Penerapan Fungsional Group Communication dalam Menentukan Tempat Berbuka Bersama
DOI:
https://doi.org/10.47134/jbkd.v1i3.2688Keywords:
Buka Bersama, Ramadhan, fungsional group communicationAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan maraknya acara buka bersama yang dilakukan oleh beberapa kelompok pada saat bulan Ramadhan untuk menjalin silahturahmi antar sesama. Dan banyak dari mereka mengalami kebingungan untuk menentukan tempat kegiatan berlangsung. Metode pengumpulan data menggunakan studi kasus dengan mengambil sample data langsung dari beberapa subjek yang berkaitan. Pada penelitian ini juga menggunakan metode kualitatif dengan paradigma konstruktivisme pengalaman dari orang-orang yang sudah melakukan kegiatan berbuka bersama dan bagaimana mereka menyesaikan masalah. Pada penelitian juga menggunakan cara mengambil keputusan efektif menurut Hirokawa & Gouran. Penelitian ini dilakukan terhadap mahasiswa yang ingin mengadakan acara berbuka bersama. Tujuannya dilakukan penelitian ini agar dapat menentukan tempat yang sesuai, affordable, serta nyaman bagi kelompok ketika melakukan kegiatan. Dengan mencari aspek-aspek yang terdapat pada Fungsional Group Communication theory lalu diaplikasikan pada kasus berbuka bersama saat menentukan tempat kegiatan. Penelitian ini berfokus pada cara suatu kelompok saling berinteraksi, berdiskusi dan berargument untuk memecahkan masalah ataupun mencapai suatu tujuan, didasari riset mendalam hingga akhirnya mendapatkan keputusan yang berkualitas tinggi.
References
Arofah, Kurnia. (2013). Komunikasi Kelompok dan Eksternalisasi Pengetahuan Tacit dalam pengambilan Organisasi. Jurnal Ilmu Komunikasi UPN “Veteran” Yogjakarta. 11(1), hal 31-43.
Darmin, Fardin; Hidayanti, Ida & Fahri Johan. (2022). Estetika Kuliner Mempengaruhi Citra Destinasi, Kepuasan Wisatawan, dan Loyalitas Wisatawan di Kota Ternate. Jurnal Unikarta. 22(2), hal 16-34. DOI: https://doi.org/10.53640/jemi.v22i2.1103
Deciptra, Wendy. (2024, April 05). Radio Republik Indonesia. Memakai Buka Bersama Sebagai Wadah Silaturahmi. [Artikel]. Diakses dari https://www.rri.co.id/ramadan/624692/memaknai-buka-bersama-sebagai-wadah-silaturahmi
Gouran & Hirokawa. (1983). The Role Of Communication in Decission-Making Groups: A Functional Perspective. New York: Praeger.
Iklas, Kustati Martin & Sepriyanti, Nana. (2023). Masalah Penelitian/ Research Problem, Pengertian Dan Sumber Masalah Pertimbangan, Kriteria Pemilihan Masalah, Perumusan Dan Pembatasan Masalah, Landasan Teori. Journal Of Sosial Secience Research, 3(2), hal 12930-12942.
Listiyana, Sinta. (2024, Maret 19). IDN TIMES. 5 Tips Memilih Tempat Bukber yang Nyaman dan Berkesan. [Artikel]. Diakases dari https://www.idntimes.com/life/inspiration/sinta-listiyana-2/tips-memilih-tempat-bukber-c1c2
Sugiono. (2013). Memahami Penelitian Kualitatif. Yogjakarta: PT. Lukis Pelangi.
Verawati, Noning. (2016). Penggeseran Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Bisnis. Jurnal Komunikasi: Kom & Realitas Sosial, 12(12), hal 1-81.
Salim, Pudyas Mabruri. (2023, Juli 04). Liputan6. Alternatif adalah Pilihan Lain, Pahami Maknanya dalam Konteks Pengobatan Energi, dan Musik. [Artikel]. Diakses dari https://www.liputan6.com/hot/read/5335697/alternatif-adalah-pilihan-lain-pahami-maknanya-dalam-konteks-pengobatan-energi-dan-musik