Komunikasi Persuasif Tokoh Adat dalam Mempertahankan Sejarah Desa Lesung Batu Kecamatan Rawas Ulu Kabupaten Musi Rawas Utara Sumatera Selatan
DOI:
https://doi.org/10.47134/jbkd.v1i3.2456Keywords:
Tokoh Adat, Sejarah Desa, Komunikasi PersuasifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi persuasif Tokoh Adat dalam mempertahankan sejarah Desa Lesung Batu beserta efeknya. Metode dalam penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (Field Reseacrh) yaitu pendekatan kualitatif deskriptif. Dalam konteks komunikasi, keterlibatan relasi sejarah masa silam dipengaruhi oleh adanya komunikasi persuasif untuk mempengaruhi sikap seseorang. Komunikasi persuasif merupakan komunikasi yang bertujuan untuk mengubah atau memengaruhi kepercayaan, sikap, dan prilaku seseorang sehingga bertindak sesuai dengan apa yang diharapkan komunikator untuk tetap menjaga dan melestarikan peninggalan sejarah tersebut, tokoh adat dinilai mampu melestarikan benda bersejarah tersebut, karena lembaga ini hadir khusus mengkaji dan melestarikan benda bersejarah di desa Lesung Batu. Dari itu, sehingga peninggalan-peninggalan yang masih tersisa dapat dijaga dan dilestarikan sesuai tujuan utama lembaga ini sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan, komunikasi Tokoh Adat dalam mempertahankan sejarah desa Lesung Batu dilakukan dengan beberapa hal seperti dengan bersosialisasi, memahami sikap dan psikologi masyarakat dilapangan, mengarahkan dengan penemuan-penemuan yang ada. Hal ini dibuktikan dengan adanya respon baik dengan memberikan infak dalam bentuk uang dan kebutuhan lainnya untuk kegiatan-kegiatan yang dilakukan tokoh adat.
References
Abd. Mukhid, 2009. Self-Efficacy Perspektif Teori Kognitif Sosial Dan Implikasinya Terhadap pendidikan, Jurnal Tadris, Vol.4 No.1.
Aen Istianah Afiati, 2018. Komunikasi Persuasif Dalam Pembentukan Sikap, Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.
Ahmad Surya Negara, 2001. Menemukan Sejarah, Wacana Pergerakan Islam di Indonesia, Bandung: Mizan.
Basrowi, Suwandi. 2008. Memahami penelitian Kualitatif, Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Bogdan, taylor. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Dewa Ayu kadek Claria, Ni ketut Sariani. 2020. Metode Komunikasi Persuasif Untuk Meningkatkan Motivasi Berwirausaha Masyarakat di Desa Kesiman Kertalangu Pada Masa Pandemi Covid-19. Linguistic Community Services journal Denpasar: Universitas warmadewa, Vol.1 No.1. DOI: https://doi.org/10.55637/licosjournal.1.1.2281.1-8
Diambil dari data Desa Lesung Batu Kecamatan Rawas Ulu Kabupaten Musi Rawas Utara, pada tanggal 27 Januari 2024.
Edy Syarif, Pengaruh Media Sosial Terhadap Sikap dan pendapat Pemuda mengenai Ujaran Kebencian, Jurnal Common Vol.3 No 2. DOI: https://doi.org/10.34010/common.v3i2.2602
Effendy Onong Uchajana, 2004. Ilmu Komunikasi dan Praktek, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Emzir, 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif, Jakarta: Rajawali Pers.
Ezi Hendri, 2019. Komunikasi Persuasif Pendekatan dan Strategi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Farid Hamid, Heri Budianto. 2011. Ilmu Komunikasi: Sekarang dan Tantangan Masa Depan, Jakarta: kencana.
Fasha Umh Rizky, Nur Syam. 2021. Komunikasi Persuasif Konten Youtube Kementrian agama Dalam Mengubah Sikap Moderasi Beragama, Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. 11 No.1. DOI: https://doi.org/10.15642/jik.2021.11.1.16-33
Fatma Laili Khairan Nida, 2014. Persuasi Dalam Media Komunikasi Massa. Jawa Tengah: Institus Agama Islam Negeri kudus, Vol. 2. No.2.
H. Ahamid, Tokoh Ulama, Desa Lesung Batu Kecamatan Rawas Ulu Kabupaten Musi Rawas Utara, Wawancara di Desa Lesung Batu, 27 Januari 2024.
Hafied Cangara, 2011. Pengantar Ilmu Komunikasi Jakarta: Rajawali Pers.
Haris Herdiansyah, 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif, Jakarta Selemba Humanika.
Kuntowijoyo, 2013. Pengantar Ilmu Sejarah, Yogyakarta: Tiara Wacana.
Lexy J. Melong, 2005. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.
M. Zaini Nungcik, Tokoh Adat Desa Lesung Batu Kecamatan Rawas Ulu Kabupaten Musi Rawas Utara, Wawancara di Desa Lesung Batu, 27 Januari 2024.
Melda Nadila Ramadani, 2020. Strategi Komunikasi Pemasaran Play99ers Radio Bandung Melalui Program Play School Attack Dalam Meningkatkan Minat Pengiklan, Bandung: Universitas Komputer Indonesia.
Moh. Kasiram, 2019 Metodologi Penelitian, Malang: Universitas Maulana Malik.
Rustam E. Tamburaka, 2000. Ilmu Pengantar Sejarah, Teori Filsafat Sejarah, Sejarah Filsafat dan Iptek, Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Rusyidi Sulaiman, 2014. pengantar Metodologi Studi Sejarah Peradaban Islam, Jakarta: Rajawali Pers.
Sanapiah Faisal,2001 Format-Format Penelitian Sosial: Dasar-Dasar dan Aplikasi, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sobri Marzuki, Kepala Desa Lesung Batu Kecamatan Rawas Ulu Kabupaten Musi Rawas Utara, Wawancara di Desa Lesung Batu, 27 Januari 2024.
Sugeng D Triswanto, 2010. Trik Menulis Skripsi dan Menghadapi Persentase Bebas Stres, Jakarta: Suku Buku.
Suharismin Arikunto, 2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Syamil Qur’an, Cordova, 2007 Al-Qur’an dan Terjemahan, Departement Lajnah Pentashihan Mushaf Al-quran.
Tarmizi, Sekretaris Desa Lesung Batu Kecamatan Rawas Ulu Kabupaten Musi Rawas Utara, Wawancara di Desa Lesung Batu, 27 Januari 2024.