Keterampilan Kolaborasi Komunikasi Sains Siswa Sekolah Menengah Sebuah Studi Profil
DOI:
https://doi.org/10.47134/biology.v1i4.2907Keywords:
Sekolah Menengah, Komunikasi Ilmiah, Keterampilan Kolaborasi, Penelitian Kualitatif, Studi KasusAbstract
Penelitian ini menyelidiki keterampilan komunikasi dan kolaborasi ilmiah di antara siswa kelas delapan selama pembelajaran sains, yang dilakukan di SMP Muhammadiyah 6 Krian pada bulan Mei 2023. Dengan menggunakan pendekatan studi kasus kualitatif, peserta aktif dipilih sebagai subjek penelitian. Analisis yang dilakukan meliputi reduksi data, presentasi, dan kesimpulan. Temuan menunjukkan bahwa meskipun siswa menunjukkan kemahiran dalam komunikasi lisan, mereka kurang percaya diri; namun, mereka secara efektif mengartikulasikan argumen dan menanggapi pertanyaan. Keterampilan komunikasi tertulis penting untuk pembuatan laporan yang sistematis, termasuk tujuan yang jelas, prosedur yang tepat, hasil dan diskusi yang relevan, dan kesimpulan yang akurat. Keterampilan kolaborasi dibuktikan dengan kontribusi yang efektif, kerja sama tim, tanggung jawab, menghargai pendapat yang beragam, dan pertukaran ide yang konstruktif. Penelitian ini menyoroti bidang-bidang yang dapat meningkatkan komunikasi ilmiah dan keterampilan kolaborasi di antara siswa sekolah menengah, yang menawarkan implikasi untuk praktik pendidikan dan pengembangan kurikulum.
References
Almarzooq, Z. I., Lopes, M., & Kochar, A. (2020). Virtual learning during the COVID-19 pandemic: A disruptive technology in graduate medical education. J. Am. Coll. Cardiol., 75(20), 2635–2638. https://doi.org/10.1016/j.jacc.2020.04.015 DOI: https://doi.org/10.1016/j.jacc.2020.04.015
Aminah, S., Wijaya, T. T., & Yuspriyati, D. (2018). Baroody ( Hendriana , Soemarmo , 2014 ) dengan rasional a ) matematika adalah bahasa esensial informasi yang disampaikan dapat diketahui dan dipahami oleh orang lain. Seperti apa yang usefulness of mathematics arise from the fact that mathematics provide, 1(1), 15–22.
Aspridanel, A., Jalmo, T., & Yolida, B. (2019). Penggunaan problem based learning untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dan berpikir tingkat tinggi. J. Bioterdidik Wahana Ekspresi Ilm., 7(2), 77–87.
Atos, A. (2014). Time management: Menggunakan waktu secara efektif dan efisien. Humaniora, 5(45), 777–785. DOI: https://doi.org/10.21512/humaniora.v5i2.3133
Cahayani, N. N., Witono, A. H., & Setiawan, H. (2022). Profil kemampuan numerasi siswa kelas III SDN 2 Kuta tahun pelajaran 2021/2022. J. Ilm. Profesi Pendidik., 7(2b), 534–538. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2b.546 DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2b.546
Dewi, M. R., Mudakir, I., & Murdiyah, S. (2016). Pengaruh model pembelajaran kolaboratif berbasis lesson study terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. J. Edukasi, 3(2), 29. https://doi.org/10.19184/jukasi.v3i2.3526 DOI: https://doi.org/10.19184/jukasi.v3i2.3526
Elmawati Falabiba, N., et al. (2014). Pengaruh pendekatan inkuiri terbimbinng terhadap kemampuan menarik kesimpulan dan kemampuan berkomunikasi siswa pada materi pokok suhu dan kalor kelas X di SMAN 2 Sleman. Pap. Knowl. . Towar. a Media Hist. Doc., 5(2), 40–51.
Fatimah, F. (2012). Kemampuan komunikasi matematis dalam pembelajaran statistika elementer melalui problem based learning. Cakrawala Pendidik., No 2, 267–276.
Fatmawati, D. D., Shofiyah, N., Studi, P., Ilmu, P., Alam, P., & Sidoarjo, U. M. (2016). Penerapan lembar kerja peserta didik berbasis science technology engineering mathematics dengan model problem based learning sebagai alternatif.
Hapsari, N. S., et al. (2014). Keterampilan kerjasama saat diskusi kelompok siswa kelas XI IPA pada materi asam basa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif di SMA Kemala Bhayangkari 1 Surabaya Group Discussion’s cooperation skill of the student XI science class on acid base ma. Unesa J. Chem. Educ., 3(2), 181–188.
Ika, Y. E. (2018). Pembelajaran berbasis laboratorium IPA untuk melatih keterampilan komunikasi ilmiah siswa SMP kelas VII. JIPFRI (Jurnal Inov. Pendidik. Fis. dan Ris. Ilmiah), 2(2), 101–113. https://doi.org/10.30599/jipfri.v2i2.338 DOI: https://doi.org/10.30599/jipfri.v2i2.338
Kivunja, C. (2014). Teaching students to learn and to work well with 21st century skills: Unpacking the career and life skills domain of the new learning paradigm. Int. J. High. Educ., 4(1), 1–11. https://doi.org/10.5430/ijhe.v4n1p1 DOI: https://doi.org/10.5430/ijhe.v4n1p1
Maasawet, E. T. (2011). Meningkatkan kemampuan kerjasama belajar biologi melalui penerapan strategi inkuiri terbimbing pada siswa kelas VII SMP Negeri VI Kota Samarinda tahun pelajaran 2010/ 2011. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidik. Biol., 2(1), 1–7. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v2i1.197 DOI: https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v2i1.197
Meilinawati, M. (2018). Penerapan model pembelajaran project based learning untuk meningkatkan kolaborasi siswa pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten. J. Mater. Process. Technol., 1(1), 1–8.
Nurwidodo, N., et al. (2021). Analisis profil berpikir kritis, kreatif, keterampilan kolaboratif, dan literasi lingkungan siswa kelas 8 SMP Muhammadiyah sebagai impak pembelajaran modern. Biosci. J. Ilm. Biol., 9(2), 605. https://doi.org/10.33394/bioscientist.v9i2.4642 DOI: https://doi.org/10.33394/bioscientist.v9i2.4642
Octaviana, F., Wahyuni, D., & Supeno, S. (2022). Pengembangan E-LKPD untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa SMP pada pembelajaran IPA. Edukatif J. Ilmu Pendidik., 4(2), 2345–2353. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2332 DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2332
Pramesti, O. B., Astutik, S., Studi, P., & Fisika, P. (2020). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan komunikasi ilmiah dan hasil belajar fisika siswa SMA. 4(1), 21–30. DOI: https://doi.org/10.19109/jifp.v4i1.5612
Purnamawati, H. (2021). Mengembangkan keterampilan komunikasi dan kolaborasi melalui pembelajaran aktif dengan pendekatan MIKiR. J. Ilm. Univ. Batanghari Jambi, 21(2), 664. https://doi.org/10.33087/jiubj.v21i2.1521 DOI: https://doi.org/10.33087/jiubj.v21i2.1521
Rosa, F. O. (2015). Pengembangan modul pembelajaran Ipa Smp pada materi tekanan berbasis keterampilan proses sains. J. Pendidik. Fis., 3(1), 1–10. https://doi.org/10.24127/jpf.v3i1.21 DOI: https://doi.org/10.24127/jpf.v3i1.21
Ruandini, W., Akhdinirwanto, R. W., & Nurhidayati, N. (2012). Peningkatan kemampuan kerjasama melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa SMP N 14 Purworejo tahun pelajaran 2011/2012. Radiasi J. Berk. Pendidik. Fis., 1(1), 1–4.
Saenab, S., Yunus, S. R., & Husain, H. (2019). Pengaruh penggunaan model project based learning terhadap keterampilan kolaborasi mahasiswa pendidikan IPA. Biosel Biol. Sci. Educ., 8(1), 29. https://doi.org/10.33477/bs.v8i1.844 DOI: https://doi.org/10.33477/bs.v8i1.844
Siswa, K. B. (2021). IRSYADUNA: Jurnal Studi Kemahasiswaan, 1(1), 1–13. DOI: https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v1i1.236
Sufajar, D., & Qosyim, A. (2022). Analisis keterampilan kolaborasi siswa SMP pada pembelajaran IPA di masa pandemi COVID-19. Pensa E-Jurnal Pendidik. Sains, 10(2), 253–259.
Suprapto. (2018). Dinamika pendidikan agama. 15(2), 1–415. https://doi.org/10.15294/dp.v10i2.5103
Talika, F. T. (2016). Manfaat internet sebagai media komunikasi bagi remaja di Desa Air Mangga Kecamatan Laiwui Kabupaten Halmahera Selatan. E-Journal, 5(1), 1–6.
Usman, U., Inayah, H., Rahman, A., & Lestari, I. D. (2022). Pengembangan instrumen penilaian keterampilan komunikasi lisan pada pembelajaran biologi di SMA/MA. Bio-Lectura J. Pendidik. Biol., 9(1), 63–78. https://doi.org/10.31849/bl.v9i1.9765 DOI: https://doi.org/10.31849/bl.v9i1.9765
Utama, A. (2017). Pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama terhadap sikap saling menghargai siswa dalam bergaul dengan teman sebaya pada siswa kelas X di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Palembang. J. Konseling Komprehensif Kaji. Teor. dan Prakt. Bimbing. dan Konseling, 4(1), 58–6
Utama, A. (2017). Pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama terhadap sikap saling menghargai siswa dalam bergaul dengan teman sebaya pada siswa kelas X di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Palembang. J. Konseling Komprehensif Kaji. Teor. dan Prakt. Bimbing. dan Konseling, 4(1), 58–68.
Wahyuningsih, P., & Fatonah, S. (2021). Analisis berkomunikasi dalam keterampilan proses sains siswa melalui pembelajaran daring pada mata pelajaran Ipa kelas V di Sdn 2 Negerikaton Pesawaran Lampung. Tarb. Wa Ta'lim J. Penelit. Pendidik. Pembelajaran, 8(1), 1–22.
Winda Yusefni1, S. S. (2016). Pembelajaran IPA terpadu menggunakan pendekatan science writing heuristic untuk meningkatkan kemampuan komunikasi tulisan siswa SMP. J. Pendidik. Biol., 8(1), 1–7. DOI: https://doi.org/10.15408/es.v8i1.1562
Wulandari, F. E., Sidoarjo, U. M., & Proses, K. (2016). Pengaruh pembelajaran berbasis proyek untuk melatihkan keterampilan proses mahasiswa. DOI: https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i2.257
Yulianto, Y., & Sutiarso, S. (2017). Meningkatkan kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika. Semin. Nas. Mat. dan Pendidik. Mat., 1(5), 289–295.
Yusefni, W., & Sriyati, S. (2015). Analisis hubungan aktivitas writing to learn dengan kemampuan berkomunikasi lisan siswa dalam pembelajaran science writing heuristic. Pros. Simp. Nas. Inov. dan Pembelajaran Sains 2015, 585.
Zubaidah, S. (2018). Mengenal 4C: Learning and innovation skills untuk menghadapi era revolusi industri 4.0. In 2nd Sci. Educ. Natl. Conf. (pp. 1–7).
Zubaidah, S. (2020). Keterampilan abad ke-21: Keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. Online, December 2016, 1–7. DOI: https://doi.org/10.36312/e-saintika.v3i2.125
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2024 Khofifatul Muamala, Ria Wulandari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.