrated Ethnoscience-based Vocational Science Learning in Fostering Students’ Higher Order Thinking Skills (HOTs). 5(2), 53–61.

Putri, D. A. H., Asrizal, A., & Usmeldi, U. (2022). Pengaruh Integrasi Etnosains Dalam Pembelajaran Sains Terhadap Hasil Belajar: Meta Analisis. ORBITA J. Kaji., 8, 103–108. Retrieved from http://journal.ummat.ac.id/index.php/orbita/article/download/7600/4502 DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v8i1.7600

Rokayah, R., Rochman, C., Mariani, S., Kurniati, C. N., & Ngabekti, S. (2022). Science Learning Integrated Ethnoscience to Increase Scientific Literacy and Scientific Character Science Learning Integrated Ethnoscience Scientific Literacy and Scientific Character to Increase. doi: 10.1088/1742-6596/1254/1/012033 DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1254/1/012033

Sakti, I., Defianti, A., & Nirwana. (2020). Implementasi Modul IPA Berbasis Etnosains Masyarakat Bengkulu Materi Pengukuran Melalui Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. J. Kumparan Fis., 3(3), 232–238. DOI: https://doi.org/10.33369/jkf.3.3.232-238

Saputra, H. (2020). Kemampuan berfikir kritis matematis. Perpustakaan IAI Agus Salim Metro Lampung, 2(April), 1–7.

Sarini, P., Selamet, K., & No, V. (2019). Wahana Pengembangan Bahan Ajar Etnosains Bali bagi Calon Guru IPA. Wahana Matematika dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, dan, 13(1), 27–39.

Sartika, S. B., Efendi, N., & Wulandari, F. E. (2022). Efektivitas pembelajaran IPA berbasis etno-STEM dalam melatihkan keterampilan berpikir analisis. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 10(1), 1–9. https://doi.org/10.24269/dpp.v10i1.4758 DOI: https://doi.org/10.24269/dpp.v10i1.4758

Temuningsih, E., Peniati, E., & Marianti, A. (2017). Pengaruh penerapan model problem based learning berpendekatan etnosains pada materi sistem reproduksi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Biologi Edukasi, 6(1), 70–79. https://doi.org/10.15294/jbe.v6i1.14060

Widayanti, E. (2020). Potensi pembelajaran saintifik bernuansa etnosains untuk memberdayakan kemampuan berpikir kritis siswa. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 18(1), 82. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v18i1.4352 DOI: https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v18i1.4352

Wulandari, S. I., Pamelasari, S. D., & Hardianti, R. D. (2023). Penggunaan E-Modul Berbasis Etnosains Materi Zat dan Perubahannya dalam Usaha Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. In Proceeding Seminar Nasional IPA XIII (pp. 103–113).

Downloads

Published

2024-07-07

How to Cite

Fionita, S. A., & Wulandari, R. (2024). Pembelajaran Batik Terintegrasi Etnosains dan Pemikiran Kritis Siswa di Sidoarjo. Jurnal Biologi, 1(4), 10. https://doi.org/10.47134/biology.v1i4.2910

Issue

Section

Articles

Categories

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 

You may also start an advanced similarity search for this article.