Tingkat Kepuasan Gen Z Menonton Konten Video Berita Pendek Ini Narasi Di Tiktok @Narasi

Authors

  • Rap Yobel Nathania Universitas Padjadjaran
  • Nuryah Asri Sjafirah Universitas Padjadjaran
  • Rinda Aunillah Sirait Universitas Padjadjaran

Keywords:

Media Baru, Media Sosial, Generasi Z, Kepuasan Pengguna, Konten Video Berita

Abstract

Generasi Z, yang merupakan konsumen utama media sosial, semakin memilih platform seperti TikTok untuk mengakses konten berita. Narasi TV meluncurkan konten video berita pendek "Ini Narasi" di TikTok @narasi sebagai upaya untuk menjangkau audiens muda ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi tingkat kepuasan Generasi Z terhadap konten ini, dengan fokus pada motif dan kepuasan mereka dalam menonton. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain studi analisis deskriptif. Sampel penelitian terdiri dari Generasi Z yang menonton konten "Ini Narasi" di TikTok @narasi, dengan pengumpulan data melalui survei online. Pengolahan data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif untuk mengidentifikasi motif yang dominan dan tingkat kepuasan responden terhadap berbagai aspek konten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motif utama Generasi Z dalam menonton konten "Ini Narasi" adalah untuk memenuhi kebutuhan informasi yang aktual dan relevan. Meskipun motif informasi adalah yang paling dominan, kepuasan mereka terhadap konten tersebut cenderung bervariasi. Kepuasan tertinggi terjadi pada aspek hiburan, di mana konten berhasil memenuhi kebutuhan mereka untuk bersantai dan menikmati waktu luang. Namun demikian, terdapat kesenjangan signifikan antara harapan (motif) dan realitas (kepuasan) pada aspek-aspek seperti informasi, identitas pribadi, serta integrasi dan interaksi sosial.  

References

Abidin, Y. Z. (2015). Metode penelitian komunikasi. CV Pustaka Setia.

Anasti, R., LaweAnasta, Harnovinsah, & Oktris, L. (2022). Sukses Menyelesaikan Skripsi dengan Metode Penelitian Kuantitatif dan Analisis Data SPSS. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Bungin, B. (2005). Metode penelitian kuantitatif (2nd Ed.). Kencana Prenadamedia Group.

Cilliers, E. J. (2017). THE CHALLENGE OF TEACHING GENERATION Z. PEOPLE: International Journal of Social Sciences, 3(1), 188–198. https://doi.org/10.20319/pijss.2017.31.188198

Dias, P., & Duarte, A. (2022). TikTok practices among teenagers in Portugal: a uses & gratifications approach. Journalism and Media, 3 (4), 615-632.

Diwangsa, L. C., Aritonang, A. I., & Wijayanti, C. A. (2019). Motif dan Kepuasan Subscriber Menonton Program Mata Najwa di YouTube Channel Narasi TV. Jurnal e-Komunikasi, 7(2).

Effendi, S. & Tukiran. (2012). Metode penelitian survei. LP3ES, anggota Ikapi.

Estrella, N., & Rusdi, F. (2022). Pengaruh Minat Pembaca Media Online Tempo. Co terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi pada Generasi Z. Koneksi, 6(2), 408-415.

Hidayat, Z. (2016). DAMPAK TEKNOLOGI DIGITAL TERHADAP PERUBAHAN KONSUMSI MEDIA MASYARAKAT. In Dampak Teknologi Digital terhadap Perubahan Konsumsi Media Masyarakat Jurnal Komunikologi (Vol. 13).

Farid, M., Hidayat, D. R., & Supriadi, D. (2022). The Motives of Sumedang Residents in Consuming Sumedang Ekspres as the Primary Mass Media. Jurnal Kajian Jurnalisme, 6(1), 15- 29.

Indrajaya, S. E., & Lukitawati, L. (2019). Tingkat Kepercayaan Generasi Z terhadap Berita Infografis dan Berita Ringkas di Media Sosial. Jurnal Komunikasi, 11(2), 169-182.

Katz, E., Blumler, J. G., & Gurevitch, M. (1974). Uses and gratification research. the public opinion quarterly. 37, 509–523. https://www.jstor.org/stable/2747854?seq=1

Kaye, D. B. V., Chen, X., & Zeng, J. (2021). The co-evolution of two Chinese mobile short video apps: Parallel platformization of Douyin and TikTok. Mobile Media & Communication, 9(2), 229-253.

Kurniawan, A. (2011). SPSS: Serba-serbi analisis statistika dengan cepat dan mudah. Jasakom.

Kriyantno, R. (2014). Teknik Praktis Riset Komuikasi. Jakarta: Kencana.

LaRose, R., Strover, S., Gregg, J. L., & Straubhaar, J. (2011). The impact of rural broadband development: Lessons from a natural field experiment. Government Information Quarterly, 28(1), 91-100.

McQuail, D. (2010). McQuail's Reader in Mass Communication Theory. London: SAGE.

Mediana, E., Yusup, E., & Arindawati, W. A. (2022). PENGARUH KONTEN TIKTOK@ JEROMEPOLIN98 SEBAGAI MEDIA EDUKASI TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN GENERASI Z. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(9), 3489-3496.

Mu’tasim Billah, Y., Yuniati, U., & Puspitasari, E. E. (2019). PERAN RADIO SEBAGAI MEDIA PEMENUHAN KEBUTUHAN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 (Kajian Perilaku Bermedia pada Generasi Z di Kota Bandung). 978–623. https://doi.org/10.30998/simponi.v0i0.356

Negreira-Rey, M. C., Vázquez-Herrero, J., & López-García, X. (2022). Blurring boundaries between journalists and tiktokers: journalistic role performance on TikTok. Media and communication, 10(1), 146-156.

Neuman, W. L. (2014). Basic of Social research: qualitative & quantitative approaches (7th Ed.). Harlow, England: Pearson Education Limited.

Ostrovsky, A. M., & Chen, J. R. (2020). TikTok and its role in COVID-19 information propagation. Journal of adolescent health, 67(5), 730.

PUTRI, I. E. (2021). Analisis Storytelling Jurnalistik Dalam Akun Media Sosial TikTok Narasi TV (Studi Kasus Terhadap Storytelling Jurnalistik yang Digunakan Akun TikTok@ Narasi).

Remeng, M. D., & Claretta, D. (2023). PENGARUH TONTONAN KONTEN TIKTOK@ BUIRAMIRA TERHADAP KEPUASAN INFORMASI DALAM PENYUSUNAN SKRIPSI MAHASISWA. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 10(8), 3942-3950.

Rokito, S., Choi, Y. H., Taylor, S. H., & Bazarova, N. N. (2018). Over-gratified, under-gratified, or just right? applying the gratification discrepancy approach to investigate recurrent facebook use. Computers in human behavior. 93, 76–83. https://doi.org/10.1016/j.chb.2018.11.041

Schäfer, S., Sülflow, M., & Müller, P. (2017). The special taste of snack news: An application of niche theory to understand the appeal of Facebook as a news source. First Monday.

Setyanto, A. E., & Afneta, A. P. (2021). Metode Penelitian Komunikasi Kuantitatif. Yogyakarta: PUSTAKA BELAJAR.

Sidorenko-Bautista, P., Herranz de la Casa, J. M., & Cantero de Julián, J. I. (2020). Use of New Narratives for COVID-19 reporting: from 360o videos to ephemeral TikTok videos in online media.

Sugiyono. (2010). Statistika untuk penelitian. CV Alfabeta.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: ALFABETA.

Syahyar, A. M. (2023). Persepsi mahasiswa Jurnalistik mengenai unggahan video berita Kumparan di Tiktok: Studi deskriptif pada mahasiswa Jurnalistik UIN Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2019 (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).

Wibawanto, H. (2016). Generasi Z dan pembelajaran di Pendidikan Tinggi. Simposium Nasional Pendidikan Tinggi, 1-12.

Widoyoko, E. P. (2012). Teknik penyusunan instrumen penelitian (Vol. 15). Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2024-07-25

How to Cite

Rap Yobel Nathania, Nuryah Asri Sjafirah, & Rinda Aunillah Sirait. (2024). Tingkat Kepuasan Gen Z Menonton Konten Video Berita Pendek Ini Narasi Di Tiktok @Narasi. Jurnal Bisnis Dan Komunikasi Digital, 1(4), 11. Retrieved from https://journal.pubmedia.id/index.php/jbkd/article/view/3020

Issue

Section

Articles

Categories

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.