Pengaruh Bauran Promosi dan Dukungan Orang Tua terhadap Keputusan Pemilihan Perguruan Tinggi pada Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.47134/jbkd.v2i2.3566Keywords:
Bauran Promosi, Dukungan Orang Tua, Keputusan Pemilihan Perguruan TinggiAbstract
Penelitian ini mengkaji pengaruh bauran promosi dan dukungan orang tua terhadap proses pengambilan keputusan mahasiswa baru dalam memilih Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya pada tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menyoroti peran strategi pemasaran dan dukungan keluarga dalam memandu pilihan akademik mahasiswa. Dengan pendekatan kuantitatif melalui survei yang didistribusikan kepada mahasiswa baru, penelitian ini menganalisis bagaimana elemen promosi, seperti iklan dan hubungan masyarakat, berinteraksi dengan dukungan emosional, informasional, dan instrumental dari orang tua. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh signifikan antara kedua faktor tersebut dalam membentuk persepsi dan pilihan mahasiswa. Penelitian ini berkontribusi pada bidang pemasaran pendidikan dan teori pengambilan keputusan, serta menawarkan rekomendasi praktis bagi universitas untuk mengoptimalkan strategi promosi mereka sambil menekankan pentingnya keterlibatan orang tua dalam mendukung aspirasi Pendidikan.
References
Ajzen, I. (1991). The Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and. Human Decision Precesses, 179-211.
House, J.S.1981. Measurement and Concepts of Social Support, New York: Academic Press , inc.
Jurnal, L., Surya, E., Nur, S., & Aesthetika, M. (2017). Pengaruh Bauran Promosi terhadap Pengambilan Keputusan Memilih Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) (Studi pada Mahasiswa Alumni SMA Kemala Bhayangkari 3 Porong). 5(2), 131–140. https://doi.org/10.21070/kanal
Kotler, P., Armstrong, G., Harris, L. C., & He, H. (2020). Principles of Marketing Eight European Edition. UK : Pearson
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing management (14th ed.). Pearson
Rahmawati. (2021). Peran dukungan sosial orang tua terhadap motivasi berprestasi siswa. Jurnal Psikodidaktika, 8(1), 408-412. Diambil dari https://journals.unihaz.ac.id/index.php/psikodidaktika/article/download/3848/1605/11835
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Anak Agung Gede Agung Aditya Satwika Yadnya, Teguh Priyo Sadono, Merry Fridha Tri Palupi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.