Penerapan Model Pembelajaran Problembased Learning Terintegrasi Snowball Throwing untuk Meningkatkan Keterampilan Bertanya Siswa Kelas X-4 di SMAN Pakusari

Authors

  • Dewi Hariyanti
  • Indah Rakhmawati Universitas Muhammadiyah Jember
  • Widia Fitriasih Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.47134/biology.v1i3.1974

Keywords:

Problembased Learning, Snowball Throwing, Keterampilan Bertanya

Abstract

Penelitian ini dilatarbekangi oleh rendahnya keterampilan bertanya siswa kelas X-4 di SMA Negeri Pakusari. Rata-rata aktivitas siswa bertanya masih tidak sesuai harapan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan bertanya siswa kelas X-4 di SMA Negeri Pakusari dengan menggunakan Model pembelajaran PBL Terintegrasi Snowball Throwing. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan 2 siklus setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-4 di SMAN Pakusari sebanyak 35 orang siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan lembar observasi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan metode analisis stasistik deskriptif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran biologi menggunakan model pembelajaran PBL terintegrasi snowball throwing dapat meningkatkan keterampilan bertanya siswa kelas X-4 di SMA Negeri Pakusari. Pada siklus I rata-rata keterampilan bertanya siswa sebesar 71% pada kategori kurang dan   meningkat menjadi 80% pada siklus II yang berada pada kategori baik.

References

Bahiroh, S. (2020). Improving student happiness through the snowball throwing method in the implementation of student conceling groups of state vocational schools 2 Depok yogyakarta. Journal of Critical Reviews, 7(5), 563–568. https://doi.org/10.31838/jcr.07.05.117 DOI: https://doi.org/10.31838/jcr.07.05.117

Charli, L. (2021). Extrovert and introvert personalities use inside outside circle and snowball throwing learning models. AIP Conference Proceedings, 2320. https://doi.org/10.1063/5.0037757 DOI: https://doi.org/10.1063/5.0037757

de Araújo, M. (2018). Constrains and challenges of learning experience with problem based learning: A pilot study in the perception of students of the marketing discipline of the course of administration of the Federal University of Rio Grande do Norte –UFRN. International Symposium on Project Approaches in Engineering Education, 8, 528–535.

Hafidz, M. Al. (2019). The Effectivity of Snowball Throwing Learning Model Viewed from the Activeness and the Achievement of Students at Vocational High School. Journal of Physics: Conference Series, 1273(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1273/1/012011 DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1273/1/012011

Hasnawi, Ikman, & Astuti, A. (2016). Effectiveness Model of Auditory Intellectually Repetition (AIR) to Learning Outcomes of Math Student. International Journal of Education and Research, 4(5).

Hidayati, N. (2023). Effective learning model bases problem based learning and digital mind maps to improve student’s collaboration skills. International Journal of Evaluation and Research in Education, 12(3), 1307–1314. https://doi.org/10.11591/ijere.v12i3.22654 DOI: https://doi.org/10.11591/ijere.v12i3.22654

Khamsa, S. S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problembased Learning Kombinasi Snowball Throwing Berbasis E-Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik SMK. Jurnal Arta, 6(3). DOI: https://doi.org/10.32505/qalasadi.v3i2.1366

Lestari, & Suniasih, D. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbasis Lagu-Lagu Anak Terhadap Kompetensi Pengetahuan PKn. Journal of Education Technology, 1(3). DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12500

Luh, S. (2011). Penerapan Model Snowball Throwing Berbantuan Media Sederhana Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Di SD No 1 Petandakan.

Putra, R. E. (2020). Pengembangan Model Problembased Learning (PBL) Dengan Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.

Putri, M. (2019). Penerapan Model Problembased Learning Menggunakan Teknik Probing Question Untuk Meningkatkan Keterampilan Bertanya Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1).

Putu. (2018). Upaya Meningkatkan Keterampilan Bertanya melalui Penerapan Pembelajaran Berbasis Snowball Throwing. Journal of Education Action Research, 2(2). DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v2i2.14439

Rahman, M. F. (2017). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Ar-Ruzzmedia.

Rismaini, L. (2020). Implementation of Modul Based on Snowball Throwing Model to Improve Interest of Exercise Working in Mathematical Learning for 4th Grade in SDN 19 Nan Sabaris. Journal of Physics: Conference Series, 1554(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1554/1/012013 DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1554/1/012013

Saleh, M. (2013). Strategi pembelajaran Fiqh dengan Problembased Learning. Jurnal Ilmiah: Dosen FITK UIN Syarif Hidayatullah, 14(1), 190–220. DOI: https://doi.org/10.22373/jid.v14i1.497

Saputra, H. I. (2019). Implementing Snowball Throwing Model to Improve Learning Motivation and Test Score of Vocational High School Students. Journal of Physics: Conference Series, 1273(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1273/1/012012 DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1273/1/012012

Simarmata, N. N. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Pembelajaran Snowball Throwing. JIPP Undiksha, 2(1). DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13854

Sudjana. (2005). Metoda Statistik. Tarsito.

Sukerni, N. K. (2020). Model Pembelajaran Problembased Learning Dengan Strategi Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa. Jurnal Santiaji Pendidikan, 10(2). DOI: https://doi.org/10.36733/jsp.v10i2.1086

Utami, W. P. (2022). Analysis of teacher’s need through student’s worksheet development based on problem based learning on acid-base material. AIP Conference Proceedings, 2645. https://doi.org/10.1063/5.0113898 DOI: https://doi.org/10.1063/5.0113898

Zulyusri. (2019). The application of cooperative learning model type problem base learning (PBL) to increase the learning activities of students of class XII MIA 3 in SMA Negeri 1 Padang. Journal of Physics: Conference Series, 1317(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1317/1/012195 DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1317/1/012195

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

Hariyanti, D. ., Rakhmawati , I., & Fitriasih, W. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problembased Learning Terintegrasi Snowball Throwing untuk Meningkatkan Keterampilan Bertanya Siswa Kelas X-4 di SMAN Pakusari. Jurnal Biologi, 1(3), 1–12. https://doi.org/10.47134/biology.v1i3.1974

Issue

Section

Articles

Categories

Similar Articles

<< < 1 2 3 

You may also start an advanced similarity search for this article.