Analisis Media Monitoring terhadap Produk Baru Brand Skintific pada Bulan Maret 2024
DOI:
https://doi.org/10.47134/jbkd.v1i3.2754Keywords:
Media Monitoring, Brand24, Skintific, TikTok, TwitterAbstract
Menurut Kementerian koordinator Bidang Perekonomian RI, terjadi peningkatan 10 kali lipat dalam jangka waktu 5 tahun terakhir, pada tahun 2023 presentase jumlah industri kosmetik naik sebesar 21,9% dari tahun 2022. Pesatnya perkembangan industri kosmetik di Indonesia berdampak pada persaingan antara industri kosmetik yang semakin ketat sehingga perusahaan perlu berinovasi. Skintific merupakan salah satu brand kecantikan yang terus melakukan inovasi dengan mengeluarkan produk skincare terbaru yakni Ice Sorbet Ice Remover, Aqua Light Daily Sunscreen SPF 35 PA++, dan Latic Acid Exfoliating Serum. Hal ini tentunya mengundang berbagai respon di beragam platform social media salah satunya adalah TikTok dan Twitter. Sehingga perlu dilakukan media monitoring untuk memantau brand Skintific di sosial media. Menggunakan paradigma positivisme dengan metode deskriptif kuantitatif dengan memanfaatkan tool analysis Brand24 untuk memperoleh data analisis berbentuk angka mengenai sentimen, mention, dan reach produk baru Skintific pada platform TikTok dan Twitter.
References
Anggraini, Y. R. (2023). PENGARUH TERPAAN SALES PROMOTION DAN INTENSITAS MELIHAT ONLINE CUSTOMER REVIEW PADA MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINTIFIC. https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17653/1/Cover.pdf
Apa Itu Kegiatan Media Monitoring?. Universitas Ciputra. Accessed from: https://www.ciputra.ac.id/fikom/apa-itu-kegiatan-media-monitoring/
Astiti, I. A. P., Rusdiyana, E., & Beywiyarno, D. (2020). AKTIVITAS MEDIA MONITORING DI PT. BISNIS INDONESIA KONSULTAN (BISNIS INDONESIA INTELLIGENCE UNIT. https://jurnal.untidar.ac.id/index.php/senaster/article/download/2630/1542
Aurellia, F. R. (2023). Analisis Media Monitoring Terhadap Brand Kecantikan Hanasui pada Bulan Maret 2023.
Aurellia, F. R., Hafiar, H., & Priyatna, C. C. (2023, December 23). Analisis Media Monitoring terhadap Brand Kecantikan Hanasui pada Bulan Maret 2023. Jurnal Riset Public Relations (JRPR), 3 (2), 149-160. https://doi.org/10.29313/jrpr.v3i2.3210 DOI: https://doi.org/10.29313/jrpr.v3i2.3210
Creswell JW. (1994). Research Design: Qualitative & Quantitative Approaches. Thousand Oaks, CA: Sage.
Databoks. (2024, March 1). Ini Media Sosial Paling Banyak Digunakan di Indonesia Awal 2024. Databoks. Retrieved April 21, 2024, from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/03/01/ini-media-sosial-paling-banyak-digunakan-di-indonesia-awal-2024
Finaka, A. W., & Putra, G. D. (2024, January 30). Industri Fesyen Indonesia Sumbang 17 Persen Dari Nilai Ekonomi Kreatif. Pelaku Bisnis. Accessed from: https://pelakubisnis.com/2024/01/industri-fesyen-indonesia-sumbang-17-persen-dari-nilai-ekonomi-kreatif/
Finaka, A. W., Negara, S. B., & Putra, G. D. (2020). Indonesia Menuju Pusat Fesyen Muslim Dunia | Indonesia Baik. IndonesiaBaik. Accessed from: https://indonesiabaik.id/infografis/indonesia-menuju-pusat-fesyen-muslim-dunia
Habiba, H. A. (2020). PERAN MEDIA MONITORING DALAM PENANGANAN PEMBERITAAN LIMBAH PABRIK PADA BAGIAN INFORMASI DAN KOMUNIKASI DEPARTEMEN HUMAS PT PUSRI PALEMBANG. https://repository.unsri.ac.id/43445/79/RAMA_70201_07031181621013_0009126007_0005118401_01_front_ref.pdf
Hardianto, F. N., & Karmelia, V. (2023). Digital Analysis of Trends in Sustainable Development Issues.
Humas SetKab RI. (2019, May 1). Tahun Depan, Indonesia Siap Jadi Kiblat Fesyen Muslim Dunia. Sekretariat Kabinet. Accessed from: https://setkab.go.id/tahun-depan-indonesia-siap-jadi-kiblat-fesyen-muslim-dunia/
Ibrahim, C., Jaya, A., Simantupang, Y., Daadoy, J., Azizah, N., Ismah, A. F., & Ansar, F. (2021). The Sentiment Analysis of Indonesian National Library’s Twitter and Instagram.
Kementerian Koordinasi Bidang Perekonomian RI. (2024, February 3). Hasilkan Produk Berdaya Saing Global, Industri Kosmetik Nasional Mampu Tembus Pasar Ekspor dan Turut Mendukung Penguatan Blue Economy. Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. Retrieved April 21, 2024, from https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/5626/hasilkan-produk-berdaya-saing-global-industri-kosmetik-nasional-mampu-tembus-pasar-ekspor-dan-turut-mendukung-penguatan-blue-economy
kompas.id. (2023, February 28). Skintific Sukses Raih Beragam Penghargaan dan Jadi Skincare Banyak Dicari. Kompas.id. Retrieved April 21, 2024, from https://www.kompas.id/baca/adv_post/skintific-sukses-raih-beragam-penghargaan-dan-jadi-skincare-banyak-dicari
Kompasiana. (2017, January 21). Perkembangan Trend Fashion di Indonesia Halaman 1. Kompasiana.com. Accessed from: https://www.kompasiana.com/annisamega/588321f3cc92731105931d89/perkembangan-trend-fashion-di-indonesia?page=all
LAFIYE - Cultivate Beauty in Versatility. (2024, January 30). Accessed from: https://www.lafiye.com/
Malik, A., & Nugroho, A. D. (2016, September 9). MENUJU PARADIGMA PENELITIAN SOSIOLOGI YANG INTEGRATIF. Jurnal Sosiologi Reflektif, 10 (2), 65-84. https://doi.org/10.14421/jsr.v10i2.515 DOI: https://doi.org/10.14421/jsr.v10i2.515
Prameswari, N. S., Krisnawati, M., Widagdo, P. B., & Luthfia, K. H. (2023, October 28). Desain E-Katalog UMKM Fesyen “Womanpreneur Community” Surakarta dalam Transformasi Ekonomi Digital. Fashion and Fashion Education Journal, 12 (2). https://doi.org/10.15294/ffej.v12i2.74315 DOI: https://doi.org/10.15294/ffej.v12i2.74315
Pratama, Y., Sianturi, L. D., & dkk. (2019). Implementation of Sentiment Analysis on Twitter Using Naive Bayes Algorithm to Know the People Response to Debate of DKI Jakarta Governor Election.
Puspaningtyas, L., & Nasution, D. D. (2023, February 22). Industri Fesyen jadi Andalan Ekspor Ekraf dengan Porsi 61,5 Persen | Republika Online. Ekonomi. Accessed from: https://ekonomi.republika.co.id/berita/rqhk3b502/industri-fesyen-jadi-andalan-ekspor-ekraf-dengan-porsi-615-persen
Raissa, C. A. R., & Ahmadi, D. (2022, December 20). Kegiatan Media Relations Dalam Mempertahankan Citra Positif. Jurnal Riset Public Relations, 2 (2), 59-66. https://doi.org/10.29313/jrpr.vi.1087 DOI: https://doi.org/10.29313/jrpr.vi.1087
Ratnasari, E. (2021, August 21). Analisis Sentimen Kepala Daerah Terpilih Jelang dan Pasca Pelantikan Resmi Sebagai Pemimpin Daerah Terpilih Pada Kontestasi Pemilihan Kepala Daerah 2020. Dialektika Komunika: Jurnal Kajian Komunikasi dan Pembangunan Daerah, 9 (1). https://doi.org/10.33592/dk.v9i1.1573 DOI: https://doi.org/10.33592/dk.v9i1.1573
Saputra, D. A. (2022). RESPONSIVITAS PENGGUNA INTERNET TERHADAP KEBIJAKAN PPKM LEVEL MELALUI PENDEKATAN ANALISIS SENTIMEN DI MEDIA SOSIAL. http://digilib.unila.ac.id/67111/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
Setiawan, A. G., & Sesilia, O. TREND INDUSTRI FESYEN DI INDONESIA. BINUS UNIVERSITY. Accessed from: https://binus.ac.id/bandung/2019/12/trend-industri-fesyen-di-indonesia/
Suci Haryanti. (2023). Metodelogi Penelitian 1. CV. MEDIA SAINS INDONESIA.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Alfabeta.
Supriyani, M., Yulianti, S., & Qotrunnada, Q. (2022, August 08). IMPACT OF CELEBRITY ENDORSER (SELEBGRAM) ON CONSUMER PURCHASE INTEREST IN THE ONLINE HIJAB FASHION INDUSTRY: Case Study on Muslim Women Who Follow Celebrities On Instagram In Social Media. International Journal of Economy, Education, and Entrepreneurship, Vol. 2 No. 2. https://doi.org/10.53067/ije3.v2i2.88 DOI: https://doi.org/10.53067/ije3.v2i2.88
Suryanata, T. H. (2015). Citra sinar mas land dalam pemberitaan situs berita detik.com dan kompas.com (analisis isi kuantitatif pemberitaan sinar mas land pada detik.com dan kompas.com periode Januari – Desember 2014).
What is Brand24? - FAQ. Brand24. Accessed from: https://brand24.com/what-is-brand24/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Bisnis dan Komunikasi Digital

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.