Keterampilan Kolaborasi Komunikasi Sains Siswa Sekolah Menengah Sebuah Studi Profil

Authors

  • Khofifatul Muamala Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Ria Wulandari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.47134/biology.v1i4.2907

Keywords:

Sekolah Menengah, Komunikasi Ilmiah, Keterampilan Kolaborasi, Penelitian Kualitatif, Studi Kasus

Abstract

Penelitian ini menyelidiki keterampilan komunikasi dan kolaborasi ilmiah di antara siswa kelas delapan selama pembelajaran sains, yang dilakukan di SMP Muhammadiyah 6 Krian pada bulan Mei 2023. Dengan menggunakan pendekatan studi kasus kualitatif, peserta aktif dipilih sebagai subjek penelitian. Analisis yang dilakukan meliputi reduksi data, presentasi, dan kesimpulan. Temuan menunjukkan bahwa meskipun siswa menunjukkan kemahiran dalam komunikasi lisan, mereka kurang percaya diri; namun, mereka secara efektif mengartikulasikan argumen dan menanggapi pertanyaan. Keterampilan komunikasi tertulis penting untuk pembuatan laporan yang sistematis, termasuk tujuan yang jelas, prosedur yang tepat, hasil dan diskusi yang relevan, dan kesimpulan yang akurat. Keterampilan kolaborasi dibuktikan dengan kontribusi yang efektif, kerja sama tim, tanggung jawab, menghargai pendapat yang beragam, dan pertukaran ide yang konstruktif. Penelitian ini menyoroti bidang-bidang yang dapat meningkatkan komunikasi ilmiah dan keterampilan kolaborasi di antara siswa sekolah menengah, yang menawarkan implikasi untuk praktik pendidikan dan pengembangan kurikulum.

References

Almarzooq, Z. I., Lopes, M., & Kochar, A. (2020). Virtual learning during the COVID-19 pandemic: A disruptive technology in graduate medical education. J. Am. Coll. Cardiol., 75(20), 2635–2638. https://doi.org/10.1016/j.jacc.2020.04.015 DOI: https://doi.org/10.1016/j.jacc.2020.04.015

Aminah, S., Wijaya, T. T., & Yuspriyati, D. (2018). Baroody ( Hendriana , Soemarmo , 2014 ) dengan rasional a ) matematika adalah bahasa esensial informasi yang disampaikan dapat diketahui dan dipahami oleh orang lain. Seperti apa yang usefulness of mathematics arise from the fact that mathematics provide, 1(1), 15–22.

Aspridanel, A., Jalmo, T., & Yolida, B. (2019). Penggunaan problem based learning untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dan berpikir tingkat tinggi. J. Bioterdidik Wahana Ekspresi Ilm., 7(2), 77–87.

Atos, A. (2014). Time management: Menggunakan waktu secara efektif dan efisien. Humaniora, 5(45), 777–785. DOI: https://doi.org/10.21512/humaniora.v5i2.3133

Cahayani, N. N., Witono, A. H., & Setiawan, H. (2022). Profil kemampuan numerasi siswa kelas III SDN 2 Kuta tahun pelajaran 2021/2022. J. Ilm. Profesi Pendidik., 7(2b), 534–538. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2b.546 DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2b.546

Dewi, M. R., Mudakir, I., & Murdiyah, S. (2016). Pengaruh model pembelajaran kolaboratif berbasis lesson study terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. J. Edukasi, 3(2), 29. https://doi.org/10.19184/jukasi.v3i2.3526 DOI: https://doi.org/10.19184/jukasi.v3i2.3526

Elmawati Falabiba, N., et al. (2014). Pengaruh pendekatan inkuiri terbimbinng terhadap kemampuan menarik kesimpulan dan kemampuan berkomunikasi siswa pada materi pokok suhu dan kalor kelas X di SMAN 2 Sleman. Pap. Knowl. . Towar. a Media Hist. Doc., 5(2), 40–51.

Fatimah, F. (2012). Kemampuan komunikasi matematis dalam pembelajaran statistika elementer melalui problem based learning. Cakrawala Pendidik., No 2, 267–276.

Fatmawati, D. D., Shofiyah, N., Studi, P., Ilmu, P., Alam, P., & Sidoarjo, U. M. (2016). Penerapan lembar kerja peserta didik berbasis science technology engineering mathematics dengan model problem based learning sebagai alternatif.

Hapsari, N. S., et al. (2014). Keterampilan kerjasama saat diskusi kelompok siswa kelas XI IPA pada materi asam basa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif di SMA Kemala Bhayangkari 1 Surabaya Group Discussion’s cooperation skill of the student XI science class on acid base ma. Unesa J. Chem. Educ., 3(2), 181–188.

Ika, Y. E. (2018). Pembelajaran berbasis laboratorium IPA untuk melatih keterampilan komunikasi ilmiah siswa SMP kelas VII. JIPFRI (Jurnal Inov. Pendidik. Fis. dan Ris. Ilmiah), 2(2), 101–113. https://doi.org/10.30599/jipfri.v2i2.338 DOI: https://doi.org/10.30599/jipfri.v2i2.338

Kivunja, C. (2014). Teaching students to learn and to work well with 21st century skills: Unpacking the career and life skills domain of the new learning paradigm. Int. J. High. Educ., 4(1), 1–11. https://doi.org/10.5430/ijhe.v4n1p1 DOI: https://doi.org/10.5430/ijhe.v4n1p1

Maasawet, E. T. (2011). Meningkatkan kemampuan kerjasama belajar biologi melalui penerapan strategi inkuiri terbimbing pada siswa kelas VII SMP Negeri VI Kota Samarinda tahun pelajaran 2010/ 2011. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidik. Biol., 2(1), 1–7. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v2i1.197 DOI: https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v2i1.197

Meilinawati, M. (2018). Penerapan model pembelajaran project based learning untuk meningkatkan kolaborasi siswa pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten. J. Mater. Process. Technol., 1(1), 1–8.

Nurwidodo, N., et al. (2021). Analisis profil berpikir kritis, kreatif, keterampilan kolaboratif, dan literasi lingkungan siswa kelas 8 SMP Muhammadiyah sebagai impak pembelajaran modern. Biosci. J. Ilm. Biol., 9(2), 605. https://doi.org/10.33394/bioscientist.v9i2.4642 DOI: https://doi.org/10.33394/bioscientist.v9i2.4642

Octaviana, F., Wahyuni, D., & Supeno, S. (2022). Pengembangan E-LKPD untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa SMP pada pembelajaran IPA. Edukatif J. Ilmu Pendidik., 4(2), 2345–2353. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2332 DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2332

Pramesti, O. B., Astutik, S., Studi, P., & Fisika, P. (2020). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan komunikasi ilmiah dan hasil belajar fisika siswa SMA. 4(1), 21–30. DOI: https://doi.org/10.19109/jifp.v4i1.5612

Purnamawati, H. (2021). Mengembangkan keterampilan komunikasi dan kolaborasi melalui pembelajaran aktif dengan pendekatan MIKiR. J. Ilm. Univ. Batanghari Jambi, 21(2), 664. https://doi.org/10.33087/jiubj.v21i2.1521 DOI: https://doi.org/10.33087/jiubj.v21i2.1521

Rosa, F. O. (2015). Pengembangan modul pembelajaran Ipa Smp pada materi tekanan berbasis keterampilan proses sains. J. Pendidik. Fis., 3(1), 1–10. https://doi.org/10.24127/jpf.v3i1.21 DOI: https://doi.org/10.24127/jpf.v3i1.21

Ruandini, W., Akhdinirwanto, R. W., & Nurhidayati, N. (2012). Peningkatan kemampuan kerjasama melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa SMP N 14 Purworejo tahun pelajaran 2011/2012. Radiasi J. Berk. Pendidik. Fis., 1(1), 1–4.

Saenab, S., Yunus, S. R., & Husain, H. (2019). Pengaruh penggunaan model project based learning terhadap keterampilan kolaborasi mahasiswa pendidikan IPA. Biosel Biol. Sci. Educ., 8(1), 29. https://doi.org/10.33477/bs.v8i1.844 DOI: https://doi.org/10.33477/bs.v8i1.844

Siswa, K. B. (2021). IRSYADUNA: Jurnal Studi Kemahasiswaan, 1(1), 1–13. DOI: https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v1i1.236

Sufajar, D., & Qosyim, A. (2022). Analisis keterampilan kolaborasi siswa SMP pada pembelajaran IPA di masa pandemi COVID-19. Pensa E-Jurnal Pendidik. Sains, 10(2), 253–259.

Suprapto. (2018). Dinamika pendidikan agama. 15(2), 1–415. https://doi.org/10.15294/dp.v10i2.5103

Talika, F. T. (2016). Manfaat internet sebagai media komunikasi bagi remaja di Desa Air Mangga Kecamatan Laiwui Kabupaten Halmahera Selatan. E-Journal, 5(1), 1–6.

Usman, U., Inayah, H., Rahman, A., & Lestari, I. D. (2022). Pengembangan instrumen penilaian keterampilan komunikasi lisan pada pembelajaran biologi di SMA/MA. Bio-Lectura J. Pendidik. Biol., 9(1), 63–78. https://doi.org/10.31849/bl.v9i1.9765 DOI: https://doi.org/10.31849/bl.v9i1.9765

Utama, A. (2017). Pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama terhadap sikap saling menghargai siswa dalam bergaul dengan teman sebaya pada siswa kelas X di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Palembang. J. Konseling Komprehensif Kaji. Teor. dan Prakt. Bimbing. dan Konseling, 4(1), 58–6

Utama, A. (2017). Pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama terhadap sikap saling menghargai siswa dalam bergaul dengan teman sebaya pada siswa kelas X di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Palembang. J. Konseling Komprehensif Kaji. Teor. dan Prakt. Bimbing. dan Konseling, 4(1), 58–68.

Wahyuningsih, P., & Fatonah, S. (2021). Analisis berkomunikasi dalam keterampilan proses sains siswa melalui pembelajaran daring pada mata pelajaran Ipa kelas V di Sdn 2 Negerikaton Pesawaran Lampung. Tarb. Wa Ta'lim J. Penelit. Pendidik. Pembelajaran, 8(1), 1–22.

Winda Yusefni1, S. S. (2016). Pembelajaran IPA terpadu menggunakan pendekatan science writing heuristic untuk meningkatkan kemampuan komunikasi tulisan siswa SMP. J. Pendidik. Biol., 8(1), 1–7. DOI: https://doi.org/10.15408/es.v8i1.1562

Wulandari, F. E., Sidoarjo, U. M., & Proses, K. (2016). Pengaruh pembelajaran berbasis proyek untuk melatihkan keterampilan proses mahasiswa. DOI: https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i2.257

Yulianto, Y., & Sutiarso, S. (2017). Meningkatkan kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika. Semin. Nas. Mat. dan Pendidik. Mat., 1(5), 289–295.

Yusefni, W., & Sriyati, S. (2015). Analisis hubungan aktivitas writing to learn dengan kemampuan berkomunikasi lisan siswa dalam pembelajaran science writing heuristic. Pros. Simp. Nas. Inov. dan Pembelajaran Sains 2015, 585.

Zubaidah, S. (2018). Mengenal 4C: Learning and innovation skills untuk menghadapi era revolusi industri 4.0. In 2nd Sci. Educ. Natl. Conf. (pp. 1–7).

Zubaidah, S. (2020). Keterampilan abad ke-21: Keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. Online, December 2016, 1–7. DOI: https://doi.org/10.36312/e-saintika.v3i2.125

Downloads

Published

2024-06-07

How to Cite

Muamala, K., & Wulandari, R. (2024). Keterampilan Kolaborasi Komunikasi Sains Siswa Sekolah Menengah Sebuah Studi Profil. Jurnal Biologi, 1(4). https://doi.org/10.47134/biology.v1i4.2907

Issue

Section

Articles

Categories