Pengaruh Lifestyle, Diskon, dan Iklan Produk Fashion terhadap Impulse Buying pada Generasi Z di Yogyakarta melalui Media Tiktok Shop

Authors

  • Rizki Awaliah Pertiwi Universitas Widya Mataram
  • Bangun Putra Prasetya Universitas Widya Mataram

DOI:

https://doi.org/10.47134/jbkd.v1i4.2752

Keywords:

Lifesytle, Diskon, iklan, Impulse Buying

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pembelian impulsif pada pengguna Tiktok Shop. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah lifestyle (X1), diskon (X2), dan iklan (X3). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengguna Tiktok Shop yang berdomisili di Yogyakarta. Sampel penelitian berjumlah 100 dan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Selain itu, penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional dengan analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Lifestyle (X1) tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Pembelian Impulsif (Y), sedangkan Diskon (X2), dan Iklan (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pembelian Impulsif (Y) baik secara parsial maupun simultan.

References

Ahmad, S. H., Wolok, T., & Abdussamad, Z. K. (2022). Pengaruh gaya hidup belanja dan promosi produk perawatan kulit terhadap impulse buying melalui media TikTok Shop. JAMBURA: Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 5(2), 784-793.

Angela, V., & Paramita, E. L. (2020). Pengaruh lifestyle dan kualitas produk terhadap keputusan impulse buying konsumen Shopee generasi Z. Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis & Manajemen, 10(2), 248-262. DOI: https://doi.org/10.37932/j.e.v10i2.132

Arif, M. (2021). Pengaruh social media marketing, Electronic Word Of Mouth (EWOM) dan lifestyle terhadap keputusan pembelian online. Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial Dan ….

Ayunissa, C. A. (2024). Pengaruh Self Control dan Lifestyle Terhadap Financial Management Behaviour Mahasiswa FEBI UIN SAIZU Purwokerto. JOMI: Jurnal Organisasi Dan …. https://ejournal.mediapenamandiri.com/index.php/jomi/article/view/33

Dewi, A. S., Inayati, T., & Efendi, M. J. (2022). Pengaruh Digital Marketing, Electronic Word of Mouth, dan Lifestyle terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee Indonesia. Jurnal Teknologi Dan Manajemen …. http://jurnal-tmit.com/index.php/home/article/view/50

Diana, A. M. E., & Nuryanto, I. (2024). Pengaruh Healthy Lifestyle, Product Quality Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Susu Bubuk Frisian Flag Di Kota Semarang. Jurnal Ilmiah …. https://ejurnal.kampusakademik.co.id/index.php/jiem/article/view/1166

Efendi, M. S. A., & Purwanto, S. (2023). Pengaruh Brand Image, Celebrity Endorser Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Sneakers Nike. Management Studies and …. https://journal.yrpipku.com/index.php/msej/article/view/2489

Faadhilah, G., Gumilar, R., & ... (2023). Pengaruh Lifestyle, Self Control, dan Financial Literacy terhadap Perilaku Konsumsi. Global Education …. http://journal.civiliza.org/index.php/gej/article/view/175

Geraldo, R. I., Tobing, R. P., & Larasati, N. (2022). Pengaruh penggunaan aplikasi e-commerce, intensitas iklan dan pengurangan harga terhadap pembelian impulsif konsumen generasi milenial. Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi, 2(3), 77-85. DOI: https://doi.org/10.55606/jurima.v2i3.766

Lesmana, V. C., & Ginny, P. L. (2024). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Pemberian Diskon Terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Uqba Lifestyle Indonesia. ECo-Sync: Economy Synchronization. https://jurnal.kdi.or.id/index.php/es/article/view/1150

Lubis, A. P., Ramadhani, S., & Inayah, N. (2023). Pengaruh Kemudahan, Keamanan, Dan Kenyamanan Mobile Banking Syariah Terhadap Customer Intention (Minat Nasabah) Dengan Lifestyle Sebagai Variabel …. Surplus: Jurnal Ekonomi Dan …. http://qjurnal.my.id/index.php/sur/article/view/637

Marlina, V., & Lusia, A. (2023). Pengaruh Ulasan Produk, Pengendalian Diri, Influencer dan Shopping Lifestyle Terhadap Perilaku Konsumtif Berbelanja Online di Tiktokshop. Sanskara Manajemen Dan Bisnis. https://sj.eastasouth-institute.com/index.php/smb/article/view/119 DOI: https://doi.org/10.58812/smb.v2i01.119

Marpaung, I. R., & Lubis, F. A. (2022). Pengaruh iklan, sistem COD, dan promo gratis ongkir terhadap keputusan pembelian pada TikTok Shop (Studi kasus pada mahasiswa UIN Sumatera Utara). JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi), 9(3), 1477-1491. DOI: https://doi.org/10.35794/jmbi.v9i3.44292

Miranda, M., & Nuzil, R. (2023). PENGARUH LIFESTYLE, CELEBRITY ENDORSER, DAN PERILAKU KONSUMTIF TERHADAP MINAT BELI PRODUK (Studi Kasus pada Pengguna Aplikasi Lazada …. Mufakat: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan …. http://jurnal.anfa.co.id/index.php/mufakat/article/view/1090

Ningrum, P. A. D., & Pudjoprastyono, H. (2023). Shopping lifestyle dan diskon terhadap impulse buying di e-commerce. Journal of Management and Bussines (JOMB), 5(1), 94-107. DOI: https://doi.org/10.31539/jomb.v5i1.5057

Nurlinlaena, E. A. A., & Hapsari, M. T. (2023). Pengaruh Financial Literacy, Perencanaan Keuangan Syariah Dan Lifestyle Terhadap Pengelolaan Keuangan Mahasiswa Non-Febi Uin Sayyid Ali Rahmatullah …. EKONOMIKA. https://ejournal.penerbitjurnal.com/index.php/ekonomika/article/view/324

Nuryani, S., Pattiwael, W. P., & Iqbal, M. (2022). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi pembelian impulsif pada pengguna aplikasi TikTok Shop. Ekonomi: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 6(2), 444-451. DOI: https://doi.org/10.33087/ekonomis.v6i2.567

Pradhana, G. N., & Fadli, J. A. (2024). PENGARUH LIFESTYLE DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA DI TENGAH MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis. http://j-economics.my.id/index.php/home/article/view/117

Pramadhani, D., & Nugroho, R. H. (2024). Pengaruh Green Marketing, Lifestyle, dan Environmental Awareness terhadap Brand Loyalty: Studi pada Pengguna Produk The Body Shop di Surabaya. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & …. http://journal-laaroiba.com/ojs/index.php/elmal/article/view/1869 DOI: https://doi.org/10.47467/elmal.v5i4.1869

Pratama, Y. (2024). Pengaruh Brand Awareness dan Lifestyle Terhadap Minat Pembelian Infinix Pada Konsumen Kota Palembang. J-CEKI: Jurnal Cendekia Ilmiah. http://journal-nusantara.com/index.php/J-CEKI/article/view/3873

Pratminingsih, S. A., Hayati, N., Sukandi, P., Rahmayanti, R., Sujai, R. D. A., & Akbar, Y. K. (2021). Pengaruh gaya hidup, motivasi hedonis, dan promosi penjualan terhadap pembelian impulsif. Review Pendidikan Geografis Internasional Online, 11(6), 705-713.

Putra, A. (2019). Pengaruh Percieved Quality, Harga Dan Lifestyle Terhadap Minat Beli Produk Oldman. Co. Jurnal Mitra Manajemen. http://www.e-jurnalmitramanajemen.com/index.php/jmm/article/view/293

Rasuly, D., & Nisa, N. H. (2024). PENGARUH SHOPPING LIFESTYLE DAN DISCOUNT TERHADAP IMPULSE BUYING DI TANGGAL CANTIK PADA TOKOPEDIA. JEBIMAN: Jurnal Ekonomi, Bisnis …. https://jebiman.joln.org/index.php/jebiman/article/view/165

Romansyah, I., & Aribowo, H. (2023). Pengaruh Lifestyle, Price, dan Word Of Mouth Terhadap Purchase Decision Pada Pengguna Aplikasi Go Pay Di Kota Surabaya. WORLD MANAGEMENT. https://cesmid.or.id/index.php/world-management/article/view/53

Sa'adah, A. N., Rosma, A., & Aulia, D. (2022). Persepsi generasi Z terhadap fitur TikTok Shop pada aplikasi TikTok. Transekonomika: Akuntansi, Bisnis dan Keuangan, 2(5), 131-140. DOI: https://doi.org/10.55047/transekonomika.v2i5.176

Safitra, A. N., & Rizal, A. (2023). Pengaruh Brand Image, Celebrity Endorser Dan Shopping Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Di E-Commerce Shopee. Management Studies and Entrepreneurship …. https://yrpipku.com/journal/index.php/msej/article/view/2940

Tuzzahra, M. N., & Tirtayasa, S. (2020). Pengaruh Hedonic Shopping Motivation, Shopping Lifestyle dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Pada Pelanggan Zalora di Kota Medan. Jurnal SALMAN (Sosial Dan …. https://www.jurnal.fisarresearch.or.id/index.php/salman/article/view/8

Usvita, M., Yunus, M., & Ukhra, A. (2021). Pengaruh shopping lifestyle dan store atmosphere terhadap impulse buying pada konsumen Transmart Padang. Journal of Social and Economics Research. https://idm.or.id/JSER/index.php/JSER/article/view/27

Widyaratna, L., & Zainuri, A. (2023). Pengaruh Brand Image, Harga, dan Fashion Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Preloved di Thriftshop. Journal of Comprehensive Science …. https://jcs.greenpublisher.id/index.php/jcs/article/view/300 DOI: https://doi.org/10.59188/jcs.v2i4.300

Yuniawati, W., Syarif, D., & Sajekti, T. (2024). Pengaruh Financial Knowledge, Financial Attitude, Locus of Control dan Lifestyle terhadap Financial Behaviour pada Mahasiswa di Kota Bandung. JEMSI (Jurnal Ekonomi …. https://journal.lembagakita.org/jemsi/article/view/2270 DOI: https://doi.org/10.35870/jemsi.v10i2.2270

Downloads

Published

2024-06-19

How to Cite

Pertiwi, R. A., & Prasetya, B. P. (2024). Pengaruh Lifestyle, Diskon, dan Iklan Produk Fashion terhadap Impulse Buying pada Generasi Z di Yogyakarta melalui Media Tiktok Shop . Jurnal Bisnis Dan Komunikasi Digital, 1(4), 9. https://doi.org/10.47134/jbkd.v1i4.2752

Issue

Section

Articles

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.