Pengaruh Bauran Promosi dan Dukungan Orang Tua terhadap Keputusan Pemilihan Perguruan Tinggi pada Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Authors

  • Anak Agung Gede Agung Aditya Satwika Yadnya Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Teguh Priyo Sadono Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Merry Fridha Tri Palupi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.47134/jbkd.v2i2.3566

Keywords:

Bauran Promosi, Dukungan Orang Tua, Keputusan Pemilihan Perguruan Tinggi

Abstract

Penelitian ini mengkaji pengaruh bauran promosi dan dukungan orang tua terhadap proses pengambilan keputusan mahasiswa baru dalam memilih Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya pada tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menyoroti peran strategi pemasaran dan dukungan keluarga dalam memandu pilihan akademik mahasiswa. Dengan pendekatan kuantitatif melalui survei yang didistribusikan kepada mahasiswa baru, penelitian ini menganalisis bagaimana elemen promosi, seperti iklan dan hubungan masyarakat, berinteraksi dengan dukungan emosional, informasional, dan instrumental dari orang tua. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh signifikan antara kedua faktor tersebut dalam membentuk persepsi dan pilihan mahasiswa. Penelitian ini berkontribusi pada bidang pemasaran pendidikan dan teori pengambilan keputusan, serta menawarkan rekomendasi praktis bagi universitas untuk mengoptimalkan strategi promosi mereka sambil menekankan pentingnya keterlibatan orang tua dalam mendukung aspirasi Pendidikan.

References

Ajzen, I. (1991). The Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and. Human Decision Precesses, 179-211.

House, J.S.1981. Measurement and Concepts of Social Support, New York: Academic Press , inc.

Jurnal, L., Surya, E., Nur, S., & Aesthetika, M. (2017). Pengaruh Bauran Promosi terhadap Pengambilan Keputusan Memilih Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) (Studi pada Mahasiswa Alumni SMA Kemala Bhayangkari 3 Porong). 5(2), 131–140. https://doi.org/10.21070/kanal

Kotler, P., Armstrong, G., Harris, L. C., & He, H. (2020). Principles of Marketing Eight European Edition. UK : Pearson

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing management (14th ed.). Pearson

Rahmawati. (2021). Peran dukungan sosial orang tua terhadap motivasi berprestasi siswa. Jurnal Psikodidaktika, 8(1), 408-412. Diambil dari https://journals.unihaz.ac.id/index.php/psikodidaktika/article/download/3848/1605/11835

Downloads

Published

2025-01-17

How to Cite

Yadnya, A. A. G. A. A. S., Sadono, T. P., & Palupi, M. F. T. (2025). Pengaruh Bauran Promosi dan Dukungan Orang Tua terhadap Keputusan Pemilihan Perguruan Tinggi pada Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya . Jurnal Bisnis Dan Komunikasi Digital, 2(2), 7. https://doi.org/10.47134/jbkd.v2i2.3566

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.