Peran Komunikasi Organisasi dalam Event Organizer (Studi pada Event Organizer Soundtrack Indonesia Kota Palembang)

Authors

  • Resdia Dewidianto Universitas Islam Negeri Raden Fatah
  • Manalullaili Manalullaili Universitas Islam Negeri Raden Fatah
  • Chairunnisah Putri Ayu Ningsih Universitas Islam Negeri Raden Fatah

DOI:

https://doi.org/10.47134/jbkd.v1i4.2771

Keywords:

Komunikasi Organisasi, Teori Hubungan Manusia (Human Relation Theory), Event Organizer

Abstract

Event Organizer (EO) merupakan entitas yang memiliki peran penting dalam menyelenggarakan berbagai acara dan kegiatan yang melibatkan banyak pihak. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis serta mengevaluasi efektivitas komunikasi organisasi yang digunakan dalam Event Organizer dan mengidentifikasi tantangan yang dihadapi oleh Event Organizer kota Palembang. Komunikasi dalam Event Organizer menjadi kunci utama dalam menjalankan kegiatan ini secara efektif. Komunikasi dalam Event Organizer menjadi kunci utama dalam menjalankan kegiatan ini secara efektif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menggunakan teori hubungan antara manusia (Human Relation theory). Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi organisasi Event Organizer Soundtrack Indonesia dalam keberhasilan acara sangatlah tinggi, hal tersebut karena adanya keterkaitan antara satu sama lain dalam organisasi yang tinggi, adanya koordinasi antar tim dalam menyelesaikan masalah, dan adanya peran pemimpin dalam pengambilan keputusan dengan cara kompleks. Kesimpulan Event Organizer Soundtrack Indonesia sangat memiliki rasa kepedulian yang tinggi dan proses komunikasi organisasi yang dibangun Event Organizer Soundtrack Indonesia dalam mempertahankan rasa kepedulian satu sama lain adalah direktur, staff dan anggota tim yang dapat berkomunikasi serta dapat saling memberikan ide-ide, pendapat, dan masukan untuk organisasi.

References

Adawiyah, Sa’diyah El, Human Relations (yogyakarta, 2015).

Akhmad, Bachruddin Ali, Komunikasi Organisasi (yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2022)

Ardiyanto, Taufiq Nur, ‘Strategi Komunikasi Event Organizer CV CN Corporation Dalam Mempertahankan Eksistensi Di Tengah Pandemi Covid - 19’, 2021.

Dewi, Inge Bunga Mira, and Marlinda Irwanti Poernomo, ‘Peran Komunikasi Organisasi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di SMK Bina Rahayu Depok’, Mahardika Adiwidia, 2 (2022), 34–48. DOI: https://doi.org/10.36441/mahardikaadiwidi.v2i1.765

Febrianti, Nur Indah Fahrizka, Hamidah, and Hidayat, ‘Peran Komunikasi Organisasi Dalam Meningkatkan Eksistensi Lembaga Amil Zakat Infaq Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu) Kota Palembang’, Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial (JKOMDIS), 3 (2023), 195–203.

Hardani, Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group Yogyakarta, 2020).

Hardjana, Andre, Komunikasi Organisasi: Strategi Interaksi Dan Kepemimpinan (Depok, 2019).

Hariyanto, Didik, Pengantar Ilmu Komunikasi (sidoarjo: UMSIDA Press, 2021).

Haro, Masta, and Jeanie Annissa, Pengantar Ilmu Komunikasi (Riau: DOTPLUS Publisher, 2021).

Hasanti, Innaka Dwi, ‘Analisis Komunikasi Organisasi Antara Event Project Team Dan Account Executive Di Event Organizer Twisbless’, Jurnal Komunikasi: Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 8.1 (2019), 32 <https://doi.org/10.31504/komunika.v8i1.2072>. DOI: https://doi.org/10.31504/komunika.v8i1.2072

Hasanti, Innaka Dwi, ‘Komunikasi Organisasi Event Project Team Dan Account Executive Pada Event Organizer Twisbless’, Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 2 (2019), 61–73. DOI: https://doi.org/10.25008/wartaiski.v2i01.29

Herwandi, Antonius Tanan, ‘Faktor Kesuksesan Event Organizer Musik Dari Sisi Kepuasan Pelanggan’, Ekuivalensi Jurnal Ekonomi Bi Sni S, 7 (2021).

HIdayat, Rizkyan, ‘Komunikasi Organisasi Antara Guru Dan Siswa Dalam Meningktakan Motivasi Belajar Di SDN Mawar 6 Banjarmasin’ (Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin, 2020).

Jaelani, Teori Organisasi, ed. by Edwin Zusrony (Semarang: Yayasan Prima Agus Teknik, 2021).

Karo Karo, Pelliyezer, and Abdu Rahman, ‘Analisis Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Tingkat Kepuasan Peserta Sports Event Jakabaring Wonderful Run Palembang’, PUSAKA (Journal of Tourism, Hospitality, Travel and Business Event), 2.2 (2020), 127–35 <https://doi.org/10.33649/pusaka.v2i2.32>.

Morissan, Komunikasi Organisasi (Jakarta: Kencana, 2022).

Nainggolan, Nana Triapnita, Komunikasi Organisasi (Yayasan Kita Menulis, 2021).

Naway, Fory Armin, Komunikasi Dan Organisasi Pendidikan (Gorontalo: ideas publishing, 2017).

Pratama, Muhamad Haris, ‘Strategi Komunikasi Dinas Kominfo Kota Palembang Dalam Mengelola Event Di Masa Pandemi’, Studi Ilmu Komunikasi, 2 (2023).

Rizki, Niki Ade, ‘Peran Komunikasi Organisasi Dalam Pencapaian Integritas Pegawai PT PLN (Persero) Rayon Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan’ (Muhammadiyah Sumatera Utara, 2018).

Sahir, Syafrida Hafni, Metodologi Penelitian (yogyakarta, 2021).

Salim, Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: Citrapustaka Media, 2012).

Setyawati, Amelia, Teori Organisasi: Konsep Dan Implementasinya (Bandung: Media Sains Indonesia, 2023)

Siregar, Robert tua, Komunikasi Organisasi (Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung, 2021).

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D (Bandung: Alfabeta).

Wijaya, Serli, Manajemen Event Konsep Dan Aplikasi (Depok: PT Rajagrafindo Persada, 2020).

Yusuf, Muhamad Fahrudin, Pengantar Ilmu Komunikasi (yogyakarta: Griya Larasati, 2021)

Downloads

Published

2024-06-21

How to Cite

Dewidianto, R., Manalullaili, M., & Ayu Ningsih, C. P. (2024). Peran Komunikasi Organisasi dalam Event Organizer (Studi pada Event Organizer Soundtrack Indonesia Kota Palembang). Jurnal Bisnis Dan Komunikasi Digital, 1(4), 10. https://doi.org/10.47134/jbkd.v1i4.2771

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.