Implementasi Penggunaan Data Analytics untuk Mengoptimalkan Pengambilan Keputusan Bisnis di Era Digital
DOI:
https://doi.org/10.47134/jbkd.v2i2.3459Keywords:
Data Analitik, Bisnis, Pengambilan KeputusanAbstract
Kemajuan teknologi informasi, Internet of Things (IoT), dan kemampuan komputasi besar (big data) telah menghasilkan volume data yang luar biasa besar, yang mencakup berbagai aspek operasional dan perilaku konsumen. Dengan menggunakan data analytics, perusahaan dapat memperoleh wawasan yang lebih terperinci mengenai berbagai aspek bisnis, mulai dari perilaku konsumen, tren pasar, hingga kinerja operasional. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui penggunaan data analytics untuk meningkatkan pengambilan keputusan bisnis di era digital. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa peran data analytics dalam bisnis yaitu memberikan perusahaan kemampuan untuk membuat keputusan yang lebih cerdas dan strategis, meningkatkan efisiensi, dan menyesuaikan diri dengan perubahan pasar, yang pada akhirnya memperkuat daya saing dan mendukung pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. Dalam proses data analytics, ada 4 tahapan yaitu Pengumpulan data, Pemrosesan data, Analisis data, dan Interpretasi data. Perusahaan dapat memperoleh keunggulan kompetitif dengan mengoptimalkan operasional, meningkatkan efisiensi, menanggapi perubahan pasar, dan memprediksi tren masa depan melalui proses ini. Serta, Data analytics mengubah cara bisnis beroperasi dengan membantu memahami pelanggan, menemukan peluang, dan membuat keputusan berbasis bukti. Ini juga meningkatkan efisiensi operasional dan manajemen risiko, mendukung inovasi dan pertumbuhan jangka panjang.
References
Anissa, Anara., & Novita. (2023). Penggunaan Data Analytics Terhadap Peningkatan Deteksi Kecurangan Pada Pemeriksaan Eksternal. Journal of Economics, Management, Acounting, and Technology. 6(1). 34-45
Afolabi, Jide., Dzotrah, Gordon., & Opoku, George. (2024). The Impact of Business Analytics on Financial Performance and Economic Contribution of Small and Mid-sized Enterprises. The International Journal of Business & Msanagement, 12(8): 1
Ayokanmbi, F. M. (2021). The Impact of Big Data Analytics on Decision-Making. International Journal of Management, IT & Engineering, 11(4), 2-3.
Cornwell, Nikki., Bilson, Christopher., Gepp, Adrian., & Stern, Steven. (2022). The Role of Data Analytics within Operational Risk Management: A Systematic Review From the Financial Services and Energy Sectors. Journal of the Operational Research Society. 74(1): 1-29
Deorita.com. (2024, 29 Oktober). Peran Data Analytics dalam Mengoptimalkan pengambilan Keputusan Bisnis. Diakses pada 12 Desember 2024, dari https://deriota.com/news/read/1367/peran-data-analytics-dalam-mengoptimalkan-pengambilan-keputusan-bisnis.html
Goar, Vishar & Singh Yadav, Nagendra. (2022). Business Decision Making by Big Data Analytics. International Journal on Recent and Innovation Trends in Computing and Communication, 10(5): 22-35
Hayati, Zahara. (2019). Teori-Teori Pengambilan Keputusan. 1-3
Maulani, Nadhifatul., & Widoretno, Astrini. (2024). Analisis Pemanfaatan Data Analytics Dalam Pengambilan Keputusan Bisnis di PT XYZ. Jurnal Ekonomi Revolusioner. 7(7). 164-170
Tiwari, Vijai. (2024). Role of Data Analytics in Business Decision Making. Knowledgeable Research A Multidisciplinary Journal, 3(01): 18-27
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rismaninda Putri Dwi Prasetya, Radifa Nur Azizah, Jentayu Bayu Warita Halwa, Rusdi Hidayat Nugroho, Indah Respati Kusumasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.