Fenomena Thrifting Pasar Senen Sebagai Gaya Hidup Milenial Dalam Meningkatkan Eksistensi Diri
DOI:
https://doi.org/10.47134/jbkd.v2i2.3665Keywords:
Eksistensi Diri, Gaya Hidup, Milenial, ThriftingAbstract
Mode sebagai kebutuhan primer yang melekat pada setiap individu tidak hanya digunakan sebagai penutup tubuh, tetapi juga menjadi bagian dari gaya hidup seseorang dalam menampilkan dirinya melalui gaya berpakaian dengan berbagai warna, pola, dan model pakaian yang digunakan. Oleh karena itu, fenomena thrifting, yang telah ada sejak lama, hadir sebagai aktivitas yang dilakukan oleh setiap individu, salah satunya generasi milenial, sebagai bagian dari gaya hidup mereka melalui pakaian yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana thrifting menjadi gaya hidup milenial dalam meningkatkan eksistensi diri. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teori interaksi simbolik oleh George Herbert Mead, yang meneliti konsep-konsep utama teori interaksi simbolik, yaitu konsep pikiran, diri, dan masyarakat untuk mengetahui gaya hidup serta eksistensi diri milenial melalui thrifting. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa thrifting sebagai gaya hidup milenial memungkinkan mereka untuk memenuhi kebutuhan gaya berpakaian, mengekspresikan kreativitas dengan mengombinasikan berbagai pakaian thrift, serta mendapatkan kesempatan mencoba berbagai model fashion unik dengan harga yang lebih terjangkau. Hal ini didorong oleh motif milenial dalam melakukan thrifting. Selain itu, thrifting meningkatkan eksistensi diri milenial, di mana mereka dapat menciptakan gaya berpenampilan yang lebih up-to-date, tampil berbeda, dan lebih percaya diri. Faktor-faktor tertentu, termasuk respons dari masyarakat, turut memengaruhi hal ini.
References
Adji, N. L., & Claretta, D. (2023). Fenomena Thrift Shop Dikalangan Remaja: Studi Fenomenologi tentang Thrift Shop di Kalangan Remaja Surabaya. Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 3(1) 36-44. DOI: https://doi.org/10.47467/dawatuna.v3i1.2201
Agnesvy, F. (2022). Penggunaan Trend Fashion Thrift sebagai Konsep Diri pada Remaja di Kota Bandung. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10 (2) 254 - 271. DOI: https://doi.org/10.36080/ag.v10i2.1952
Ahdiat, A. (2023, Maret 14). Impor Pakaian Bekas Cenderung Turun sejak Pandemi. Retrieved Mei 20, 2024, from databoks: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/03/14/impor-pakaian-bekas-cenderung-turun-sejak-pandemi
Annur, C. M. (2022, Maret 18). Baju Impor Makin Merajalela, Dari Mana Asal Impor Tekstil RI? Retrieved April 8, 2024, from databoks: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/18/baju-impor-makin-merajalela-dari-mana-asal-impor-tekstil-ri
Ariyanto, et al. (n.d.). Jelajah Pasar. Jakarta: Pasar Jaya.
Aryaputra, R. T. (2023). The Phenomenon of Thrifting As An Alternative Solution Related to Reducing Environmental Impact on Fast Fashion. Formosa Journal of Multidisciplinary Research, 2(8) 1511-1526. doi:https://10.55927/fjmr.v2i8.5696 DOI: https://doi.org/10.55927/fjmr.v2i8.5696
Aswadana, P. R. (2022). Pandangan Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya Terhadap Perubahan Gaya Hidup Akibat Fenomena Thrifting. 1, 532-540.
Avertine, C. V. (2021). PEMANFAATAN APLIKASI TIK TOK PADA REMAJA DI MADIUN SEBAGAI MEDIA EKSISTENSI DIRI. Jurnal Kommas, 1-24.
Baskoro, D. (2024, Januari 9). Waktu Terbaik Berburu Barang Bekas di Pasar Senen, Dapat Harga Murah. Retrieved Mei 20, 2024, from Kompas.com: https://lifestyle.kompas.com/read/2024/01/09/123600020/waktu-terbaik-berburu-barang-bekas-di-pasar-senen-dapat-harga-murah?
Chaney, D. (1996). Life Styles. London: Routledge.
Dihni, V. A. (2022, Maret 15). Survey: Mayoritas Masyarakat Indonesia Memilih Gaya Simple untuk Tren Busana 2022. Retrieved Mei 20, 2024, from databoks: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/15/survey-mayoritas-masyarakat-indonesia-memilih-gaya-simple-untuk-tren-busana-2022
Dwi, A. (2023, Desember 2). Pasar Senen, Baju Bekas, dan Romantisme Masa Lalu. Retrieved Mei 20, 2024, from rri.co.id: https://www.rri.co.id/features/466965/pasar-senen-baju-bekas-dan-romantisme-masa-lalu
Dwiyantoro, A. (2014). Fenomenologi Gaya Hidup Mahasiswa UNESA Pengguna Pakaian Bekas. 2(3).
Fadilah, I. (2022, Juni 13). Mengintip Pasar Senen, Pusat Thrift Store Paling Diburu Anak Gaul Jakarta. Retrieved Mei 24, 2024, from detikFinance: https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-6124580/mengintip-pasar-senen-pusat-thrift-store-paling-diburu-anak-gaul-jakarta
Fadly, E. H. (2024). TREND THRIFTING SEBAGAI ALTERNATIF OUTFIT KULIAH MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL UIN SUMATERA UTARA. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi , 15(1) 61-65. DOI: https://doi.org/10.51903/jtikp.v15i1.805
Gafara, G. (2019). Pop Culture A Brief History of Thrifting. Retrieved Mei 20, 2024, from USS FEED: https://ussfeed.com/a-brief-history-of-thrifting/pop-culture/
Gafara, G. (2019). Pop Culture Why Do We Thrifting? Retrieved Mei 20, 2024, from USS FEED: https://ussfeed.com/why-do-we-thrifting/pop-culture/
Ghilmansyah, R., Nursanti, S., & Utamidewi, W. (2022). FENOMENA THRIFTING SEBAGAI GAYA HIDUP MILENIAL BOGOR. Jurnal Nomolesca, 8(1) 1-16. DOI: https://doi.org/10.26905/nomosleca.v8i1.6308
Griffin, E. et al. (2019). A First Look at Communication Theory. New York: McGraw-Hill Education.
Kemba, M. D. (2023). Trend Thrifting Sebagai Gaya Hidup Baru Di Masyarakat Kota Malang.
Laily, I. N. (2021, Agustus 20). Tren Thrift Shop yang Membawa Dampak Positif Bagi Lingkungan. Retrieved Mei 8, 2024, from Katadata.co.id: https://katadata.co.id/berita/lifestyle/611e01f0031c2/tren-thrift-shop-yang-membawa-dampak-positif-bagi-lingkungan?
Lase, Y. K. (2023, Maret 19). Impor Pakaian Bekas di Indonesia Paling Banyak dari Jepang per 2022. Retrieved Mei 8, 2024, from GoodStats: https://data.goodstats.id/statistic/yukilase/impor-pakaian-bekas-di-indonesia-paling-banyak-dari-jepang-per-2022-du9fs
Media, S. (2020, November 8). Ternyata Thrifting Memiliki Manfaat untuk Lingkungan. Retrieved Mei 8, 2024, from Scarf Media: https://www.scmedia.id/2020/11/ternyata-thrifting-memiliki-manfaat-untuk-lingkungan/
Moleong, L. J. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Moleong, L. J. (2010). Metode Penelitian Kualitatif (ED Rev). Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.
Moleong, L. J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Moleong, L. J. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muhammad, A. H. N., & Haryanti, Y. (2024). FASHION THRFITING SEBAGAI BUDAYA POPULERTERHADAP GAYA HIDUP MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA. 1-20.
Mukarom, Z. (2020). TEORI-TEORI KOMUNIKASI. Bandung: Jurusan Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi.
Mutia, C. (2022, Maret 18). Baju Impor Makin Merjalela, Dari Mana Asal Impor Tekstil RI? Retrieved Mei 20, 2024, from databoks: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/18/baju-impor-makin-merajalela-dari-mana-asal-impor-tekstil-ri
Nadhila, S. M. (2023). Eksistensi Diri Remaja Dalam Penggunaan Pakaian Bekas (Studi Kasus Pada Konsumen Thrifting Pajak Melati Medan). Journal Of Social Science Research, 3(3) 2436-2446.
Nanda Putri, A. (2023). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL TIKTOK DALAM MENINGKATKAN EKSISTENSI DIRI (STUDI PADA MAHASISWA KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM UIN.
Nasrullah, R. (2012). Komunikasi AntarBudaya: Di Era Budaya Siberia. Jakarta: KENCANA.
Nazura, G. (2018). The Art of Thrifting. Bentang B first.
Nugroho, I. (2023). Asal Mula Pasar Senen, Pusat Thrifting Paling Diburu Masyarakat di Jakarta. Retrieved April 16, 2024, from Merdeka.com: https://www.merdeka.com/uang/asal-mula-pasar-senen-pusat-thrifting-paling-diburu-masyarakat-di-jakarta.html
Pemberitaan, A. P. (2023, Desember 2). Pasar Senen, Baju Bekas, dan Romantisme Masa Lalu. Retrieved April 16, 2024, from rri.co.id: https://www.rri.co.id/features/466965/pasar-senen-baju-bekas-dan-romantisme-masa-lalu
Pengertian Thrifting, Kelebihan, Manfaat dan Cara Memilih. (2022, Mei 3). Retrieved April 8, 2024, from Sampoerna University: https://www.sampoernauniversity.ac.id/id/thrifting-adalah/
Rahman, B. A. (2023). FENOMENA FASHION THRIFT DIKALANGAN MAHASISWA FISIPKOM UNIDA SEBAGAI BENTUK MENGEKSPRESIKAN DIRI. Karimah Tauhid , 2 (1) 100 - 110. doi:https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i1.7649
Rifda, A. (2022). Pengertian Generasi Milenial dan Tahun Berapa Generasi Milenial. Retrieved Mei 25, 2024, from Gramedia Blog: https://www.gramedia.com/best-seller/milenial/
Rizky, P, A., & Rachmad, T. H. (2023). Fenomena Thrifting sebagai Gaya Hidup Ramah Lingkungan Milenial di Jakarta. Indonesia Journal of Communication, 4(2) 47 - 54.
Sarwindaningrum, I. (2024, Januari 29). Kaum Milenial dan Gen Z Makin Gemari Pakaian Bekas. Retrieved April 16, 2024, from Kompas.id: https://www.kompas.id/baca/internasional/2024/01/29/milenial-dan-gen-z-makin-gemari-pakaian-bekas
Siradjudin, M. A. (2023). FENOMENA THRIFT SHOPPING FASHION PADA PEMUDA KEC. MULYOREJO SURABAYA. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Komunikasi (Semakom), 1(2) 673-678.
Winastiti, A. (2016, Agustus 23). Generasi Millenial dan Karakteristiknya. Retrieved April 8, 2024, from CNN Indonesia: https://www.cnnindonesia.com/edukasi/20160823145217-445-153268/generasi-millenial-dan-karakteristiknya
Wulandari, H. D. (2023). Fenomena Thrifting Sebagai Penentu Identitas (Studi Naratif Pada 5 Anak Muda di Jakarta).
Yeptro. (2024, Januari 2024). Apa itu Generasi Milenial, Baby Boomers, Gen X, Gen Z, dan Gen Alpha. Retrieved April 8, 2024, from rri.co.id: https://www.rri.co.id/iptek/509842/apa-itu-generasi-milenial-baby-boomers-gen-x-gen-z-dan-gen-alpha
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2025 Putri Shafa Nadhira Fahira, Emilianshah Banowo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.