Analisis Pesan Dakwah Ustadz Agam Fachrul di Media Sosial Tiktok

Authors

  • Lismawati Lismawati Universitas Islam Negeri Raden Fatah
  • Kusnadi Kusnadi Universitas Islam Negeri Raden Fatah
  • Selvia Assoburu Universitas Islam Negeri Raden Fatah

DOI:

https://doi.org/10.47134/jbkd.v1i2.2284

Keywords:

Analisis Isi, Dakwah, Tiktok

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di media sosial aplikasi tiktok. Untuk objek penelitian yaitu akun tiktok ustadz Agam Fachrul @hiyung_Agam. Adapaun permasalah yang diangkat adalah 1) Bagaimana isi pesan dakwah ustadz Agam Fachrul 2) Bagaimana pesan melalui konten tiktok ustad Agam Fachrul. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dan seperti apa isi pesan dakwah ustadz Agam Fachrul, kemudian bagaimana pesan melalui konten tiktok ustadz Agam Fachrul. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, adapun teknik pengumpulan datanya selama proses penelitian menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada berapa data temuan, data tersebut didapatkan hasil dari pengamatan pada konten-konten dakwah pada akun tiktok @hiyung_agam, bahwa terdapat 2 kategori pesan dakwah syariah, yaitu ibadah syariah dan syariah muamalah. Dalam penelitian ini pesan dakwah syariah yang dominan adalah pesan dakwah syariah muamalah lebih tepatnya sebagai upaya menjawab permasalahan yang sering terjadi antara manusia dengan sesamanya.

References

A Bakar M. Fadzli, Chit chat remaja mengenai masa, Melayu: PTS Millennia, 2006. DOI: https://doi.org/10.3828/bfarm.2006.2.5

Abrar M. Dawud Faza, Ramdayani Harahap, Mahabbah menurut sufisme dan cinta kasih menurut bible, Sumatera Utara: Studia sosia religia. 2020.

Al Muhafani M. Khalilurrahman, Berkah Shalat Dhuha, Jakarta: PT Wahyu Media. 2008.

Alfina Farichati, Studi kompratif tentang karafat bagi suami istri yang berjimak saat istri sedang haid dan nifas perspektif mazhab syafii dan mazhab hambali, UIN Prof.K.H. Saifuddinzuhri: Purwokerto, 2022.

Aliyyudi dan Enjang As, Dasar-dasar ilmu dakwah. Bandung. Widya padjajaran.2019.

Alma Megianurakh, Budaya standing party ditinjau dari hukum Islam, Palembang: repository.radenfatah.ac.id., 2019.

Amin Muhammad, Muhasabah si pendosa: Bolehkah si pendosa ini mendamba surga? Jakarta: PT. Elex Media Komputindo. 2013.

Ani Murti, Manajemen kesehatan menstruasi, Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi, 2022.

Arikonto Suharsimi, Prosedur penelitian suatu pendekatan praktis. Jakarta: Rineka Cipta. 2017.

Ar-Razi Umi Hasunah, Ladang-ladang pahala bagi wanita, Yogyakarta: Sabil, 2015.

Asyura Khairun, Pesan dakwah Qaulan Maysura pada seksi jamaah (studi analisis di Dayah Putri Muslimat). Aceh. Jurnal AN-NASYR: Jurnal dakwah dalam mata tinta. 2021.

Aziz Moh. Ali, Ilmu Dakwah (Jakarta: Kencana Prenada Media Group). 2004.

Bella, Bagaimana Hukum kepo di sosial media? Begini penjelasan Habib Husein Ja'far, Suarakalbar.id. 2022.

Busiri Muhammad, Akhlak madzmumah dan cara pencegahannya, Yogyakarta: CV. Budi Utama, 2020

Cahyono Anang Sugeng, Pengaruh media sosial terhadap perubahan sosial masyarakat di Indonesia, (Jawa Timur: Publiciana), 2016.

Cakap Secercah, 2020 Ekspektasi x Realita, Guerpedia, 2021.

Eriyanto, Analisis Isi: Pengantar Metodologi untuk penelitian ilmu komunikasi dan ilmu-ilmu sosial lainnya. Jakarta: Prenadamedia group. 2011.

Firdiana Nova, Pesan dakwah pada akun Instagram @sahabatsurga dalam memperkuat pemahaman agama pada mahasiswa UIN Raden Intan Lampung, Lampung, 2023.

Fitri Sayyidatuluyun, Analisis Hisab ‘urfi Khomasi dan implementasi dalam penetapan awal ramadhan dan syawal, Skripsi UIN Walisongo: Semarang.2017.

Hafiun Muhammad, Penyakit-penyakit hati tentang sifat-sifat yang mencelakakan dan membutakan mata batin, Yogyakarta: Tangga Ilmu, 2023.

Hambali Muhammad, Panduan muslim kaffah sehari-hari dari kandungan hingga kematian, Yogyakarta: Laksana. 2017.

Haviva A.B. Ladang-ladang pahala saat haid, Yogyakarta: Sabil, 2016

Herlina Lenny, Pendidikan agama Islam Interdisipliner bermustsn moderasi untuk disiplin ilmu kedokteran dan kesehatan, Jakarta: Kencana, 2022.

Imam Ahmad Fachrulddien, Analisis wacana Van Dijk pada lirik lagu Irgaa Tani (my heart will go on), Universitas Negeri semarang.

Jurnal of Arabic Learning and Teaching. 2012.

Jarifin Ahmad, Sukseskan bisnismu dengan 21 amalan sunah yang terbukti dahsyat, Yogyakarta: Araska, 2022

Karlina Rina, Isi kandungan surat Al-Baqarah ayat 197 ceritkan tentang Ibadah Haji dan larangan lengkap arab dan artinya, Matra Sukabumi, 2022.

Kertamuda Miftahul Achyar, The Golden Character, Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2022.

Khotimah khusnul, Analisis isi pesan dakwah di akun tiktok @risyad_bay. Purwokerto. Jurnal Khusnul. 2023.

Luluk Farida dan Sholihatul Atik Hikmawati, Pemanfaatan Media Tiktok Sebagai Media Dakwah bagi dosen IAI Sunan Kalijogo Malang. Malang. Al-Ittishol Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 2021. DOI: https://doi.org/10.51339/ittishol.v2i1.215

Madani Tim Duta, Pasti bisa pendidikan agama Islam dan budi pekerti untuk SMP/MTs kelas IX, Penerbit Duta, 2017.

Marpaung Watni, Pengantar Ilmu falak, Jakarta: Prenadamedia Group, 2015.

Muftisany Hafidz, Mengenal ketupat hingga mengenal Iktikaf, Intera. 2021.

Muhammad bin Abdil Qohar, Fiqhul Haid, CV Mega Jaya: Jakarta. 2007.

Muhyi Muhammad, Metodologi Penelitian. Surabaya: Adi Buana University Press. 2018.

Muklis Muhammad, Analisis wacana kritis model Teun A Van Dijk pada surat kabar online dengan tajuk kilas balik pembelajaran jarak jauh akibat pandemi COVID-19, Pekanbaru: Geram (Gerakan aktif menulis). 2020. DOI: https://doi.org/10.25299/geram.2020.vol8(2).5867

Mustofa Imron, Shalat Dhuha dulu yuk! Yogyakarta: Perpustakaan Nasional. 2017.

Najwa Allendro Ghauti, Analisis Isi pesan dakwah syariah pada akun tiktok @heyouw0. Jakarta. Pustaka Pelajar. 2019.

Novia Ika Setyani “penggunaan media sosial sebagai sarana komunikasi bagi komunitas”. Surakarta. Jurnal komunikasi. surakarta: mfakultas ilmu sosial dan ilmu politik universiats sebelas maret. 2013.

Nureta Dwika Handayani, Pesan dakwah dalam Film Animasi Nussa (Analsis semiotika Roland Barthes). Riau. Hak cipta milik Suka Riau. 2020.

Pranoto Adam Joyo, Khutbah Jum'at pilihan dilengkapi Khutbah Idul Fitri dan Idul Adha, Adam Joyo Pranoto, 2020.

Pratiwi A.A Manik, Pesan media sosial dalam meningkatkan penjualan online saat pandemi covid-19. Denpasar Bali. Jurnal Satyagraha. 2020.

Putri Desyana Rostika, Hijrahnya seorang wanita: sesungguhnya Allah mencintai orang yang bertobat dan menyucikan diri, Yogyakarta: Anak hebat Indonesia. 2023.

Raosana Himatu Mardiah, Ibadah penuh berkah ketika haid dan nifas, Jakarta: Lembar langit Indonesia. 2015.

Rianto Adi, Metodologi Penelitian Sosial dan Hukum. Jakarta: Granit. 2004.

Sahil Azharuddin, Indeks Al-Qur'an panduan mudah mencari ayat dan kata dalam Al-Qur'an, Bandung: Mizan, 2007.

Saiful Ma’arif Bambang, Komunikasi Dakwah (Bandung: Simbiosa Rekatama Media). 2010.

Saleh Akh. Muwafik, Islam di bumi manusia, Depok: Gema Insani, 2019.

Setya Anzen Bhilla, Semiotika Pesan dakwah video kan kan challenge di youtube The Sungkars Family. Jakarta. Universitas Jember digital repository. 2020.

Shihab M. Quraish, Makhluk Ghaib: setan dalam Al-Qur'an, Tangerang: PT. Lentera hati, 2020.

Silmi Nisa Adilah, Analisis pesan dakwah akhlak pada video akun Instagram @Hijabalila. Surabaya. Perpustaka pelajar. 2018.

Siska Dewi, Merah putih di hati guru muda, Jawa Barat: CV Jejak, 2017.

Sugiyono, Metode penelitian pendidikan: pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D, (Bandung: Alfabeta). 2017.

Suhandang Kustadi, Ilmu dakwah. Bandung. Remaja rosda karya. 2013.

Sukmawati Anastasia Suci, Buku ajar Metodologi Penelitian. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia. 2023.

Syahirul Ahmad, Rahasia puasa sunnah, Bengkulu: Elmarkazi, 2023.

Tadjid Heri Kurniawan, Berpikir positif dengan Al-Qur'an & Al-Hadits itu seninya. Yogyakarta: Araska. 2019.

Tania Guesty, Analisis isi pesan dakwah ustadz Hanan Attaki di media sosial Instagram. Lampung. Jurnal. 2019.

Tim Pusat Humas Kementerian Perdagangan RI, Panduan Optimalisasi media sosial untuk kementerian perdagangan RI. Jakarta. (Jakarta: Pusat Humas Kementrian Perdagangan RI), 2016.

Ttriyana Gusti Ngurah, Media sosial dalam proses pembelajaran di perguruan tinggi. Denpasar Bali. Jurnal pendidikan hindu. 2018. DOI: https://doi.org/10.25078/gw.v5i1.614

Umi Hasunah Ar-Razi, Ladang-ladang pahala bagi wanita, Yogyakarta: Perpusatakaan Nasional, 2015.

Wahyudi Pratama X Agam Fachrul, Sebuah Novel 4 Masa 1 Mimpi, Akad. 2023.

Waluya Bagja, Sosiologi: Menyalami Fenomena sosial di masyarakat untuk kelas XII Sekolah Menengah atas/madrasah Aliyah program Ilmu pengetahuan sosial. Bandung: PT Setia Purna Inves. 2007.

Warsono, Menangis Berkualitas dalam Al-Quran, Jakarta: Fakultas Ushuluddin. 2022.

Wibowo Adi, Penggunaan Media Sosial sebagai trend Media Dakwah Pendidikan Islam di Era Digital, Jurnal Islam Nusantara 3, 2019.

Wibowo Wahyu Tri, Ragam Dakwah Di Nusantara, Yogyakarta. 2021.

Wijaya Umrati Hengki, Analisis Data Kualitatif. Makassar. Sekolah tinggi theologia jaffaray. 2020.

Yaya Hayatu Nufus, Pesan Dakwah dalam akun Taubatters pada media sosial Instagram. Palembang. Artikel. 2022.

Yaya Hayatu Nufus, Pesan Dakwah dalam akun Taubatters pada media sosial Instagram. Palembang. Artikel. 2022.

Yesita Astarina dan Elvera, Metodologi Penelitian. Yogyakarta: CV Andi Offset. 2021. DOI: https://doi.org/10.31219/osf.io/u4tv7

Zakiya Devina Puti, Strategi komunikasi persuasif akun tiktok @hiyung_agam sebagai media berdakwah. Jakarta. Perpustaka pelajar. 2023.

Zaqiyyah Wildatuz, sertawan pesona mantan, Jawa Timur: MDP. 2023.

Downloads

Published

2024-02-28

How to Cite

Lismawati, L., Kusnadi, K., & Assoburu, S. (2024). Analisis Pesan Dakwah Ustadz Agam Fachrul di Media Sosial Tiktok. Jurnal Bisnis Dan Komunikasi Digital, 1(2), 17. https://doi.org/10.47134/jbkd.v1i2.2284

Issue

Section

Articles