Pengaruh Kredibilitas Influencer, Kualitas Konten, dan Interaksi Sosial terhadap Keputusan Pembelian di E-Commerce TikTok
DOI:
https://doi.org/10.47134/jbkd.v2i2.3571Keywords:
TikTok, Belanja Online, Keputusan PembelianAbstract
TikTok telah berkembang menjadi platform penting untuk pemasaran produk, terutama melalui influencer, seiring dengan meningkatnya popularitas platform media sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh interaksi sosial, kualitas konten, dan kredibilitas influencer terhadap keputusan pembeli yang dibuat di toko online TikTok. Kredibilitas influencer diukur melalui kepercayaan dan otoritas yang mereka miliki. Di sisi lain, kualitas konten mencakup elemen visual dan informatif dari konten yang ditawarkan. Interaksi sosial mencakup interaksi pengguna, seperti menyukai, meninggalkan komentar, dan berbagi, yang dapat memengaruhi persepsi konsumen dan keputusan mereka untuk membeli sesuatu. Penelitian ini menggunakan survei online yang melibatkan responden yang sering berbelanja di TikTok. Hasil analisis menunjukkan bahwa ketiga variabel tersebut memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan kredibilitas influencer yang paling penting. Studi ini membantu pemasar memahami pentingnya strategi pemasaran yang dilibatkan.
References
Data, N. kata. (n.d.). Kuesioner tertutup. Nasional Kata Data.Co.Id. https://katadata.co.id/agung/berita/62b9f04590193/kuesioner-adalah-metode- pengumpulan-data-berikut-jenis-dan-contohnya
Gramedia. (n.d.). Pengertian kepuasan konsumen. https://www.gramedia.com/literasi/hipotesis-penelitian/#:~:text=Sugiyono mengartikan hipotesis sebagai jawaban sementara yang dibuat,dibuat berdasarkan kepada teori%2C sehingga dibutuhkan uji hipotesis
Sari, P. P. (2023). Strategi Influencer dalam Upaya Meningkatkan Niat Beli di Social Commerce. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 4(4), 214–237. https://doi.org/10.47747/jnmpsdm.v4i4.1689
Usman, D. M., Hariasih, M., & Pebrianggara, A. (2024). Peran Influencer, Fitur Live Streaming dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare The Originote pada Aplikasi Tik Tok. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(5), 3750–3765. https://doi.org/10.47467/elmal.v5i5.2063
Wirapraja, A., Hariyanti, N. T., & Aribowo, H. (2023). Kajian Literatur Dampak dan Pengaruh Digital Influencer Marketing terhadap Perkembangan Strategi Bisnis. KONSTELASI: Konvergensi Teknologi Dan Sistem Informasi, 3(1), 37–47. https://doi.org/10.24002/konstelasi.v3i1.7098
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Amanda Septia Kirana, Alfina Damayanti, Neni Nora Tumanggor, Pupung Purnamasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.