Analisis Brand Asics melalui Tiktok dan X dengan Sosial Media Monitoring menggunakan Brand24
DOI:
https://doi.org/10.47134/jbkd.v1i4.2767Keywords:
Asics, Brand24, Social Media Monitoring, Tiktok, TwitterAbstract
Minat masyarakat Indonesia terhadap industri olahraga mengalami peningkatan semenjak pandemi COVID-19. Penjualan perlengkapan olahraga mengalami kenaikan hingga mencapai 25% berdasarkan survei yang dilakukan oleh Asosiasi E-Commerce Indonesia. Melihat adanya potensi, Asics hadir di Indonesia dengan kepercayaan bahwa kekuatan olahraga dapat membawa dampak baik bagi individu maupun masyarakat luas. Asics menunjukkan peningkatan dibanding tahun 2021 dengan net sales pada tahun 2022 mencapai angka 484.601 (jutaan Yen) dan overseas net sales ratio mencapai 81,8%. Meskipun begitu, merek Asics mengalami penurunan penjualan dari tahun 2021 dengan angka 13,20% menjadi 11,70% di tahun 2022. Namun, dengan penurunan penjualan tersebut Asics justru diprediksi akan menjadi trend pada tahun 2023-2024. Hal tersebut memicu dilakukannya media monitoring untuk pemantauan brand image dan produk di media sosial. Tujuannya agar dapat mengetahui bagaimana sejatinya minat masyarakat Indonesia terhadap brand Asics. Penelitian dilakukan dengan menggunakan paradigma positivisme dan metode kuantitatif. Data untuk penelitian ini diakumulasi dengan menggunakan perangkat media monitoring Brand24 dengan kata kunci “Asics” dalam rentang waktu 14 Februari – 15 Maret 2024. Data yang dikumpulkan oleh Brand24 berasal dari X (Twitter) dan Tiktok.
References
Aji, L. C., & Asep Hermawan. (2023). Pengaruh Brand Experience, Satisfaction, Uncertainty Terhadap Brand Loyalty Pada Konsumen Pakaian Olahraga. Jurnal Ekonomi Trisakti, 3(1), 1725–1734. Https://Doi.Org/10.25105/Jet.V3i1.16044 DOI: https://doi.org/10.25105/jet.v3i1.16044
Alan Tito, F., Fatoni, M., Studi Pendidikan Olahraga, P., & Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, F. (2023). Minat Beli Pakaian Olahraga Ditinjau Dari Celebrity Endorsement Instagram Interest In Buying Sports Clothes Reviewed From Celebrity Endorsement Instagram. Jambura Health And Sport Journal, 5(1). DOI: https://doi.org/10.37311/jhsj.v5i1.16848
Asics. (2022). Asics Integrated Report 2022. Diambil Dari Https://Corp.Asics.Com/En/Investor_Relations/Library/Integrated_Report
Butsi, F. (2019). Memahami Pendekatan Positivis, Konstruktivis Dan Kritis Dalam Metode Penelitian Komunikasi. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique, 2(1), 48-55. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.62144/Jikq.V2i1.27
Gunawan, I. (N.D.). Metode Penelitian Kuantitatif.
Karina, D. (2021, Maret 11). Produsen Sepatu Asics Relokasi dari China, Bangun 3 Pabrik di RI. Kompas.tv. Produsen Sepatu Asics Relokasi dari China, Bangun 3 Pabrik di RI
Karunia, A. M., & Movanita, A. (2020, November 4). Survei APPI: Selama Pandemi, Alat-alat Olahraga Paling Banyak DIburu Konsumen. Kompas.com. https://money.kompas.com/read/2020/11/04/172223926/survei-appi-selama-pandemi-alat-alat-olahraga-paling-banyak-diburu-konsumen
Kemenko Perekonomian. (2021). Menko Airlangga: Transformasi Digital Industri Olahraga dan Peningkatan Prestasi Olahraga Harus Tetap Beriringan di Masa Pandemi. Diambil dari https://ekon.go.id/publikasi/detail/3056/menko-airlangga-transformasi-digital-industri-olahraga-dan-peningkatan-prestasi-olahraga-harus-tetap-beriringan-di-masa-pandemi
Nasrullah, Rulli. (2014)Teori dan Riset Media
Siber (Cybermedia), Jakarta: Prenademedia Group
Nasrullah, Rulli. (2019). Etnografi Virtual
Riset Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi di Internet, Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Nordiansyah, E. (2022, Maret 25). Survei: Penjualan Perlengkapan Olahraga di E-Commerce Naik 25% Selama Pandemi. Medcom.id. https://www.medcom.id/ekonomi/ekonomi-digital/eN4G4a5K-survei-penjualan-perlengkapan-olahraga-di-e-commerce-naik-25-selama-pandemi
Nugraha, R. (2018, September 11). Apakah Asics dan Onitsuka Tiger Adalah Merk yang Sama? Ini Latar Belakangnya. hai.grid.id. https://hai.grid.id/read/07935608/apakah-asics-dan-onitsuka-tiger-adalah-merk-yang-sama-ini-latar-belakangnya?page=2
Park, Y. S., Konge, L., & Artino, A. R. (2020). The Positivism Paradigm of Research. In Academic Medicine (Vol. 95, Issue 5, pp. 690–694). Wolters Kluwer Health. https://doi.org/10.1097/ACM.0000000000003093 DOI: https://doi.org/10.1097/ACM.0000000000003093
Pradiza, R. A., & Fatoni, M. (2023). Strategi pemasaran melalui media sosial untuk meningkatkan keputusan pembelian pada perusahaan pakaian olahraga. Jurnal Porkes, 6(2), 343–354. https://doi.org/10.29408/porkes.v6i2.17467 DOI: https://doi.org/10.29408/porkes.v6i2.17467
Perakakis, E., Mastorakis, G., & Kopanakis, I. (2019). Social media monitoring: An innovative intelligent approach. Designs, 3(2), 1–12. https://doi.org/10.3390/designs3020024 DOI: https://doi.org/10.3390/designs3020024
Rafa Aurellia, F., & Hafiar, H. (n.d.). Analisis Media Monitoring Terhadap Brand Kecantikan Hanasui pada Bulan Maret 2023.
Risa Nanda, Ferdiani (2024) PENGARUH CITRA MEREK, KEPERCAYAAN MEREK DAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP LOYALITAS MEREK (Studi Kasus Pada Atlet Ponorogo Pengguna Sepatu Asics). Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Saputra, A. (2017, Juni 6). Dikantongi Orang Jakarta, Ini Sejarah Desain Sepatu Onitsuka Tiger. Detik News. https://news.detik.com/berita/d-3521502/dikantongi-orang-jakarta-ini-sejarah-desain-sepatu-onitsuka-tiger
Sumartias, S., & Ratnasari, E. (2021). Analisis Sentimen Kepala Daerah Terpilih Jelang dan Pasca Pelantikan Resmi Sebagai Pemimpin Daerah Terpilih pada Kontestasi Pemilihan Kepala Daerah 2020. Jurnal Kajian Komunikasi Dan Pembangunan Daerah |, 9. DOI: https://doi.org/10.33592/dk.v9i1.1573
Uno, Hamzah B., (2020). Paradigma Penelitian. E-PROSIDING PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO, 1-4. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSI/article/view/395//