Penerapan Model Project Based Learning dalam Menginisiasi Kegiatan Kolaboratif Peserta Didik pada Pembelajaran Biologi
DOI:
https://doi.org/10.47134/biology.v1i3.1972Keywords:
Paradigma, Kurikulum, Kolaborasi, GuruAbstract
Pendidikan menjadi sebuah upaya dalam mengembangkan tiga aspek penting yang ada di dalam diri seseorang, yaitu pandangan hidup, sikap hidup, dan keterampilan hidup yang dapat dilaksanakan di lingkungan keluarga, sekolah maupun di luar sekolah. Pembelajaran paradigma baru berorientasi kepada peserta didik (student centered) dengan menerapkan kurikulum merdeka belajar dimana peserta didik memiliki kebebasan atau kemerdekaan dalam belajar. Pada implementasi kurikulum merdeka guru harus menerapkan model pembelajaran yang dapat mengajak peran aktif peserta didik serta mengasah keterampilan abad ke-21 salah satunya Kolaboratif. Model pembelajaran yang dapat menginisiasi kegiatan kolaboratif peserta didik adalah project based learning (PjBL) atau pembelajaran berbasis masalah. Kegiatan pembelajaran paradigma baru yang dilakukan telah banyak memanfaatkan teknologi namun tidak dapat merubah peran nyata seorang guru dalam proses pembelajaran baik dalam interaksi, ikatan emosional, serta penanaman karakter dan teladan seorang guru. Tiga peran penting yang harus dimiliki oleh guru dalam pendidikan berbasis digital global antara lain guru sebagai pembawa perubahan, guru sebagai pembaharu pengetahuan, serta guru sebagai konsultan. Sikap atau tipe guru yang akan mewarnai implementasi kurikulum paradigma baru tahun 2023 antara lain guru pengikut, guru pengembang, dan guru pencipta.
References
Abuddin Nata. (2002) 'Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan', Jakarta: Persada.
Anggraini, Lasmaida N. S., Miftahul J., and M Sopian. (2017) 'Perubahan Paradigma Peran Guru dalam Pembelajaran', Prosiding Seminar Nasional 20 Program Pascasarjana.
Alfaeni D., Mia N., and Mimi H. (2022) 'Kemampuan Kolaborasi Siswa melalui Model Project Based Learning Menggunakan Zoom pada Materi Ekosistem', BIOEDUKASI: Jurnal Pendidikan Biologi. DOI: https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v13i2.6330
Badan Standar Nasional Pendidikan. (2010) 'Paradigma Pendidikan Nasional Abad XXI', BSNP.
Bedir, H. (2019) 'Pre-service ELT teachers’ beliefs and perceptions on 21st century learning and innovation skills (4Cs)', Journal of Language and Linguistic Studies. DOI: https://doi.org/10.17263/jlls.547718
Dewi Rahmadayanti and Agung Hartoyo, (2022) 'Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar', Jurnal Basicedu. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431
Dian, Rahaian, (2016) 'Pergeseran Paragidma Pembelajaran pada Pendidikan Tinggi', Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi STKIP Garut.
Irman, S., and Waskito, W. (2020) 'Validasi Modul Berbasis Project Based Learning pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital', Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 260–269.
Irwan, Nuryani, and Masruddin. (2023) 'Kolaborasi Sekolah dengan orang Tua dalam Meningkakan Proses Belajar Peserta Didik', Jurnal of islamic Education Management. DOI: https://doi.org/10.24256/kelola.v8i1.3556
Kembara, Rozak, and Hadian. (2018) 'Research-based Lectures to Improve Students’ 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking, and Creativity) Skills', Proceedings of the Second Conference on Language, Literature, Education, and Culture (ICOLLITE).
Laili, Ganefri, and Usmeldi. (2019) 'Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik', Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran.
Lukitoyo, Pristi Suhendro and Mahasiswa PGSD. (2021) 'Efektifitas Guru', Medan: Gerhana Media Kreasi.
Mulyono, and Ampo, I. (2021) 'Pemanfaatan Media Dan Sumber Belajar Abad 21. Paedagogia', Jurnal Pendidikan. DOI: https://doi.org/10.24239/pdg.Vol9.Iss2.72
Nurfitriyanti, Maya. (2016) 'Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika', Jurnal Formatik. DOI: https://doi.org/10.30998/formatif.v6i2.950
Purwato, Eko, M., and Ismail Hasim. (2022) 'Sikap Guru dalam Melaksanakan Kebijakan Kurikulum Paradigma Baru', Jurnal Ilmiah Kependidikan. DOI: https://doi.org/10.30998/fjik.v9i2.12079
Ramdani, Z., Amrullah, S., and Tae, L. F. (2019) 'Pentingnya Kolaborasi dalam Menciptakan Sistem Pendidikan yang Berkualitas', MEDIAPSI. DOI: https://doi.org/10.21776/ub.mps.2019.005.01.4
Riskayanti, Y. (2021) 'Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis, Komunikasi, Kolaborasi Dan Kreativitas Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Di SMA Negeri 1 Seteluk', Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah. DOI: https://doi.org/10.51878/secondary.v1i2.117
Sanjaya, Wina. (2007) 'Strategi Pembelajaran', Jakarta: Kencana.
Supriyadi, Roudloh M. L., Ani R., Wiwi I., Endang S., and Suraji. (2022) 'Penyusunan Instrumen Asesmen Diagnostik untuk Persiapan Kurikulum Merdeka', Jurnal of Community Empowement. DOI: https://doi.org/10.15294/jce.v2i2.61886
Susilowati, E. (2022) 'Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembentukan Karakter Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam', Al-Miskawaih: Journal of Science Education. DOI: https://doi.org/10.56436/mijose.v1i1.85
Wijayanti, N. P. A., Damayanthi, L. P. E., Sunarya, I. M. G., and Putrama, I. M. (2016) Pengembangan E-Modul Berbasis Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Untuk Siswa Kelas X Studi Kasus di SMK Negeri 2 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan. DOI: https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v13i2.8526
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2023 Saltsa Ridlotul Jannah, Ridlo Firmansyah, Ayu Nurfitri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.