Pola Komunikasi Crew Dengan Klien Dalam Pelaksanaan Acara Pernikahan Pada Shakila Wedding Organizer
DOI:
https://doi.org/10.47134/jbkd.v1i4.3140Keywords:
Wedding Organizer, Pola Komunikasi, Crew, KlienAbstract
Dalam era modern saat ini, kehadiran wedding organizer telah menjadi solusi bagi calon pengantin dan keluarga dalam merencanakan serta mengawasi jalannya acara pernikahan sesuai jadwal yang telah ditetapkan. Wedding organizer hadir sebagai layanan khusus yang membantu membuat persiapan acara pernikahan menjadi lebih praktis, serta menjadi bagian dari industri penyelenggaraan paket pernikahan yang terus berkembang mengikuti kebutuhan pasar. Pemahaman terhadap keinginan dan harapan dari pengguna jasa terhadap kualitas layanan yang diberikan menjadi nilai tambah bagi pemilik bisnis wedding organizer.Penelitian ini adalah studi kualitatif yang bertujuan untuk memahami masalah-masalah dalam kehidupan sosial dengan menggunakan pendekatan holistik, kompleks, dan rinci. Pendekatan induktif digunakan untuk menyusun konstruksi teori atau hipotesis melalui pengungkapan fakta, sesuai dengan paradigma kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan adanya pola komunikasi dua arah (sirkular) antara crew dan klien pada Shakila Wedding Organizer. Pola komunikasi ini terjadi melalui pertukaran informasi antara kedua belah pihak secara timbal balik. Di Shakila Wedding Organizer, komunikasi dua arah yang sirkular terjadi antara crew dan klien, serta di antara crew di dalam tim sendiri.Studi ini memberikan pemahaman yang mendalam tentang dinamika komunikasi antara crew dan klien dalam konteks industri pernikahan. Implikasi dari temuan ini dapat digunakan sebagai panduan bagi pemilik bisnis dan praktisi dalam meningkatkan komunikasi dan hubungan dengan klien, serta memberikan layanan yang lebih baik dalam pelaksanaan acara pernikahan.
References
A. Anggito, & J. Setiawan. (2018). Metodologi penelitian kualitatif (1st ed.). CV Jejak.
A.E. Prayogi, T. Holillah, N. Laia, & Y.N. Faisa. (2021). Analisis gaya kepemimpinan terhadap kinerja team pada Dperfect Planner Wedding Organizer Medan. Komunika Jurnal Komunikasi, 17(1). DOI: https://doi.org/10.32734/komunika.v17i1.6771
A.F. Nasution. (2023). Metode penelitian kualitatif (1st ed.). CV Harfa Creative.
A.R. Sitinjak. (2018). Pola komunikasi public relation officer dalam mempertahankan citra PT. Lion Air Indonesia Cabang Manado. Journal Acta Diurna, 1(1).
A.T. Aulia. (2018). Strategi komunikasi pemasaran Patron Wedding Organizer melalui media sosial Instagram. Lektur Jurnal Komunikasi, 1(1). DOI: https://doi.org/10.21831/lektur.v1i1.12614
Abdussamad, Z. (2021). Metode penelitian kualitatif (1st ed.). CV Syakir Media Press. DOI: https://doi.org/10.31219/osf.io/juwxn
Ali, K. (2020). Pengaruh promosi melalui media sosial dan word of mouth terhadap keputusan konsumen memilih wedding organizer (Studi pada konsumen Art Project Lampung di Kecamatan Trimurjo Lampung Tengah). Jurnal Manajemen dan Bisnis (JMB), 1(2). DOI: https://doi.org/10.57084/jmb.v1i2.453
Ambarwati, A.P., Anindika, I.L., & Mustika. (2018). Pernikahan adat Jawa sebagai salah satu kekuatan budaya Indonesia. Prosiding Senasbasa, 2(2).
Anderson, K. (2018). Kualitas pelayanan Amor Wedding and Event Organizer menurut konsumen di Semarang. [Unpublished undergraduate thesis]. Universitas Katolik Soegijapranata, Semarang.
Anggraini, J. (2020). Potensi bisnis wedding organizer di Kota Medan sebagai salah satu multiplier effect industri MICE di Kota Medan. Jurnal Ilmiah Maksitek, 5(1).
B.E. Dono. (2021). Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi siswa. Guepedia.
D. Hadiani, A.H. Munawar, & N. Supriatna. (2019). Keputusan memilih jasa wedding organizer berdasarkan physical evidence factor (Studi kasus pada CV. Anpian Wedding Organizer Ciamis). JKBM (Jurnal Konsep Bisnis dan Manajemen), 6(1). DOI: https://doi.org/10.31289/jkbm.v6i1.2891
D.D. Pohan, & U.S. Fitria. (2021). Jenis-jenis komunikasi. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 2(3).
D.I. Cahyani, M.I. Kartasurya, & M.Z. Rahfiludin. (2020). Gerakan masyarakat hidup sehat dalam perspektif implementasi kebijakan (Studi kualitatif). Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia, 15(1). DOI: https://doi.org/10.26714/jkmi.15.1.2020.10-18
E. Maiyana, M. Susanti, & F. Rahayu. (2019). Penyewaan online wedding organizer berbasis web. Jurnal Sains dan Informatika, 5(1).
E. Maiyana, M. Susanti, & F. Rahayu. (2019). Penyewaan online wedding organizer berbasis web. Jurnal Sains dan Informatika Research of Science and Informatic, 5(1). DOI: https://doi.org/10.22216/jsi.v5i1.4158
Ekawati, A. (2020). Pola pelaksanaan bimbingan klien pemasyarakatan selama menjalankan program integrasi untuk tidak melakukan tindak pidana: Studi di Balai Pemasyarakatan Kelas I Bandung. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 2(1).
F. Norhabiba, & S.A.R. Putri. (2018). Hubungan intensitas akses media baru dan kualitas interaksi lingkungan sekitar pada mahasiswa Untag Surabaya. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(1). DOI: https://doi.org/10.14710/interaksi.7.1.8-15
F.R. Fiantika. (2022). Metodology penelitian kualitatif (1st ed.). PT Global Eksekutif Teknologi.
Hardani. (2020). Metode penelitian kualitatif dan kuantitatif (1st ed.). CV Pustaka Ilmu Group.
Haryokao, S., Bahartiar, & F. Arwadi. (2020). Analisis data penelitian kualitatif (1st ed.). Mahbassar Badan Penertat Universitas Makassar.
I.A. Zumarnis, Z. Abidin, M. Rifai, & K. Mardiyah. (2023). Pengaruh komunikasi pemasaran digital pada media sosial Instagram terhadap brand awareness dan keputusan menggunakan jasa wedding organizer Teman Manten. Innovative: Journal of Social Science Research, 3(4).
Iqbal, M. (2018). Psikologi pernikahan (1st ed.). Gema Insani.
J. Setyawan, E. Rusdianti, & H. Widhiastuti. (2021). Pengaruh kepuasan, kompensasi, dan kerjasama tim terhadap kinerja karyawan di mediasi keterlibatan karyawan. Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 14(2). DOI: https://doi.org/10.26623/jreb.v14i2.4229
L. Kendhawati & F.D. Purba. (2019). Hubungan kualitas pernikahan dengan kebahagiaan dan kepuasan hidup pribadi: Studi pada individu dengan usia pernikahan dibawah lima tahun di Bandung. Jurnal Psikologi, 18(1). DOI: https://doi.org/10.14710/jp.18.1.106-115
M. Majduddin, & M. Muizzuddin. (2019). Tinjauan hukum Islam mengenai larangan walimah al ’Ursh selain musim panen menurut adat Desa Sidokumpul Sambeng Lamongan. Miyah: Jurnal Studi Islam, 15(2).
M.A. Equatora, & L. Manting. (2021). Teknik pengumpulan data klien (1st ed.). Bitread Publishing.
M.A. Hasibuan. (2019). Komunikasi sirkular (Circular Theory). Jurnal Network Media, 2(1).
M.A. Hasibuan. (2019). Komunikasi sirkular (Circular Theory). Jurnal Network Media, 2(1).
M.H. Cinthiya. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan klien pada jasa makeup pengantin di Desa Pekarungan Sidoarjo. e-Jurnal, 9(4).
Mohajan, H. (2018). Qualitative research methodology in social sciences and related subjects. Journal of Economic Development, Environment and People, 7(1). DOI: https://doi.org/10.26458/jedep.v7i1.571
N. Yusuf, R. Lahati, A. Vindri M., & F. Hasan. (2022). Perubahan kebiasaan pesta pernikahan pada masyarakat Bolaang Mongondow. Al-Mizan, 18(2). DOI: https://doi.org/10.30603/am.v18i2.2870
N.A. Basyah, A. Razak, & Zulfadhli. (2020). Metode kualitatif dalam riset bisnis: Satu tinjauan. Economica Didactica, 2(2).
N.F. Rahmawati, & M.T. Abadi. (2023). Analisis studi kelayakan bisnis wedding organizer (Studi kasus pada “Rahma Wedding Organizer” di Kabupaten Pekalongan). BISMA: Business and Management Journal, 1(4). DOI: https://doi.org/10.59966/bisma.v1i04.226
P. Lestari, & Sugiyono. (2021). Metode penelitian komunikasi (1st ed.). Alfabeta.
P.M. Purnama. (2018). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen serta dampaknya pada loyalitas konsumen wedding organizer di Kota Prabumulih. Jurnal Ilmu Manajemen, 7(2). DOI: https://doi.org/10.32502/jimn.v7i2.1564
Putri Sahroma K.S., & M. Anasrullah. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan dan promosi terhadap kepuasan pengguna jasa pada Nadzira Wedding Organizer Tulungagung. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi Kewirausahaan, 1(2). DOI: https://doi.org/10.29407/jpeaku.v1i2.16670
Rukin. (2019). Metodologi penelitian kualitatif (1st ed.). Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.
S.A. Pucy. (2023). Strategi komunikasi pemasaran Katajie Wedding Organizer dalam menarik minat konsumen di Kota Bandung. [Unpublished undergraduate thesis]. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pasundan, Bandung.
U.B. Haryoko, V.L.D. Pasaribu, & Ardiyansyah. (2020). Pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Firman Dekorasi (Wedding Organizer). Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 2(1). DOI: https://doi.org/10.46918/point.v2i1.566
W. Florentina, & I. Ikhwan. (2021). Perubahan dalam penyelenggaraan pesta pernikahan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2).
Yosanto, Y. (2019). Ragam pendekatan penelitian kualitatif. Journal of Scientific Communication, 1(1). DOI: https://doi.org/10.31506/jsc.v1i1.7764
Yuliani, W. (2018). Metode penelitian deskriptif kualitatif dalam perspektif bimbingan dan konseling. Ouanta, 2(2). DOI: https://doi.org/10.22460/q.v2i2p83-91.1641