Peranan Komunikasi Pemasaran pada Pokdarwis Desa Wisata Wonokitri Pasuruan dalam Meningkatkan Kunjungan Wisata
DOI:
https://doi.org/10.47134/jbkd.v2i1.3201Keywords:
Desa Wisata Wonokitri, Pariwisata Minat Khusus, Komunikasi Pemasaran, AIDA, Bunga Edelweiss, Budaya Suku TenggerAbstract
Desa Wisata Wonokitri, yang terletak di lereng Gunung Bromo, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, merupakan contoh destinasi pariwisata minat khusus yang menggabungkan keindahan alam dan kekayaan budaya lokal Suku Tengger. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk mengeksplorasi strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dalam menarik wisatawan. Dengan pendekatan model AIDA (Attention, Interest, Desire, Action), penelitian ini berfokus pada pemahaman tentang bagaimana Pokdarwis Desa Wonokitri meningkatkan kesadaran, ketertarikan, keinginan, dan tindakan pengunjung. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Desa Wonokitri memiliki potensi besar untuk menjadi destinasi unggulan, terutama melalui daya tarik utama berupa bunga edelweiss yang dianggap sakral oleh masyarakat setempat. Selain itu, tradisi lokal seperti upacara Kasada turut memperkuat daya tarik desa ini. Pemerintah daerah dan komunitas setempat dapat berkolaborasi dalam mengembangkan infrastruktur dan memanfaatkan media sosial untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan, sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.
References
Akib, E. (2020). Pariwisata Dalam Tinjauan Pendidikan: Studi Menuju Era Revolusi Industri. In PUSAKA Journal of Tourism, Hospitality, Travel and Busines Event (Vol. 2, Issue 1). Online. https://www.google.com/search?sxsrf=ACYBGNTAlGfHMsfyZga
Alifia Putri Farina, & Anne Ratnasari. (2024). Bauran Promosi Wisata Edukatif Kebun Binatang di Instagram. Bandung Conference Series: Public Relations, 4(1), 180–185. https://doi.org/10.29313/bcspr.v4i1.11106
Arikunto, S. (2002). Metodologi penelitian suatu pendekatan proposal. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 16, 134.
Basit, A., & Rahmawati, T. H. (2017). Cyber Public Relations (E-PR) dalam Brand Image Wardah Kosmetik dengan Pedekatan Mixed Method. Journal of Communication (Nyimak), 1(2), 197–208. www.marksplus2015.com
Bogdan, R., & Biklen, S. K. (1997). Qualitative research for education. Allyn & Bacon Boston, MA.
Candra Guzman, K., & Oktarina, N. (2018). Sejarah Artikel: Diterima Februari. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj
Cholil, A. M. (2021). 150 Brand Awareness Ideas. Anak Hebat Indonesia.
Daymon, C., & Holloway, I. (2008). Metode-metode riset kualitatif. Bandung: Bentang Pustaka.
DENNY ROSYID RUS ANDYARTO. (2020). KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN EDELWEIS.
Dian Rahmanita, A., Panuju, R., Pemasaran, K., & Pemasaran, B. (2023). Komunikasi Pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan di Penerbit Media Ilmu Sidoarjo. Marketing Communication in Increasing Sales in Media Ilmu Publishers of Sidoarjo. GREENOMIKA, 1, 61–67. https://doi.org/10.55732/unu.gnk.2022
Eka Maria. (2023). Selamat, Desa Wisata Edelweiss Wonokitri Raih Penghargaan ADWI 2023 Kategori Desa Wisata Rintisan. Berita. https://www.pasuruankab.go.id/isiberita/selamat-desa-wisata-edelweiss-wonokitri-raih-penghargaan-adwi-2023-kategori-desa-wisata-rintisan
Emiliya Larasati. (2023, August 24). Desa Wisata Edelweiss Wonokitri, Tawarkan Pesona Alam Bunga Abadi kepada Pengunjung. Berita Daerah. https://www.jawapos.com/berita-sekitar-anda/012802273/desa-wisata-edelweiss-wonokitri-tawarkan-pesona-alam-bunga-abadi-kepada-pengunjung
Fikri, M., Kurniati, R. R., & Krisdianto, D. (2020). ANALISIS BAURAN KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN DITINJAU DARI ETIKA BISNIS ISLAM (STUDI PADA AHSANA PROPERTY MALANG). In JIAGABI (Vol. 9, Issue 2).
firmansyah anang. (n.d.). Buku-Komunikasi-Pemasaran.
Freddy, R. (2009). Strategi Promosi yang kreatif. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Indra Pratiwi, T., Muttaqin, T., Chanan Jurusan Kehutanan, M., Pertanian-Peternakan, F., Muhammadiyah Malang Jalan Raya Tlogomas No, U., & Timur, J. (2019). PENGEMBANGAN DESA WISATA EDELWEISS DI DESA WONOKITRI KECAMATAN TOSARI KABUPATEN PASURUAN (Resort PTN Gunung Penanjakan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru). In Journal of Forest Science Avicennia | (Vol. 02, Issue 01).
Istiyanti, D., & Stasiun Lapang Agro Kreatif Lembaga Penelitian dan Pengbdian kepada Masyarakat, F. (n.d.). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Desa Wisata di Desa Sukawening (Community Empowerment Through Development of Tourist Villages in Sukawening Village). In Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat Januari (Vol. 2020, Issue 1).
kasus di Desa Bedulu, S., & Batuh, B. (n.d.). PENGEMBANGAN PARIWISATA BERBASIS MASYARAKAT (COMMUNITY BASED TOURISM) DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen pemasaran (Vol. 13, p. 186). edisi.
Kriyantono, R., & Sos, S. (2014). Teknik praktis riset komunikasi. Prenada Media.
Lalu, O., Marzowan, D., Murianto, &, Tinggi, S., & Mataram, P. (2023). PENGEMBANGAN DESA WISATA BERBASIS BUDAYA DI DESA KETARA KECAMATAN PUJUT KABUPATEN LOMBOK TENGAH. In JRT Journal Of Responsible Tourism (Vol. 3, Issue 1).
Mangemba, A., Faras Z, M. M., Samer, S., Yuliani, S. W., Fachrezzy, M. G., Safitri, D. R. E., & Sopa, M. A. (2021). Pengembangan Potensi Wisata Melalui Pemanfaatan Sumber Daya Alam Dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Pernek. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i2.702
Meyrin, L., Lengkey, E., Kawengian, D., & Marentek, E. (2014). PERANAN KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT PENGGUNA IKLAN DI HARIAN KOMENTAR MANADO Oleh: ROLE OF MARKETING COMMUNICATION IN INCREASING INTEREST USER ADVERTISEMENT IN HARIAN KOMENTAR MANADO. In Journal "Acta Diurna (Vol. 3).
Moleong, L. J. (2006). Metodologi Riset Kualitatif. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
Moleong, L. J. (2017). Metode penelitian kualitatif, cetakan ke-36, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset, 6.
Moleong, L. J. (2019). Metodologi penelitian kualitatif. PT Remaja Rosdakarya Bandung.
Mujanah, S., Ratnawati, T., & Andayani, S. (n.d.). STRATEGI PENGEMBANGAN DESA WISATA DI KAWASAN HINTERLAND GUNUNG BROMO JAWA TIMUR (Vol. 01, Issue 01).
Najza Namira Putri. (2024, April 17). Pesona Desa Wisata Edelweiss Wonokitri Tempat Budidaya Bunga Abadi. https://www.detik.com/jatim/wisata/d-7297825/pesona-desa-wisata-edelweiss-wonokitri-tempat-budidaya-bunga-abadi
Omega Rompas Yuriewati Pasoreh Johny Kalangi, C. (n.d.). PERANAN PROMOSI DINAS PARAWISATA TERHADAP PENINGKATAN KUNJUNGAN WISATAWAN DI WAIGEO KABUPATEN RAJA AMPAT KOTA SORONG Oleh.
Planoearth, J., & Ummat, P. F. (2019a). Strategi Pengembangan Desa Wisata Berbasis Wisata Alam & Budaya Sebagai Media Promosi Desa Sangiang INFO ARTIKEL ABSTRAK. In Agustus (Vol. 4, Issue 2).
Planoearth, J., & Ummat, P. F. (2019b). Strategi Pengembangan Desa Wisata Berbasis Wisata Alam & Budaya Sebagai Media Promosi Desa Sangiang INFO ARTIKEL ABSTRAK. In Agustus (Vol. 4, Issue 2).
Primanita Ayuninggar, D., & Kusuma Wardhani Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota, D. (2013). SOSIAL BUDAYA PEMBENTUK PERMUKIMAN MASYARAKAT TENGGER DESA WONOKITRI, KABUPATEN PASURUAN. In Jurnal Tata Kota dan Daerah (Vol. 5, Issue 1).
Putri, Y. A., & Junaidi, ). (n.d.). PERAN KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MEMPERTAHANKAN KONSUMEN DI SANDANG MAS INDONESIA THE ROLE OF MARKETING COMMUNICATIONS IN MAINTAINING CONSUMERS IN SANDANG MAS INDONESIA 1).
Ramadani, N., & Firdausy, S. (2022). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN HOTEL ARYADUTA MAKASSAR DI MASA PANDEMI COVID-19 (Vol. 15, Issue 1).
Rifa’i, M., Kom, M. I., Darusssalam Gontor, U., Raya, J., Km, S., & Ponorogo, S. (n.d.). PENGEMBANGAN STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN POKDARWIS DESA JURUG DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN (STUDI KASUS DI DESA WISATA JURUG KECAMATAN SOOKO KABUPATEN PONOROGO) Deden Mauli Darajat 2. https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/HERITAGE
Rita Fiantika, F., Wasil, M., & Jumiyati, S. (n.d.). METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF. www.globaleksekutifteknologi.co.id
Salmah, M. (2023a). Strategi Komunikasi Pemasaran Kelompok Sadar Wisata Pantai Bagedur Dalam Meningkatkan Pengunjung Wisatawan. Prosiding Seminar Nasional Komunikasi, Administrasi Negara Dan Hukum, 1(1), 203–208. https://doi.org/10.30656/senaskah.v1i1.202
Salmah, M. (2023b). Strategi Komunikasi Pemasaran Kelompok Sadar Wisata Pantai Bagedur Dalam Meningkatkan Pengunjung Wisatawan. Prosiding Seminar Nasional Komunikasi, Administrasi Negara Dan Hukum, 1(1), 203–208. https://doi.org/10.30656/senaskah.v1i1.202
Shafira, O. :, Chaerunissa, F., & Yuniningsih, T. (n.d.). ANALISIS KOMPONEN PENGEMBANGAN PARIWISATA DESA WISATA WONOLOPO KOTA SEMARANG.
Surendra, G. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Pariwisata Di Era Digital (Studi Kasus Desa Wisata Kubu Gadang Di Padang Panjang). Accounting Information System, Taxes, and Auditing, 2(1), 46–54. https://akuntansi.pnp.ac.id/aista
Suryana, A. (n.d.). Konsep-konsep Dasar Komunikasi Pemasaran.
Syahputra Salim, H., Sumarsan Goh, T., & Errie Margery, dan. (2022). PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN DAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI PT. FURNILUX INDONESIA. 8(1).
Syahputri, R. R., & Aslami, N. (n.d.). VISA: Journal of Visions and Ideas Penerapan Komunikasi Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Konsumen.
Wahidanti Zahrahast, C., Kartiwa, A., Ginanjar, Y., Ekonomi dan Bisnis, F., Manajemen, P., Situ No, J., & Situ Kec Sumedang Utara Sumedang, K. (2022). Analysis Of Marketing Communications in Building Brand Awareness at Distro Madman Wear Sumedang Universitas Sebelas April.
Widyastuti, S. (2017). Manajemen komunikasi pemasaran terpadu: Solusi menembus hati pelanggan (p. 58). Feb-Up Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Irham Zuhdi, M. Rifai
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.