Makna Kreativitas dan Identitas Brand dalam Proses Pengembangan Bisnis Fashion Remaja: Studi Kualitatif pada Yutama.cft

Authors

  • Mohammad Ryan Mahardika Administrasi Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Muhammad Arif Farhan Nur Hidayat Administrasi Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Sonja Andarini Administrasi Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Indah Respati Kusumasari Administrasi Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.47134/jbkd.v2i4.4371

Keywords:

Kreativitas, Identitas Brand, Bisnis Fashion, Remaja, Yutama.cft

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami makna kreativitas dan identitas brand dalam proses pengembangan bisnis fashion remaja, dengan studi kasus pada Yutama.cft, sebuah brand lokal yang berfokus pada produk kaos dan hoodie di Surabaya. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus, melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas tidak hanya tercermin dalam desain produk, tetapi juga dalam cara penyampaian nilai-nilai brand kepada konsumen melalui narasi visual dan komunikasi digital. Identitas brand Yutama.cft dibangun dari kombinasi elemen lokal dan nilai kebebasan berekspresi, yang kemudian dikemas dalam konsep visual yang konsisten dan relevan dengan karakteristik remaja urban. Proses pengembangan bisnis sangat dipengaruhi oleh pemaknaan personal pemilik terhadap nilai kebebasan (jiyuu) dan jiwa (tamashi) yang menjadi dasar filosofi brand. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pemahaman yang mendalam terhadap kreativitas dan identitas brand merupakan aspek krusial dalam membentuk diferensiasi dan daya saing bisnis fashion remaja di tengah persaingan pasar yang kompetitif.

References

Hapsari, R. K. (2020). Manajemen Merek: Strategi Membangun Citra dan Loyalitas Konsumen. Deepublish.

Kristina, S. (2024). Konstruksi identitas diri remaja pengguna Korean fashion pada media sosial TikTok. Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(2), 26–34.

Nasution, D. A. (2022). Strategi brand identity UMKM fesyen lokal dalam meningkatkan daya tarik generasi Z. Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana, 14(1), 1-13.

Nugroho, A. &. (2020). Merek Sebagai Identitas Sosial: Studi Persepsi Generasi Z terhadap Brand Streetwear Lokal. Jurnal Sosiologi Reflektif, 25.

Putri, A. S. (2024). Pengaruh tren mode berkain pada Generasi Z terhadap upaya revitalisasi dan aktualisasi identitas budaya dalam perspektif etika. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(14), 243–252.

Putri. (2024). Pengaruh tren mode berkain pada Generasi Z terhadap upaya revitalisasi dan aktualisasi identitas budaya dalam perspektif etika. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(14), 243–252.

Qorib, E. (2023). Penggunaan busana sebagai bentuk ekspresi dan identitas mahasiswa di media sosial. Jurnal Komunikasi Nusantara, 5(2), 236–251.

Rachmawati, N. &. (2022). Eksplorasi Makna Desain Visual pada Brand Lokal dalam Industri Kreatif. Jurnal Desain dan Komunikasi Visual, 6(2), 101-112.

Santoso, D. &. (2021). Strategi Pengembangan UMKM Fashion di Era Digital: Studi Kasus pada Brand Lokal Indonesia. Jurnal Ekonomi Kreatif dan Kewirausahaan, 88-97.

Sari, M. D. (2021). Analisis Perilaku Konsumen Remaja terhadap Produk Fashion Lokal di Era Digital. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Digital, 97.

Suryani, T. &. (2021). Peran Media Sosial dalam Strategi Pemasaran UMKM Fashion di Era Digital. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Sosial, 149-158.

Utami, S. R. (2022). Preferensi Remaja terhadap Identitas Brand Lokal: Studi Perilaku Konsumen Fashion. Jurnal Psikologi Konsumen Indonesia, 4(1), 34-45.

Widdiyanto, C. (2021). Pengaruh Identitas Merek terhadap Loyalitas Merek melalui Citra Merek dan Kepercayaan Merek Aplikasi Zoom Cloud Meeting. Institutional Repository Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie.

Wiranata, R. (2020). Kajian pustaka tentang visual branding pada fashion techwear untuk konsumen Gen Z. Jurnal Rupa Matra, 3(2), 85-91.

Zulfikar, M. A. (2023). Pengaruh narasi brand terhadap keputusan pembelian produk fashion lokal di kalangan Gen Z. Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia, 12(1), 55-56.

Downloads

Published

2025-06-20

How to Cite

Mahardika, M. R., Hidayat, M. A. F. N., Andarini, S., & Kusumasari , I. R. (2025). Makna Kreativitas dan Identitas Brand dalam Proses Pengembangan Bisnis Fashion Remaja: Studi Kualitatif pada Yutama.cft. Jurnal Bisnis Dan Komunikasi Digital, 2(4), 9. https://doi.org/10.47134/jbkd.v2i4.4371

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.